HomeInfo SehatPencernaanBenarkah Hobi Makan Rujak Bisa Jadi Pemicu GERD?
Pencernaan

Benarkah Hobi Makan Rujak Bisa Jadi Pemicu GERD?

dr. Alvin Nursalim, 25 Nov 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bagi kamu penggemar makanan pedas seperti rujak, jangan sampai berlebihan karena gangguan asam lambung atau GERD bisa mengintaimu!

Benarkah Hobi Makan Rujak Bisa Jadi Pemicu GERD?

Rujak memang pas rasanya untuk ngemil sore-sore. Berbagai macam buah di dalamnya mulai dari bengkuang, mangga, pepaya, hingga jambu air sangat enak dan menyegarkan! 

Meski rasanya nikmat, makanan ini dianggap dapat memicu gastroesophageal reflux disease atau disebut GERD. Terutama jika buah-buahan yang dikonsumsi bercita rasa asam dan bumbunya terlalu pedas.

Apakah benar kalau rujak bisa menyebabkan GERD? Baca pembahasannya di bawah ini, ya. 

Buah Bisa Menjadi Penyebab GERD

Lakukan Cara Ampuh Ini untuk Mengatasi GERD (Emily Frost/Shutterstock)

Umumnya, kebanyakan orang berpikir bahwa hanya buah-buahan seperti tomat dan jeruklah yang bisa bikin asam lambung bergejolak. 

Padahal, buah apa pun yang berasa asam seperti mangga yang terlalu muda, nanas, kedondong, hingga jambu air juga berpotensi menimbulkan masalah pencernaan.

Artikel Lainnya: Punya Penyakit GERD, Masih Bolehkah Konsumsi Kafein?

Dilansir dari Medical Daily, menjadikan mangga yang manis sebagai hidangan rujak secara berlebihan juga tidak baik untuk pencernaan. Sebab, mangga mengandung banyak fruktosa yang sulit diserap oleh tubuh. 

Hal ini bisa menyebabkan perut menjadi kembung, terutama bagi kamu yang sebelumnya sudah memiliki masalah pencernaan seperti GERD.

Selain itu, ada buah-buahan yang meski rasanya tidak asam, bisa memicu naiknya asam lambung. Salah satunya nangka.

Hati-hati dengan Sambal Rujak

Tak hanya persoalan buah-buahan, sambal rujak yang pedas pun bisa memicu timbulnya gejala GERD

Perlu diketahui bahwa cabai mengandung senyawa capsaicin, yang bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat mencetuskan iritasi lambung.

Saat mengonsumsi sambal, pada awalnya lambung akan memproduksi sekresi lendir yang bertugas untuk melindungi diri dari iritasi lambung. 

Namun, jika senyawa capsaicin di dalam lambung terlalu banyak, mekanisme perlindungan lambung tersebut tidak lagi berfungsi.

Artikel Lainnya: Konsumsi Yoghurt dan Susu Bikin GERD Makin Parah?

Cara Makan Rujak yang Aman untuk Asam Lambung

Khasiat Rujak untuk Ibu Hamil

Menolak godaan dari si sambal rujak memang terbilang sulit. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena orang dengan asam lambung tetap boleh makan rujak.

Ya, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan keluhan lambung, namun tetap dapat menikmati makanan favoritmu yang satu ini. 

Saat makan rujak, hindari mencocol buah ke dalam sambal rujak terlalu banyak jika kamu tidak mau asam lambung bergejolak. 

Pesanlah bumbu rujak yang tidak pedas atau hanya menggunakan sedikit cabai supaya lambungmu tidak terluka. 

Jika lambung terlalu sering luka, tidak menutup kemungkinan terjadi gangguan lambung yang lebih berat seperti perdarahan. Karena itu, konsumsilah rujak sewajarnya dan hindari makan rujak saat perut kosong.

Artikel Lainnya: Catat, 14 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Meski rujak terdiri atas buah-buahan yang bermanfaat, nyatanya makanan ini tak selalu menyehatkan, terutama bagi kamu yang memiliki GERD. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsinya secara berlebihan. 

Bila kamu sangat ingin makan rujak, pilihlah buah-buahan yang rasanya tidak asam dan bumbu rujak yang tidak terlalu pedas. Dengan demikian, kesehatan lambung dan pencernaanmu tetap terjaga.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya yang menarik di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

RujakAsam LambungGERD

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter