Sukses

Hati-Hati, 17 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambut Anda Tipis!

Salah satu kerusakan rambut yang sering terjadi adalah penipisan rambut. Ada beberapa kebiasaan yang memicu rambut tipis.

Klikdokter.com, Jakarta Anda merasa rambut mulai menipis? Pada sebagian orang, kondisi rambut tipis ini mungkin dianggap tidak mengkhawatirkan. Biasanya karena merasa sudah semakin tua atau memang Anda tidak mempermasalahkannya sama sekali. Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari jika tidak ingin rambut semakin menipis.

Penyebab rambut menipis

Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak sesuai dan jarang keramas hanyalah dua kegiatan sehari-hari yang dapat menyebabkan rambut menipis. Lebih dari itu, ada berbagai hal yang dapat membuat rambut Anda semakin tipis.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Jarang keramas

“Keramas sangat penting untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Kulit kepala harus dijaga agar tetap sehat dengan rajin mencuci rambut menggunakan sampo,” kata Anabel Kingsley, konsultan trichologist untuk klinik Philip Kingsley.

Dia juga menjelaskan bahwa keramas secara teratur dapat menjamin rambut tumbuh dengan baik dan sehat serta menghindari penipisan rambut.

Sementara itu, menurut Melissa Piliang, MD, seorang dokter kulit dari Klinik Cleveland, seseorang harus membersihkan rambut mereka setidaknya dua hari sekali. Jika tidak, minyak dan polutan dapat menumpuk di kulit kepala, sehingga menyebabkan peradangan dan ketombe (dermatitis seboroik).

"Peradangan dapat mengganggu pertumbuhan rambut, dan ketombe dapat menimbulkan rasa gatal, yang menyebabkan Anda menggaruknya, sehingga rambut rontok," ujar Piliang.

2. Keramas terlalu sering

Kebalikan dari poin di atas, terlalu sering mencuci rambut akan membuat rambut Anda mudah rontok dan semakin menipis. Bagi Anda yang memiliki karakter rambut kering atau rapuh, hal ini perlu mendapat perhatian khusus.

"Bagi mereka, keramas terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan, terutama jika mereka menggunakan sampo yang berisiko membuat rambut kering," kata dr. Piliang.

3. Merawat rambut dengan kasar

“Segala sesuatu yang Anda lakukan pada rambut sebaiknya dilakukan dengan lembut, jangan terlampau agresif saat keramas dan menggosok kulit kepala menggunakan sampo,” ujar Nunzio Saviano, pemilik dan penata gaya di Nunzio Saviano Salon di New York City.

“Kondisikan rambut Anda dengan lembut dan gunakan sisir bergigi lebar untuk melonggarkannya. Semakin sedikit Anda menarik rambut, semakin baik bagi kesehatan rambut,” sambungnya.

1 dari 5 halaman

Selanjutnya

4. Tidak mengonsumsi makanan sehat

“Diet terbaik untuk rambut juga bermanfaat untuk jantung, otak, dan umur panjang Anda. Pastikan Anda memakan protein tanpa lemak, kacang-kacangan, buah dan sayur, biji-bijian utuh, serta lemak sehat,” kata dr. Piliang.

Protein sangat dibutuhkan oleh rambut. Sebab, rambut Anda terbuat dari protein. Asupan protein yang cukup dapat membantu menjaga struktur rambut dan menguatkannya.

"Jika Anda tidak mengonsumsi asupan yang tepat, rambut tidak akan tumbuh dengan kemampuan terbaiknya. Akibatnya, Anda mengalami penurunan zat besi, vitamin D, atau seng. Hal ini yang kemudian dapat menyebabkan rambut menipis," tegas Kingsley.

5. Memutihkan rambut

Memutihkan rambut akan menggangu kesehatan rambut. "Warna pemutihan dari rambut merusak kutikula dan menyebabkan serat rambut menjadi lebih tipis serta rentan patah,” jelas dr. Piliang.

6. Catokan terlalu panas

“Alat penata rambut seperti catokan panas, pengering rambut, dan alat pengeriting bisa sangat berbahaya pada rambut. Alat-alat tersebut bisa menyebabkan kerusakan dan membuat kulit kepala lemah. Jika Anda juga menggunakan pengering rambut setiap hari, hindari pengaturan suhu yang terlampau terpanas,” saran Todor Todorov, penata rambut dari Bumble & Bumble Salons.

Sementara itu, dr. Piliang mengatakan bahwa semua hal tersebut melemahkan batang rambut dan serat di dalam rambut. Semua alat tersebut dapat merusak kutikula di lapisan luar rambut, terutama jika Anda menggunakan panas tinggi atau menggunakan alat berbahan besi untuk meluruskan rambut setiap hari.

7. Menggunakan sisir yang tidak sesuai dengan jenis rambut

Sisir adalah alat yang digunakan pada rambut Anda setiap hari, dan pemilihan sisir yang salah dapat menyebabkan rambut Anda menipis.

Kingsley merekomendasikan Anda memilih sisir dengan sikat dan potongan plastik bulat. Sisir plastik cenderung lebih murah daripada jenis lainnya dan itu adalah opsi yang paling ramah bagi rambut.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

8. Tidak memotong ujung rambut yang bercabang

Sering kali, orang-orang ingin menumbuhkan rambut mereka dan tidak memotong ujung rambut yang bercabang untuk mempercepat prosesnya. Padahal, hal ini bukan strategi terbaik untuk pertumbuhan rambut yang tebal dan sehat.

“Ketika orang berhenti melakukan aktivitas potong rambut, kerusakan rambut akan terjadi. Akan lebih baik bila Anda memotong ujung rambut rambut minimal seperempat inci atau lebih setiap 8 minggu sekali," ujar dr. Piliang.

9. Stres menguasai Anda

"Hal-hal yang kita kaitkan dengan gaya hidup yang kurang sehat dapat berbahaya bagi rambut, dan salah satu faktor tersebut adalah stres. Orang yang rentan stres memiliki rambut yang lebih tipis," kata dr. Piliang.

Hal ini terjadi karena stres meningkatkan kadar hormon kortisol, yang dapat menyebabkan rambut rontok. Jadi penting untuk mengelola stres dengan olahraga, yoga, meditasi, atau aktivitas lainnya.

10. Merokok

Merokok dapat menyebabkan penipisan rambut karena mengurangi sirkulasi darah ke kulit kepala. Asap rokok juga dapat menyebabkan stres oksidatif dan perkembangan radikal bebas, yang dapat secara langsung menghambat aktivitas yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

“Rambut dapat pulih ketika seseorang berhenti merokok, tergantung pada berapa lama orang itu merokok, dan berapa banyak kerusakan yang terjadi pada sistem sirkulasi," kata Dr. Rieder, ahli kerusakan rambut.

11. Melewati sarapan

Sarapan mungkin bukan makanan yang paling penting, tetapi Kingsley mengatakan sarapan baik untuk rambut. Dia menjelaskan bahwa semua yang Anda makan saat sarapan akan menjadi bahan bakar tubuh. Makan sarapan memberi Anda fungsi tubuh yang memberi hidup dan membantu menjaga rambut tetap lembut juga.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

12. Menggunakan produk rambut yang salah

Produk penata rambut seharusnya membuat rambut Anda terlihat bagus. Sayangnya, beberapa di antaranya dapat memiliki efek sebaliknya ketika Anda menggunakannya untuk jangka waktu yang lama.

"Beberapa produk pelurus rambut dapat melukai folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut," jelas Dr. Rieder.

Lalu, produk seperti semprotan rambut atau gel yang mengklaim bisa membuat rambut rapi sepanjang hari biasanya mengandung alkohol, yang dapat membuat rambut kering dan rapuh. Residu yang ditinggalkan pada rambut dari produk ini dapat membuat rambut patah atau rontok ketika disisir.

Sebaliknya, cari alternatif alami yang jauh lebih lembut untuk rambut tapi tetap akan membantu menjaga Anda tetap rapi.

13. Menguncir rambutmu erat-erat

Todorov mengatakan bahwa menguncir rambut terlalu kencang dapat menyebabkan rambut menipis dan mudah rontok. Ketegangan yang terjadi pada rambut dapat merusak folikel rambut, yang mengarah ke kondisi yang disebut alopecia traksi, yakni kerontokan rambut akibat menarik rambut terlalu lama.

14. Mencabuti uban

Ketika uban sudah mulai bermunculan dan Anda tidak sempat mewarnai rambut, cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan mencabutinya. Masalahnya, mencabuti uban akan membuat rambut Anda tipis.

"Setiap kali Anda mencabut rambut dari akar, Anda berpotensi merusak bola rambut dan mencegah rambut tumbuh dengan baik," kata Dr. Rieder.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

15. Tidak melindungi rambut dari sinar matahari

Matahari bukan teman yang baik untuk rambut Anda. "Sinar matahari dapat merusak kutikula dan serat rambut, sehingga membuat rambut lebih mudah patah," kata Dr Piliang. Jika ingin keluar rumah di saat matahari terik, pakai topi atau bahan apapun yang menutupi rambut Anda.

16. Memainkan rambut

Banyak orang tanpa sadar sering memainkan rambut mereka, entah dipelintir, digaruk, atau mencabuti rambut. "Sayangnya, memutar secara kompulsif, menggosok, atau menarik rambut Anda dapat menyebabkan kerontokan rambut seiring berjalannya waktu," kata Todorov.

17. Mengabaikan perubahan rambut

Jika Anda memperhatikan bahwa rambut terlihat lebih tipis, jangan menganggap itu sebagai bagian alami dari penuaan. "Satu kesalahan yang banyak dilakukan wanita adalah bahwa mereka mencoba mengabaikan ketika rambut mereka mulai menipis. Mereka tidak pergi ke dokter dan membiarkannya,” ujar Dr. Saviano.

Padahal, Savinao menjelaskan bahwa ketika rambut mulai rontok dan menipis, itu berarti tubuh Anda mengatakan sesuatu kepada Anda. Segera ke dokter untuk mengetahuinya.

Itu adalah beberapa faktor yang menyebabkan rambut tipis. Jangan sepelekan penipisan rambut, karena bisa menandakan kondisi kesehatan Anda. Mari cermati kesehatan rambut Anda karena rambut bisa menunjang penampilan Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar