Kesehatan Umum

8 Manfaat Berdiri bagi Kesehatan, Jarang Diketahui!

dr. Alvin Nursalim, 20 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berdiri ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan, dari menurunkan kolesterol hingga menjauhkan risiko penyakit jantung!

8 Manfaat Berdiri bagi Kesehatan, Jarang Diketahui!

Terkadang, kita suka malas berdiri dan beranjak dari kursi. Padahal, di momen-momen tertentu, ada manfaat berdiri tegak yang bisa kita dapat untuk kesehatan.

Ingat, duduk terlalu lama dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Duduk terlalu lama bahkan dapat menimbulkan nyeri di titik-titik tertentu dan berkaitan erat dengan berbagai penyakit. 

Hal itu terjadi karena duduk dalam waktu lama identik dengan sedikitnya aktivitas fisik. Akibatnya, lemak menumpuk berlebihan dan menimbulkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tidak terkontrol.

Berikut berbagai manfaat sikap berdiri tegak untuk kesehatan:

1. Membakar Kalori

Membakar Kalori

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, berdiri bisa menjadi salah satu cara membakar kalori lebih banyak. Jadi, perbanyaklah aktivitas berdiri kamu dalam sehari untuk membantu menurunkan berat badan.

Artikel lainnya: Berdiri Lebih Lama Bisa Menurunkan Berat Badan?

2. Menurunkan Gula Darah

Angka diabetes terus menanjak. Hal ini dipengaruhi oleh minimnya aktivitas fisik. Nah, berdiri tegak bisa membantu menurunkan gula darah. 

Berdiri sebanyak 2 jam sehari mampu menurunkan kadar gula darah hingga 2 persen.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Sebuah penelitian dalam European Heart Journal menunjukkan, berdiri lebih banyak dapat menurunkan kolesterol. Peneliti menemukan, berdiri sebanyak 2 jam dapat menurunkan lemak jahat sebesar 14 persen. 

Jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam aliran darah yang menyehatkan jantung pun akan meningkat berkat manfaat berdiri.

4. Mencegah Bekuan Darah 

Ketika duduk dalam waktu lama, risiko terbentuknya bekuan darah meningkat. Hal ini khususnya dialami orang yang duduk lama pada perjalanan panjang menggunakan pesawat. 

Meluangkan waktu dengan berdiri dan berjalan dapat menurunkan risiko bekuan darah.

5. Postur Tubuh Lebih Baik

Berdiri Lebih Lama Bisa Menurunkan Berat Badan?

Duduk terlalu lama, terlebih dengan posisi yang salah, dapat menyebabkan gangguan postur tubuh. Pada akhirnya, kondisi ini mneyebabkan nyeri dan kaku otot. 

Biasakanlah untuk berdiri atau sekadar berjalan sejenak. Hindari posisi bungkuk dan menunduk saat duduk dan menggunakan komputer. 

Artikel lainnya: Ini Posisi Berdiri yang Benar, Sesuai Anjuran Para Ahli

6. Menurunkan Risiko Nyeri Otot

Duduk pada posisi yang sama dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan nyeri otot pada beberapa bagian, misalkan tulang belakang dan leher. Lakukanlah peregangan berkala dan berdiri sejenak untuk mengurangi risiko ini.

7. Meningkatkan Mood

Jika bekerja dalam durasi lama di depan komputer dalam posisi duduk, pastikan kamu beristirahat sejenak di antara waktu bekerja. 

Tidak hanya baik untuk kesehatan otot, perubahan posisi juga dapat memberikan perubahan suasana hati yang dapat berdampak pada kualitas pekerjaan.

Artikel lainnya: Cara Melatih Keseimbangan Tubuh Kamu

8. Melatih Ketahanan Otot

Penelitian menemukan, manfaat berdiri lama akan melatih otot-otot di perut, pantat, dan kaki untuk membuat tubuh tetap tegak pada waktu yang lama. Jadi, pastikan kamu menghabiskan waktu yang cukup dengan berdiri untuk mendapatkan otot yang kuat!

Cukup banyak, ya, manfaat berdiri untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan. Mulai sekarang, biasakanlah berdiri di sela-sela duduk. 

Bila harus duduk selama 30 menit, setidaknya berdirilah selama 10 menit untuk sedikit bergerak agar tubuh tidak kaku. Selamat mencoba!

Punya masalah nyeri di tubuh atau saat berdiri? Coba konsultasi ke dokter pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

berdiriDiabetes

Konsultasi Dokter Terkait