Kesehatan Mental

Awas, 11 Gejala Gangguan Mental Ini Bisa Saja Kamu Alami

Iswan Saputro, M.Psi., Psikolog, 27 Jul 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Salah satu hal yang paling mengkhawatirkan dari gangguan mental adalah, jika orang tersebut menolak berobat atau malah tidak menyadarinya.

Awas, 11 Gejala Gangguan Mental Ini Bisa Saja Kamu Alami

Gangguan mental adalah masalah kesehatan psikis serius yang banyak diderita masyarakat Indonesia. 

Berdasarkan survei tahun 2017 yang dilakukan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), sekitar 13,4 persen atau 36 juta orang di Indonesia hidup dengan gangguan mental. Depresi, gangguan kecemasan, dan skizofrenia adalah jenis gangguan mental yang paling banyak diderita masyarakat di usia produktif. 

Nah, untuk tahu apakah seseorang menderita masalah mental atau tidak, dibutuhkan kesadaran dan informasi yang tepat.

Menurut American Psychological Association (APA), kamu memiliki kondisi mental yang sehat apabila relatif merasa sejahtera, mampu menyesuaikan diri dengan baik, relatif terbebas dari perasaan cemas, sanggup menciptakan hubungan interpersonal yang sehat, serta mampu mengatasi stres.

Sebaliknya, ciri-ciri gangguan mental bisa menyebabkan kamu punya ketakutan berlebih hingga mudah merasa lelah. Di bawah ini gejala gangguan mental yang perlu kamu tahu:

1. Mudah Lelah

Sering Online Meeting Bikin Mata Lelah? Ini Cara Mengatasinya

Gangguan mental bisa menyebabkan kamu mudah merasa lelah ketika melakukan aktivitas yang sama dibandingkan sebelumnya. 

Contohnya kamu tidak ada keluhan bekerja selama delapan jam sebelumnya. Gangguan psikologis bisa bikin kamu merasa sangat lelah ketika bekerja kurang dari delapan jam. Hal ini membuat energi dan produktivitas kamu menurun.

Artikel lainnya: Jenis-jenis Gangguan Jiwa yang Perlu Anda Ketahui

2. Kurang Merawat Diri

Motivasi kamu untuk merawat diri berkurang saat mengalami gangguan mental. Kamu perlahan tidak mempedulikan kebersihan badan, seperti tidak memotong kuku dan jarang mandi.

Kamu juga tidak peduli terhadap kebersihan ruangan maupun benda yang kamu kenakan. 

3. Ketakutan Berlebih

Apabila kamu sering merasa cemas, takut, gugup, atau panik berlebih bahkan ketika menghadapi masalah sepele, maka waspadalah. Karena ini adalah ciri penyakit psikis.

Selain menyadari gejala tersebut sendiri, kamu bisa minta tolong orang terdekat untuk mengklarifikasi respon kamu beberapa waktu belakangan.

4. Perubahan Suasana Hati

Ketika mengalami gangguan mental, kamu cenderung mengalami perubahan suasana hati. Kamu bisa merasakan kesedihan yang mendalam, sulit mengekspresikan kegembiraan, apatis terhadap lingkungan, merasa putus asa, hingga memiliki pikiran untuk mengakhiri hidup.

Artikel lainnya: Tanda-tanda Seseorang Terkena Gangguan Identitas Disosiatif

5. Mudah Lupa dan Susah Fokus

Sering Lupa Mau Ngapain atau Bilang Apa? Awas, Doorway Effect! (Pathdoc/Shutterstock)

Kamu sulit berkonsentrasi saat mengidap gangguan mental. Akibatnya, kamu sulit berpikir jernih sehingga makin susah menyelesaikan masalah atau menemukan solusi.

Tak hanya itu, gangguan mental juga bisa bikin kamu mudah lupa.

6. Gangguan Makan

Perubahan nafsu makan setelah mengalami stres perlu kamu perhatikan dan sadari. Sebab ini termasuk ciri-ciri gangguan mental.

Gangguan makan dapat berupa peningkatan atau penurunan nafsu makan secara berlebihan, memuntahkan makanan yang dikonsumsi, hingga kehilangan nafsu makan.


7. Gangguan Tidur

Masalah mental bisa menyebabkan gangguan tidur. Gangguan tidur yang dimaksud, bisa berupa insomnia (sulit untuk tidur), hipersomnia (tidur secara berlebihan), mimpi buruk, dan mudah terbangun. 

Dampaknya, tidur kamu jadi tidak berkualitas sehingga mudah merasa lelah setelah tidur.

Artikel lainnya: Ciri-ciri Psikopat yang Bisa Anda Kenali

8. Menarik Diri dari Pergaulan

Ketika merasa sangat tertekan dengan masalah tertentu, kamu memilih menarik diri dari pergaulan. Kamu merasa tidak memiliki energi untuk menjelaskan kondisimu. 

Kamu juga sulit berinteraksi dengan orang lain dalam jangka waktu lama. Hal ini menyebabkan kamu merasa kurang nyaman ketika orang lain berusaha menghubungi atau bertemu.

9. Berperilaku Destruktif

Beberapa jenis gangguan mental bisa mendorong kamu melakukan perilaku destruktif yang merusak dan merugikan. 

Perilaku destruktif bisa ditujukan kepada diri sendiri (self-harm) atau kepada orang lain, seperti memukul, meneriaki, memaki, menendang, dan sebagainya.

10. Gairah Seks Menurun


4 Hal yang Bisa Menurunkan Gairah Seks (Smile Photo/Shutterstock)

Gangguan mental dapat membuat kamu kehilangan kesenangan dalam melakukan sesuatu, salah satunya aktivitas seksual. Masalah psikologis bisa mengurangi gairah seks secara drastis.

Artikel lainnya: Tanda-Tanda Depresi pada Remaja yang Perlu Anda Waspadai

11. Mengonsumsi Zat atau Obat Berlebihan

Ciri penyakit psikis selanjutnya adalah berkurangnya kontrol diri. Hal ini bisa menyebabkan kamu menggunakan rokok, alkohol, atau obat-obatan terlarang secara berlebihan.

Apabila kamu mengalami sederet ciri-ciri gangguan mental di atas, #JagaSehatmu dengan segera menghubungi tenaga profesional, seperti psikolog atau psikiater. Konsultasi dengan psikolog juga bisa kamu lakukan lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

Konsultasi penting supaya kamu bisa memperoleh diagnosis dan penanganan yang tepat dan terarah sesuai kondisi. 

(ADT/JKT)

Gangguan Mental

Konsultasi Dokter Terkait