Sukses

Lindungi Kesehatan Anak di Musim Hujan Dengan Cara Ini

Musim hujan telah datang. Berikan anak Anda perlindungan ekstra agar kesehatannya terjaga dan pertumbuhannya optimal.

Klikdokter.com, JakartaSrat, srot, hatchii, hatchii.. uhuk, uhuk!” Pada saat musim hujan, banyak sekali anak-anak yang terkena pilek, bersin, dan batuk. Hati-hati, jangan sampai anak Anda tertular. Untuk itu, ibu memerlukan kiat pencegahan untuk melindungi kesehatan anak dengan cara yang tepat.

Saat musim hujan, anak menjadi lebih mudah sakit. Hal ini terjadi karena karakter suhu yang rendah dan kelembapan yang tinggi, sehingga menyebabkan kuman mudah berkembang biak dan penyakit menjadi lebih mudah menjangkiti si Kecil. Lalu, bagaimana caranya melindungi si Kecil agar tidak sakit?

Tips agar anak tetap sehat di musim hujan

Pada saat musim hujan, anak-anak sangat sering mengalami demam, batuk, dan pilek. Untuk itu, Bunda harus siap siaga dalam melindungi si Kecil dari ancaman penyakit. Kunci utama dalam memperlengkapi anak menghadapi ancaman penyakit adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya dan mencegah paparan kuman berlebihan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Cukup istirahat

Di saat-saat rawan penyakit seperti musim hujan, istirahat menjadi sangat penting bagi anak agar kekebalan tubuhnya selalu terjaga dengan baik. Anak perlu tidur dalam durasi yang cukup sesuai dengan usianya, baik tidur siang maupun tidur di malam hari. Dengan demikian, tubuh si Kecil akan menjadi lebih kuat dalam menghadapi perubahan cuaca di musim hujan.

  1. Asupan makanan dan minuman yang cukup

Banyak sekali masalah kesehatan yang rentan dialami anak yang sulit makan dan minum air putih. Jika dibiarkan, hal ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh anak menurun saat menghadapi musim hujan.

Oleh sebab itu, usahakan agar si Kecil mendapatkan asupan makanan dan minuman yang teratur dan tercukupi kebutuhan hariannya. Jika anak malas makan atau susah makan, konsultasikan ke Dokter Spesialis Anak atau Dokter Spesialis Gizi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Perbanyak buah dan sayuran

Terkadang, anak-anak memang sulit makan sayur dan buah. Padahal, buah dan sayuran merupakan komponen penting dalam nutrisi untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang baik. Untuk itu, Anda perlu mengusahakan dan memastikan si Kecil mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup.

Agar si Kecil mau makan buah dan sayur, Anda dapat menyajikannya dalam bentuk yang menarik atau menggunakan perlengkapan makan dengan gambar-gambar yang lucu. Sebagai variasi, Anda dapat menyajikan buah dalam bentuk makanan lain, misalnya puding atau popsicle untuk buah atau kroket sayur.

  1. Rajin mencuci tangan

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, untuk mencegah agar si Kecil tidak sakit, jagalah ia dari paparan kuman. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan untuk cuci tangan.

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling kotor karena banyak melakukan kontak dengan berbagai benda dan juga tangan lainnya. Untuk itu, biasakan anak untuk cuci tangan sebelum makan, setelah beraktivitas, dan setelah dari toilet. Pastikan juga anak mencuci tangan sebelum memegang mulut, hidung dan matanya, terlebih lagi saat pergi ke klinik atau rumah sakit yang banyak terdapat kuman.

Agar lebih mudah mengajarkan kebiasaan baik ini, orang tua juga harus membiasakan diri untuk melakukannya. Selain itu, mereka yang berinteraksi dengan si Kecil, seperti kakek, nenek, dan pengasuh juga harus membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan baik dan benar.

  1. Lengkapi kebutuhan imunisasi si Kecil

Terakhir yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa si Kecil sudah mendapatkan imunisasi yang sesuai untuk usianya. Pemberian vaksin dapat membantu si Kecil untuk terhindar dari penyakit yang berat dan membahayakan seperti difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus, campak, dan TBC (tuberkulosis).

Dengan datangnya musim hujan, ancaman berbagai kuman penyebab penyakit sudah di depan mata. Lindungi anak Anda dari serangan penyakit dengan mengupayakan berbagai kiat di atas. Dengan demikian, proses tumbuh kembang anak pun akan berjalan dengan optimal.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar