Sukses

Ini Manfaat Memelihara Tanaman Kaktus bagi Kesehatan

Kaktus sering kali dijadikan tanaman hias untuk mempercantik rumah dengan alasan mudah dirawat. Yuk, ketahui manfaat dari memelihara kaktus untuk kesehatan.

Tanaman kaktus tak hanya cantik dan unik untuk dijadikan hiasan di dalam ruangan. Nyatanya, tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga Cactaceae ini juga punya manfaat bagi kesehatan Anda. Apa saja manfaat memelihara kaktus?

Jenis Kaktus Hias

Sebelum tahu apa saja manfaat memelihara kaktus, Anda mungkin tidak terlalu paham jenis kaktus hias apa yang cocok dipelihara para pemula. 

Kaktus—seperti tanaman lainnya—punya berbagai jenis atau variasi, berdasarkan ukuran, bentuk, warna, dan lainnya. Nah, bagi Anda yang baru mau memelihara tanaman berduri ini, terdapat beberapa rekomendasi kaktus hias yang dapat dipilih.

Jenis-jenis kaktus berikut memiliki daya tahan ekstra dan tidak perlu perawatan yang sulit sehingga cocok untuk pemula:

  1. Kaktus hias Parodia.
  2. Haworthia (Zebra Cactus).
  3. Kaktus hias Beaver Tail.
  4. Kaktus hias Chepalocereus senilis.
  5. Kaktus hias Pincushion.
  6. Kaktus hias Fairy Castle atau Cereus tetragonus.
  7. Kaktus hias Gymnocalycium.

Artikel Lainnya: 7 Tanaman Pembasmi Nyamuk Demam Berdarah

1 dari 3 halaman

Manfaat Memelihara Kaktus

Lantas, apa sajakah manfaat memelihara kaktus bagi kesehatan Anda? Berikut beberapa di antaranya:

  • Membantu Pernapasan

Kaktus membantu membuang sisa gas pernapasan berupa karbon diokida dengan menyerapnya dan mengubahnya menjadi sumber nutrisi mereka.

Tanaman ini juga melepaskan oksigen segar untuk kita bernapas terutama saat malam hari sehingga dapat sangat membantu meningkatkan kualitas tidur.

  • Membersihkan Udara

Kaktus berfungsi sangat baik untuk membersihkan udara dan membuang racun. 

Penelitian yang dilakukan NASA menemukan bahwa tanaman tersebut mampu menghilangkan 87 persen senyawa organik volatil (VOC), seperti benzena dan formaldehida.

Senyawa-senyawa ini kerap kali ditemukan pada karpet, asap rokok, tas belanjaan, buku, dan juga tinta. 

  • Membantu Mencegah Penyakit

Sekitar 10 persen kelembapan di atmosfer adalah air yang dikeluarkan oleh tumbuhan. Hal yang sama berlaku untuk rumah Anda. 

Semakin banyak tanaman yang dimiliki, maka akan semakin lembap lingkungan rumah.

Kelembapan yang baik akan membuat terhindar dari kulit kering, batuk kering, dan sakit tenggorokan.

Penelitian dari Agricultural University of Norway menemukan bahwa tingkat kesakitan di perkantoran yang memiliki tanaman menurun sebesar 60%.  Kaktus juga dikenal sangat efektif membunuh bakteri.

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Sehat Meletakkan Tanaman dalam Ruangan

  • Meningkatkan Fokus

Beberapa studi terhadap siswa maupun pekerja menunjukkan bahwa konsentrasi, perhatian, dan kemampuan otak meningkat ketika belajar atau bekerja dengan tanaman di dalam ruangan.

Berdasarkan studi dari University of Michigan, adanya tanaman di dekat Anda dapat meningkatkan retensi memori sebanyak 20 persen. 

Selain itu, studi yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa siswa menunjukkan perhatian 70% lebih besar saat belajar di ruangan yang terdapat tanaman.

  • Memulihkan Sakit Lebih Cepat

Memelihara kaktus dapat berkontribusi untuk mengurangi gejala flu, sakit kepala, demam, serta batuk.

Menurut para peneliti dari Kansas State University, pasien rumah sakit yang kamarnya terdapat tanaman membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit, memiliki tekanan darah dan denyut jantung lebih rendah, serta lebih sedikit mengalami kecemasan dan kelelahan.

Artikel Lainnya: Benarkah Tanaman dalam Ruangan Bisa Membersihkan Udara?

2 dari 3 halaman

Kaktus juga Bisa Dikonsumsi!

Bukan hanya jadi tanaman hias, kaktus juga mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan saat dikonsumsi. 

Kandungan kaktus tersebut termasuk vitamin C, E, A, zat besi, kalsium, dan karotenoid yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Ada pun, manfaat makan kaktus tersebut antara lain:

  • Anti-kanker

Efek anti-kanker ditunjukkan oleh ekstrak kaktus pir berduri (Opuntia ficus Indica). Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak tersebut menghambat proliferasi garis sel kanker serviks, ovarium, dan kandung kemih in vitro. 

  • Sumber Antioksidan

Sebagian besar tanaman kaktus mengandung banyak antioksidan, seperti asam askorbat, karotenoid, sistein, taurin, dan juga flavonoid. 

  • Menurunkan Kolesterol dan Menetralkan Gula Darah

Para peneliti Prancis pada 2007 melaporkan bahwa mengonsumsi jenis kaktus pir berduri bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). 

Selain itu, kaktus pir berduri juga bisa menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2.

  • Menurunkan Berat Badan

Suplemen ekstrak kaktus dapat membantu menurunkan berat badan dengan bertindak sebagai diuretik tanpa menguras mineral tubuh.

  • Melindungi Sel Otak

Seperti dijelaskan sebelumnya, kaktus kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid. Oleh karena itu, tanaman berduri ini dapat mengurangi kerusakan sel otak akibat radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat memelihara kaktus bagi kesehatan. Nah, ruangan sudah cantik plus mendukung kesehatan Anda. 

Jadi, apakah sekarang Anda berminat memelihara kaktus? Dapatkan informasi kesehatan lainnya hanya di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar