Sukses

Lakukan Ini Saat Migrain Menyerang di Kantor

Terserang migrain di tengah menumpuknya pekerjaan tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Anda di kantor. Cari tahu solusinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Migrain atau sakit kepala sebelah sering dialami oleh banyak orang. Jenis sakit kepala ini sangat mengganggu, apalagi ketika menyerang saat Anda tengah beraktivitas di kantor. Ketahui jurus jitu untuk meredakannya.

Gangguan kesehatan seperti migrain bisa makin buruk jika Anda mengalami stres, kelelahan, terpapar cahaya terang serta suara bising. Akibatnya, Anda akan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan. Berdasarkan penelitian, lebih dari 90 persen orang yang mengalami migrain tidak dapat bekerja dengan baik.

Tips saat migrain menyerang di kantor

Biasanya, saat terkena migrain dan mengalami serangan yang hebat, seseorang menjadi sulit untuk fokus terhadap pekerjaan. Dalam kondisi seperti ini, seharusnya orang tersebut membutuhkan istirahat. Sayangnya, tak semua kantor memiliki kebijakan memperbolehkan pekerjanya beristirahat di luar jam makan siang.

Meski demikian, jika Anda merasakan tanda-tanda migrain datang saat berada di kantor, ambil tindakan secepat yang Anda bisa. Jangan sampai gejala yang timbul semakin memburuk. Berikut tips yang harus Anda lakukan saat migrain menyerang menurut WebMD:

1. Sediakan obat-obatan

Jika Anda terbiasa mengonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran, Anda boleh mempersiapkannya di kantor. Tapi, perhatikan dosisnya, dan pastikan obat tersebut sesuai dengan rekomendasi dokter.

2. Minum kafein

Kafein telah terbukti mengurangi rasa sakit pada serangan migrain. Itulah sebabnya banyak obat-obatan migrain memasukkan kafein sebagai bahan. Selain itu, banyak orang yang menjadikan momen minum kopi atau teh sebagai tips untuk untuk meredakan migrain.

3. Sediakan es

Es sangat baik untuk meredakan migrain. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki ice pack. Jadi, tak perlu bingung lagi saat migrain menyerang. Kompres dahi dan leher Anda ketika mengalaminya.

4. Temukan tempat berlindung yang tenang

Diperlukan waktu hingga 1 jam untuk meredakan migrain. Sambil menunggu, cari tempat gelap dan sunyi untuk beristirahat dan tunggu sampai sakitnya reda.

5. Lakukan peregangan dan rileks sebelum bekerja

Lakukanlah yoga untuk membantu mengatasi migrain dengan mengurangi stres dan ketegangan pada otot. Jika kesulitan untuk melakukan yoga, Anda bisa melakukan gerakan pemanasan sendiri, terutama di sekitar leher. Selain itu, pastikan Anda merasa rileks sebelum mulai bekerja agar migrain tidak menyerang.

1 dari 2 halaman

Hindari pemicu migrain berikut ini

Migrain bisa muncul ketika tubuh Anda bereaksi terhadap pemicu internal dan eksternal dengan melepaskan bahan kimia yang mengiritasi dan mengobarkan pembuluh darah di otak. Kondisi ini akan menyebabkan rasa nyeri dari sedang hingga berat.

Pastinya, tidak mungkin untuk menghindari semua pemicu migrain. Tetapi, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari migrain, berikut ini adalah di antaranya:

  • Makan teratur dan konsumsi makanan sehat

Bekerja terlalu semangat sampai melewatkan makan siang dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada migrain. Jadi, usahakan untuk menyimpan sebotol air di meja Anda.

"Pastikan Anda makan secara teratur dan memenuhi kebutuhan minum air," Merle Diamond, MD, presiden klinik sakit kepala di Chicago, Amerika Serikat.

  • Redupkan lampu

Lampu di kantor Anda tentu sudah dipatenkan, baik dari sisi posisi dan pengaturan cahayanya. Tetapi cobalah untuk mengendalikan apa yang Anda bisa, misalnya meredupkan monitor komputer atau menggunakan peredup layar. Lalu, pastikan Anda tidak terpapar silaunya matahari dari jendela atau lampu di atas kepala.

Menggunakan tirai atau pencahayaan mungkin sering dilakukan oleh banyak orang. Sayangnya, cara ini tidak langsung dapat membantu. Merle Diamond kemudian merekomendasikan Anda untuk mengistirahatkan mata secara teratur jika Anda duduk di depan layar komputer sepanjang hari.

  • Hindari aroma yang kuat

Jika orang yang duduk di sebelah Anda adalah penggemar parfum, cologne, atau sabun beraroma, berhati-hatilah, baunya juga dapat memicu migrain. Mungkin ada rasa segan untuk menjelaskan kondisi Anda kepada rekan kerja tersebut. Tapi, sampaikanlah dengan sopan demi kesehatan Anda. Cara lainnya, Anda dapat meminta agar meja atau ruang kerja Anda tidak dekat dengan sumber aroma yang kuat.

  • Jadikan tidur sebagai prioritas

Waktu tidur yang tidak teratur atau tubuh yang terlalu lelah dapat memicu migrain. Jadi, beristirahatlah dengan nyenyak di malam hari. Jangan biarkan stres di tempat kerja menghalangi Anda untuk beristirahat.

Serangan migrain yang datang saat pekerjaan di kantor tengah menumpuk tentu akan sangat mengganggu. Selain produktivitas terhambat, performa dan proses penyelesaian tugas-tugas juga akan terhambat. Lakukanlah langkah-langkah di atas untuk mengatasinya. Terapkan juga gaya hidup sehat untuk kualitas hidup yang lebih baik.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar