Sukses

Cuci Tangan, Salah Satu Kunci Utama Kesehatan

Tanggal 15 Oktober setiap tahun merupakan Hari Cuci Tangan Sedunia. Apa tema dan target yang diincar pada tahun ini?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap tahun, tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia (Global Handwashing Day). Tema pada tahun 2018 ini difokuskan pada kaitan antara cuci tangan dan makanan, termasuk higienitas makanan dan gizi. Jargon Hari Cuci Tangan Sedunia pada tahun ini, yaitu “Tangan bersih adalah resep terbaik untuk kesehatan,” mengingatkan setiap individu untuk menjadikan cuci tangan sebagai bagian dari aktivitas baik sebelum dan setelah makan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan hari advokasi global yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk mendesain, menguji, dan menerapkan metode kreatif dalam mendukung individu mencuci tangan dengan sabun pada saat-saat penting.

Ikut serta dalam Hari Cuci Tangan Sedunia

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merealisasikan imbauan untuk mencuci tangan di Hari Cuci Tangan Sedunia kali ini:

  • Cuci tangan dengan sabun pada setiap saat penting, terutama sebelum makan, saat masak, dan saat menyuapi anak.
  • Menjadi contoh perilaku cuci tangan, dan mengingatkan atau membantu orang lain untuk selalu cuci tangan sebelum makan.
  • Membuat cuci tangan menjadi bagian dari kebiasaan makan keluarga.
  • Menetapkan tempat untuk mencuci tangan di rumah, di komunitas, di sekolah, di tempat kerja, dan di fasilitas kesehatan.
  • Menunjang perubahan perilaku cuci tangan efektif di bidang riset, kebijakan, program, dan advokasi.

Meski setiap orang di penjuru dunia telah mencuci tangan dengan air mengalir, hanya sedikit yang menggunakan sabun. Hal itu karena ketersediaan sabun di beberapa negara berkembang masih terbatas. Jikapun terdapat sabun, sering kali benda tersebut hanya digunakan untuk keperluan mencuci pakaian atau mandi.

Padahal, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terbukti mampu menurunkan risiko terjadinya penularan penyakit. Tindakan sederhana dan murah ini juga menekan persebaran kuman dengan lebih efektif.

Lalu, apa saja manfaat yang didapatkan dari cuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin? Pertama, membasmi kuman yang menempel di tangan. Kedua, mencegah penularan kuman ke orang lain yang ada di lingkungan sekitar. Secara keseluruhan, tujuan dari mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara rutin mampu menekan risiko kejadian dan penyebaran penyakit berbahaya.

Atas dasar tersebut, setiap orang tua dianjurkan mendidik anak untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sejak kecil. Dengan menerapkan kebiasaan tersebut, anak akan menjadi terbiasa dan menerapkannya hingga dewasa. Di samping itu, penting juga mengingatkan si Kecil untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menyentuh hewan peliharaan, setelah bermain, atau setelah batuk dan bersin.

Dengan adanya Hari Cuci Tangan Sedunia, diharapkan masyarakat bisa lebih gencar dalam menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Jadikan mencuci tangan sebagai kebiasaan yang perlu dilakukan sebagai rutinitas sehari-hari. Dengan demikian, risiko paparan kuman dan kejadian penyakit bisa semakin berkurang. Ayo, cuci tangan!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar