Sukses

Tips Cegah Dehidrasi Saat Nonton Pembukaan Asian Para Games

Pembukaan Asian Para Games 2018 sudah di depan mata. Bagi Anda yang nonton langsung, jaga diri dari bahaya dehidrasi dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 akan dilangsungkan hari ini, Sabtu (6/10). Tak kalah dengan Asian Games, pembukaan pekan olahraga penyandang diabilitas se-Asia ini juga dipersipkan dengan megah dan pastinya menyedot animo masyarakat untuk menyaksikan langsung ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Bagi Anda yang hendak nonton langsung, persiapkanlah diri dengan sebaik-baiknya. Ini karena dehidrasi sangat mungkin menyerang secara diam-diam selama Anda terlena dengan megahnya pembukaan Asian Para Games 2018.

Menurut dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, dehidrasi merupakan keadaan yang terjadi akibat tidak cukupnya jumlah cairan di dalam tubuh.

“Tubuh memerlukan cairan untuk bernapas, berkeringat, buang air besar, dan lainnya. Jadi, kekurangan cairan (dehidrasi) akan menyebabkan fungsi tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya,” jelas dr. Sara.

Lebih lanjut, dr. Sara menjelaskan bahwa dehidrasi bisa memberikan gejala-gejala berikut ini:

  • Rasa haus
  • Mulut dan kulit yang kering
  • Rasa lelah
  • Warna air seni yang cenderung pekat
  • Kurangnya nafsu makan
  • Kurangnya konsentrasi
  • Sakit kepala
  • Konstipasi atau sembelit.

“Sederhananya, saat merasa haus artinya Anda sudah kekurangan cairan. Jadi, jangan tunggu timbul rasa haus sebelum menengguk minuman,” ungkap dr. Sara.

1 dari 2 halaman

Mencegah dehidrasi

Dehidrasi akan membuat Anda mengalami berbagai gangguan saat hendak menikmati upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Bahkan, jika dehidrasi yang Anda alami sudah memasuki fase lanjut, yang terjadi adalah penurunan kesadaran hingga pingsan.

Apabila Anda tak ingin mengalami hal-hal yang seperti itu, berikut beberapa upaya yang wajib dilakukan:

1. Minum air putih cukup

Sebagaimana diketahui, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2 liter per hari. Jika aktivitas Anda tergolong berat dan mengakibatkan banyak keringat, minumlah sedikit lebih banyak dari jumlah yang dianjurkan tersebut.

“Selain air putih, Anda juga bisa minum air kelapa untuk mencegah dehidrasi,” jelas dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter.

Air kelapa, lanjut dr. Jesslyn, merupakan jenis cairan yang rendah kandungan karbohidrat dan mengandung potasium dengan kadar yang cukup tinggi. Selain mencegah dehidrasi, rasanya yang segar juga efektif dalam melepas dahaga Anda.

2. Makan buah-buahan yang kaya cairan

Selain minum air putih atau air kelapa, dehidrasi juga bisa Anda cegah dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan. Beberapa buah yang seperti ini adalah melon, semangka, apel, dan pir. Kandungan air yang mencapai 90% pada buah-buahan tersebut bisa membuat tubuh Anda sehat dan terhidrasi dalam waktu yang cukup lama.

3. Hindari paparan matahari langsung

Paparan langsung sinar matahari membuat tubuh Anda “menguap”, sehingga mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak. Bila kejadian tersebut terus terjadi, maka Anda akan berakhir pada kondisi dehidrasi.

Jadi, agar tidak dehidrasi, hindari paparan langsung sinar matahari dengan menggunakan pelindung ekstra―seperti topi dan payung. Kenakan juga pakaian yang longgar dan berbahan nyaman seperti katun.

Jangan biarkan dehidrasi atau kekurangan cairan mengganggu kenikmatan Anda menyaksikan upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Lakukan tips di atas sebagai langkah awal pencegahan, dan jangan ragu bila ingin berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar