Sukses

Kenali Penyebab Kepala Terasa Berputar

Kepala Anda terasa berputar? Agar tak salah kaprah, kenali lima penyebabnya sebagai berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami sakit kepala hingga terasa berputar? Jika pernah, apalagi kalau sering terjadi, Anda tidak boleh terlalu abai. Selain bisa sangat mengganggu aktivitas harian, kepala pusing seperti terasa berputar bisa menjadi pertanda ada yang kurang beres di tubuh Anda. Kepala  terasa berputar secara umum bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dan yang paling identik adalah vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita terasa berputar. Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, “Vertigo dapat dirasakan hilang timbul dalam jangka waktu lama hingga tahunan, jika penyebabnya belum diatasi. Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab vertigo yang Anda alami.”

Lebih lanjut, dr. Vita membagi kondisi vertigo kepada dua macam, yaitu:

  • Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  • Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, diduga penyebab paling sering.

Namun bagaimana jika sudah periksa ke dokter, tapi tak divonis terkena vertigo? Bisa jadi, penyebab kepala Anda terasa berputar adalah sebagai berikut:

  1. Dehidrasi

Beberapa orang cenderung merasa pusing, kepala seperti berputar, lalu pingsan ketika panas, berkeringat dan kehilangan terlalu banyak cairan. Kondisi ini biasa terjadi di ruangan panas dimana terjadi gangguan pada sistem saraf sehingga menyebabkan tekanan darah turun.

Ketika Anda merasa pusing karena dehidrasi dengan gejala seperti mulut serta kulit kering, urine berwarna gelap, dan sakit kepala, segeralah berbaring. Upaya tersebut dapat membantu Anda merasa lebih baik dengan cepat.

  1. Irama jantung tidak normal

Detak jantung yang tidak teratur atau aritmia, menandakan bahwa organ vital Anda yang satu ini berdetak terlalu lambat atau terlalu cepat. Hal ini dapat berpengaruh pada suplai darah yang seharusnya mencapai otak. Aritmia bisa membuat orang yang sedang beraktivitas normal tiba-tiba pingsan dan bangun di lantai tanpa mengingat apa pun.

  1. Masalah katup jantung

Masih soal jantung. Organ vital Anda ini bergantung pada empat katup untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh secara merata. Namun, beberapa orang memiliki masalah dengan katup jantung sejak lahir, sehingga ia harus bekerja lebih keras untuk berfungsi dengan baik.

Masalah katup dapat membatasi aliran darah dan dapat menyebabkan pusing dengan efek kepala yang terasa berputar. Kondisi ini bisa semakin parah ketika Anda berolahraga dengan intensitas tinggi tanpa diselingi istirahat.

  1. Efek samping obat

Obat-obatan tertentu, seperti penghilang rasa sakit dan antidepresan, dapat menghasilkan pusing dengan efek kepala terasa berputar. Ini terjadi karena ia memengaruhi otak Anda secara langsung, memperlambat denyut jantung, hingga menurunkan tekanan darah Anda dengan cara yang dapat memicu gejala-gejala itu.

Ada juga kemungkinan kecil bahwa Anda mengalami alergi terhadap obat yang diminum. Ini adalah reaksi sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan tekanan darah menurun. Kondisi seperti ini merupakan perubahan tekanan darah yang berdampak pada rasa sakit di kepala.

  1. Gula darah rendah

Ketika gula darah turun terlalu rendah, Anda mungkin merasa pusing karena otak tidak mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan untuk energi. Tetap jaga tubuh Anda dengan asupan bergizi, misalnya menyelingi waktu dengan camilan sehat, misalnya buah-buahan. Hal itu dapat membantu Anda tetap bersemangat menjalani hari.

Akan tetapi, jika Anda menderita diabetes lalu minum obat untuk menurunkan gula darah, tapi kepala terasa berputar, Anda harus hati-hati. Bisa jadi, itu merupakan pertanda gula darah Anda turun sangat rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan Anda kejang hingga kehilangan kesadaran.

Selain lima hal di atas, kondisi lain seperti kurang tidur, flu, hingga stroke, dapat juga menyebabkan kepala Anda terasa berputar. Jangan pernah remehkan gangguan kesehatan semacam ini, karena bisa saja ada penyakit lain yang menyertainya. Jika Anda mengalami gejala-gejala kepala terasa berputar, segera periksakan diri ke dokter agar bisa segera ditangani.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar