Sehat dan Bugar

10 Manfaat Olahraga Panahan bagi Kesehatan Tubuh

Aditya Prasanda, 04 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Dyah Novita

Meski terlihat minim gerakan, olahraga panahan ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

10 Manfaat Olahraga Panahan bagi Kesehatan Tubuh

Saat ini olahraga panahan mulai banyak diminati masyarakat, mulai dari usia muda hingga dewasa. Memanah dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan dan bergengsi. 

Meskipun terlihat minim gerakan karena hanya berdiri dan membidik sasaran, dibutuhkan tenaga yang besar untuk melakukan olahraga panahan. Lebih dari itu, terdapat sejumlah manfaat olahraga panahan untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh, di antaranya:

1. Menguatkan Tubuh Bagian Atas

Aktivitas memanah menimbulkan tekanan pada otot lengan, dada, bahu, dan punggung. Mirip dengan angkat beban, tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik sebelum kamu melepaskan anak panah. 

Nah, tekanan berulang saat menarik dan melepaskan tali busur dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

2. Mengontrol Keseimbangan

Untuk bisa berhasil memanah, diperlukan keseimbangan yang baik. Soalnya, kamu harus bisa menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan.

Nah, manfaat latihan memanah membantu kamu mengontrol keseimbangan tubuh saat sedang fokus membidik target. Makin banyak kamu berlatih, otot inti kamu kian terbiasa menyeimbangkan tubuh.

3. Melatih Koordinasi

Koordinasi antara mata dan tangan sangat diperlukan dalam memanah. Olahraga panahan melatih koordinasi tangan dan mata saat membidik dan menembakkan anak panah. 

Koordinasi antara mata dan tangan akan semakin baik ketika kamu sering berlatih. 

4. Menyehatkan Jantung

Saat latihan, pemanah biasanya akan berjalan untuk memeriksa hasil tembakan. Meski jarak yang ditempuh relatif dekat, aktivitas ini dapat memberikan manfaat kesehatan bila dilakukan berulang kali.

Manfaat olahraga panahan yang bisa dirasakan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki.

5. Membuat Kamu Lebih Fokus

Manfaat olahraga memanah berikutnya, yaitu bisa membuat kamu lebih fokus. Fokus sangat penting agar anak panah bisa mengenai sasaran.

Terbiasa mengembangkan fokus dapat berdampak positif pada kesehatan mental kamu. Pikiran yang fokus bisa membantumu menghadapi kondisi sulit yang menimbulkan stres dan tekanan.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Selain bersaing dengan pemanah lainnya, kamu harus melawan diri sendiri saat melakukan olahraga panahan. Diperlukan rasa percaya diri yang kuat untuk dapat memanah dengan tepat.

Lambat laun, rutin dan disiplin memanah bisa membangun kepercayaan diri kamu.

7. Menenangkan Pikiran

Ketika kamu sudah menyenangi olahraga panahan, aktivitas ini bisa jadi pelarian untuk menghindari stres. Memanah bisa membantu menenangkan pikiran. 

8. Melatih Kesabaran 

Olahraga panahan harus dilakukan dengan penuh kesabaran. Sebab dibutuhkan waktu yang tepat untuk membidik sasaran dalam jarak yang jauh. Kesabaran yang tinggi dapat memaksimalkan akurasi bidikan panah. 

9. Melenturkan Otot Tangan 

Aktivitas memanah dapat membantu melenturkan otot-otot tangan. Kelenturan otot tangan akan terlatih saat kamu menarik anak panah dari busurnya. 

10. Meningkatkan Kemampuan Sosial 

Olahraga panahan bisa dilakukan sendiri ataupun beregu. Biasanya, dalam sebuah pertandingan, pemanah akan dikelompokkan dalam tim untuk mencetak angka tertentu.

Dalam tim, pemanah bekerja sama untuk memperoleh keberhasilan. Hal ini pada gilirannya bisa meningkatkan kemampuan sosial.

Banyak orang melihat panahan sebagai olahraga yang minim gerakan. Padahal, manfaat olahraga panahan dapat menguatkan otot tubuh atas dan memberikan efek psikologis yang positif.

Ikuti terus informasi kesehatan terlengkap dan tepercaya hanya di KlikDokter. Unduh aplikasinya untuk menggunakan beragam layanan kesehatan yang bikin #JagaSehatmu lebih praktis. Kamu bisa pakai layanan Tanya Dokter untuk bertanya mengenai isu kesehatan apa pun.

(ADT/JKT)

PanahanJantungOlahraga PanahanAsian Para Games

Konsultasi Dokter Terkait