Sukses

5 Minuman yang Aman bagi Penderita GERD

Selain menempuh pengobatan medis, penderita GERD juga dapat mengurangi risiko keluhan pada lambung dengan deretan minuman berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Gastroesophageal Reflux Disease atau yang sering disebut GERD, adalah penyakit di mana asam lambung naik menuju kerongkongan. Pada jangka waktu yang panjang, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada esofagus, yakni saluran yang menghubungkan antara tekak dengan lambung. Kondisi tersebut lantas menyebabkan berbagai keluhan pada pasien yang menderita GERD.

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, dalam keadaan normal, asam lambung akan tersimpan di dalam lambung dan tidak naik ke kerongkongan. Namun pada kasus GERD, terdapat suatu kelainan.

“Makanan yang sudah ditampung di lambung naik kembali ke kerongkongan atau cairan asam lambung mengalami aliran balik ke kerongkongan. Penyakit GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES) yang seharusnya berfungsi menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan,” ujarnya.

Penyakit GERD yang tidak ditangani dengan baik, konon dapat menimbulkan komplikasi yang meradang pada kerongkongan, lalu menyebabkan pendarahan hingga munculnya jaringan parut pada esofagus. Perdarahan yang terjadi dapat begitu parah, sehingga menyebabkan keadaan anemia berat.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, pemilihan asupan harus dijaga, termasuk juga untuk minuman.

Minuman yang aman dikonsumsi penderita GERD

Penanganan terbaik GERD adalah memeriksakannya pada dokter. Namun selagi proses pengobatan masih berjalan, Anda juga harus menjaga asupan ke dalam tubuh agar kondisi tidak semakin parah. Berikut ini adalah jenis minuman yang aman dikonsumsi bagi Anda yang memiliki keluhan GERD.

1. Teh herbal

Teh herbal membantu meningkatkan pencernaan dan menenangkan banyak masalah perut, seperti gas dan mual. Cobalah teh herbal yang bebas kafein untuk mengatasi refluks asam, tetapi hindari teh spearmint atau teh peppermint.

Pada dasarnya, cara kerja mint memicu refluks asam bagi banyak orang. Chamomile, licorice, slippery, dan elm dapat menjadi obat herbal yang baik untuk menenangkan gejala GERD.

Licorice misalnya, dapat meningkatkan lapisan lendir pada lapisan esofagus yang membantu menenangkan efek asam lambung. Namun, tidak ada bukti yang cukup untuk membenarkan penemuan tersebut, sehingga hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sebagai catatan, saat menggunakan herbal kering sebagai ekstrak teh, Anda harus menggunakan satu sendok teh herbal per satu cangkir air panas. Untuk hasil terbaik, minum dua hingga empat cangkir per hari.

2. Susu rendah lemak

Susu sapi bisa sulit dicerna bagi sebagian orang dan dapat mengandung banyak lemak. Seperti makanan berlemak tinggi lainnya, lemak pada susu sapi dapat merelaksasi kerongkongan bagian bawah, sehingga kinerjanya pun tidak dapat berjalan dengan semestinya. Jika harus mengonsumsi susu sapi, pilihlah yang paling rendah lemak.

3. Susu nabati

Bagi orang yang memiliki keluhan intoleransi laktosa atau dapat mengalami peningkatan gejala refluks asam dari susu, susu nabati adalah solusi yang baik.

Susu almond misalnya, memiliki komposisi basa yang dapat membantu menetralkan keasaman lambung. Selain itu, susu kedelai mengandung lebih sedikit lemak daripada kebanyakan produk susu, sehingga menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi penderita GERD.

4. Jus buah tertentu

Pada jus buah tertentu seperti jeruk, nanas dan apel, rasa asam yang dihasilkan dapat menyebabkan refluks. Jadi, jika Anda memiliki GERD, pilihlah jus yang berasal dari buah lainnya, yang tentunya tidak berasa asam.

Pilihan yang bagus untuk penderita GERD mencakup jus wortel, lidah buaya, kubis, bit, semangka, bayam, mentimun, hingga pir.

5. Air kelapa

Air kelapa murni tanpa pemanis bisa menjadi pilihan yang bagus untuk penderita GERD. Ia merupakan sumber elektrolit yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan potasium di dalamnya berfungsi meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengontrol refluks asam.

Saat menderita GERD, artinya Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman agar kesehatan lambung tetap terjaga. Berbagai jenis minuman di atas juga bisa Anda gunakan sebagai terapi alami untuk penyakit GERD. Dan jangan lupa, tetap penuhi kebutuhan air minum setiap harinya. Cara ini juga dapat berperan secara signifikan dalam mengatasi gangguan GERD. tersebut.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar