Sukses

7 Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan

Salah satu cabor yang dipertandingkan di Asian Para Games adalah panahan. Ini dia manfaat olahraga panahan yang tak terpikirkan sebelumnya.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu momen dalam pembukaan Asian Para Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (6/10/2018) adalah ketika Presiden Joko Widodo melakukan aksi memanah bersama Bulan Karunia. Jokowi turun dari tribun kehormatan dan melakukan aksi panah. Olahraga yang memang sudah digelutinya sejak tahun lalu itu ternyata memiliki banyak manfaat.

Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut memanah huruf D-I-S untuk kemudian menampilkan huruf “ABILITY” sebagai penyemangat untuk atlet yang berlaga di Asian Para Games. Mantan Wali Kota Solo itu terlihat fasih melepaskan busur panah setelah melepas jas dan menggulung kemejanya.

Di ajang Asian Para Games juga dipertandingkan cabang olahraga panahan. Tercatat ada tujuh kategori yang dipertandingan pada Para Games tahun ini.

Meskipun olahraga panahan terlihat minim gerakan karena hanya berdiri dan membidik tujuan, olahraga yang sudah ada sejak zaman Paleolitik ini memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Berikut beberapa keuntungan yang bakal Anda dapat dengan melakukan olahraga panahan:

1. Menguatkan tubuh bagian atas

Olahraga panahan menempatkan tekanan pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu, dan punggung. Mirip dengan angkat beban, tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panahnya. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan tali busur, dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

2. Mengontrol keseimbangan

Keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah karena Anda harus dapat menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan. Berlatih memanah membantu Anda untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target. Semakin banyak Anda berlatih, semakin otot inti Anda terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh.

3. Melatih koordinasi

Koordinasi paling utama dalam memanah adalah mata dan tangan. Olahraga panahan melatih tangan Anda untuk bekerja bersama saat melakukan tugas yang berbeda, yaitu membidik dan menembakkan panah berdasarkan apa yang mata lihat. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik koordinasi Anda.

4. Menyehatkan jantung

Dalam pertandingan, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km saat melakukan pengecekan hasil tembakan. Meski aktivitas berjalan ini dilakukan dalam interval pendek, efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki. Anda akan mendapatkan beberapa manfaat ini bahkan selama latihan, karena Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk berjalan mengambil kembali panah.

5. Membuat Anda lebih fokus

Fokus penting untuk kesuksesan sebagai pemanah, dan mengembangkan fokus dapat berdampak positif pada kesehatan mental Anda. Semakin Anda terfokus pada target, semakin mudah bagi Anda untuk menjernihkan pikiran dan membidik secara tepat, baik dalam praktik maupun dalam pertandingan. Keterampilan ini juga akan membantu Anda menghadapi situasi-situasi stres dan menekan dalam hidup.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Dalam panahan, Anda bisa bersaing dengan yang lain atau melawan diri sendiri. Akan tetapi, olahraga ini bukan hanya tentang melepaskan busur panah. Meningkatkan performa Anda dengan latihan yang rutin dan disiplin juga membangun kepercayaan diri.

7. Relaksasi

Danika Yarosh, seorang aktris asal Amerika Serikat yang menggeluti olahraga panahan, mengatakan bahwa panahan bisa menenangkan dan menghilangkan stres. Melepaskan panah, melihat busur terbang, dan mendengarnya sampai di bulatan target dinilai Yarosh dapat membantu menghilangkan stres.

Banyak orang melihat panahan sebagai olahraga yang minim gerakan, padahal nyatanya aktivitas ini dapat menguatkan otot tubuh atas hingga menyehatkan organ jantung. Bagaimana, tertarik untuk mencoba olahraga panahan? Yuk, tonton aksi para atlet di Asian Para Games biar lebih semangat untuk berlatih olahraga ini!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar