Sukses

Sering Pakai Lensa Kontak? Lakukan Ini agar Mata Tetap Sehat

Anda pengguna lensa kontak? Terapkan beberapa hal berikut agar mata terhindar dari infeksi.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai salah satu alat bantu penglihatan, lensa kontak semakin banyak dilirik. Lensa kontak dapat menjadi solusi praktis untuk menggantikan kacamata dalam mengatasi berbagai masalah mata seperti rabun dekat, rabun jauh, atau astigmatisme (silinder).

Tak hanya itu, lensa kontak juga dapat mewujudkan keinginan seseorang memiliki warna mata yang indah, karena tersedia dalam berbagai warna. Meski demikian, banyak orang masih memilih menjauhi lensa kontak karena takut akan penyakit mata yang dapat ditimbulkannya.

Lensa kontak memang dapat meningkatkan risiko peradangan dan infeksi pada mata, bila penggunaannya tidak sesuai. Penyebab infeksinya pun beragam, mulai dari bakteri, virus, parasit, dan jamur.

Bila hal tersebut sudah terjadi, biasanya penderitanya akan mengalami mata merah, bengkak, berair, terasa perih dan nyeri, hingga penurunan penglihatan. Oleh sebab itu, ketahui cara penggunaan yang tepat agar penggunaan lensa kontak tidak menimbulkan berbagai masalah di atas,

Cara aman menggunakan lensa kontak

Tertarik mengenakan lensa kontak namun khawatir dengan berbagai risikonya? Jangan terburu-buru cemas. Lensa kontak adalah peralatan medis yang aman dan dapat digunakan dengan sering bahkan setiap hari, bila Anda menerapkan kiat-kiat berikut ini:

  1. Cuci tangan. Ada banyak kuman tak kasat mata yang terdapat di telapak tangan, bahkan lebih banyak dari yang bisa Anda bayangkan. Karena itu, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak. Cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan pastikan tangan sudah kering sebelum menyentuh lensa kontak.
  1. Bersihkan lensa kontak. Gunakanlah cairan khusus untuk membersihkan lensa kontak Anda. Jangan gunakan ludah (saliva) atau air keran biasa untuk membersihkannya, karena keduanya tidak memiliki kemampuan disinfektan (membunuh kuman). Mencuci lensa kontak dengan air biasa akan memicu infeksi oleh kuman

Selain itu, gunakan cairan yang baru saat akan membersihkan lensa kontak. Bila sebelumnya lensa kontak sudah terendam dalam cairan pembersih selama beberapa waktu, Anda tetap harus mencucinya dengan cairan yang baru.

  1. Bersihkan wadah penyimpanan. Tak hanya lensa kontaknya saja, wadahnya pun harus Anda pastikan selalu dalam keadaan bersih. Bersihkan wadah lensa kontak dengan cairan pembersih lensa kontak, bukan dengan air keran biasa. Setelah itu biarkan wadah terbuka hingga mengering. Ganti wadah lensa kontak ketika sudah rusak., atau setidaknya tiga bulan sekali.
  1. Jangan tidur memakai lensa kontak. Tidur dengan lensa kontak dapat meningkatkan risiko infeksi mata sebanyak enam hingga delapan kali lipat, mulai dari infeksi kornea mata (keratitis) hingga yang sifatnya lebih permanen seperti ulkus kornea (luka pada kornea).
  1. Lepas lensa kontak saat bersentuhan dengan air. Saat Anda hendak mandi, berenang, atau berendam, jangan lupa lepaskan dahulu lensa kontak Anda. Memakai lensa kontak saat aktivitas tersebut dapat menyebabkan infeksi mata oleh kuman seperti Acanthamoeba dan Pseudomonas.

Bagaimana dengan wudhu saat sholat? Pada kondisi ini, Anda tetap dapat memakai lensa kontak. Karena jumlah air yang digunakan umumnya tidak banyak dan dapat dilakukan dengan menutup mata.

  1. Jaga agar mata tidak kering. Lensa kontak akan membuat kondisi mata cenderung lebih kering. Oleh karena itu, hindari aktivitas atau hal-hal yang dapat membuat mata semakin kering, seperti berada di tempat dengan pendingin ruangan terlalu lama, menatap layar atau monitor dalam waktu lama, dan menggunakan kendaraan bermotor tanpa pelindung mata. Bila mata mulai terasa tidak nyaman karena sangat kering, Anda dapat gunakan tetes mata (artificial tear) yang dianjurkan oleh dokter.
  1. Ikuti aturan pakai lensa kontak. Tiap lensa kontak memiliki aturan pemakaiannya. Ada yang harus diganti setiap hari, ada pula yang setiap tiga bulan, demikian pula cara pembersihan dan penyimpanannya. Ada baiknya bila Anda selalu mengikuti petunjuk tersebut.

Menjaga kesehatan mata sangat penting bagi siapa saja, agar dapat tetap beraktivitas seperti biasa. Jangan sampai karena sikap acuh tak acuh terhadap kebersihan dan aturan pakai lensa kontak, mata Anda pun terserang berbagai penyakit. Lakukanlah berbagai kiat di atas agar mata tetap sehat meskipun sering memakai lensa kontak.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar