Sukses

Bahaya Menggunakan Gawai Sambil Menyetir

Hati-hati, mengoperasikan gawai sambil menyetir mobil atau motor bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Simak penjelasan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah riset yang dilakukan oleh Zendrive yang merupakan perusahaan penyedia software keamanan berkendara meneliti sekitar 570 juta perjalanan dari 3,1 juta pengemudi di Amerika Serikat. Hasilnya, sebanyak 9 dari 10 pengemudi ternyata bermain gawai sambil menyetir kendaraan.

Padahal, dalam satu kali perjalanan setidaknya pengemudi akan membutuhkan 3,5 menit untuk menoperasikan gawai. Tak heran, National Highway Traffic Safety Administration melaporkan bahwa telah terjadi kenaikan angka kecelakaan di Amerika Serikat akibat penggunaan gawai saat berkendara.

Tercatat pada 2010, ada 46.000 kasus kecelakaan yang terjadi akibat hal tersebut. Angka ini semakin meningkat, hingga pada 2015 jumlahnya menjadi 69.000 kasus. Tak hanya di Amerika Serikat, kecelakaan akibat hal yang sama juga kerap terjadi di Indonesia. Jadi, akan lebih baik bila Anda menyimpan gawai sebelum mulai berkendara.

Jika memang ada hal yang harus diselesaikan, lebih baik berhentilah dahulu untuk mengerjakannya, dan lanjutkan menyetir tanpa mengoperasikan gawai. Anda juga bisa menginformasikan kepada lawan bicara bahwa Anda sedang berkendara, sehingga tak bisa membalas pesannya.

1 dari 3 halaman

Dampak negatif saat menggunakan gawai ketika menyetir

Bahaya bermain gawai saat berkendara sudah sering digaungkan. Hanya saja, beberapa orang masih mengabaikannya. Padahal, meski telah berhati-hati sekalipun, penggunaan gawai yang memecah konsentrasi Anda saat menyetir juga memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan medis mengapa sebaiknya Anda berhenti menggunakan gawai di tengah berkendara.

1. Distraksi terhadap konsentrasi

Sebuah penelitian yang dimuat di Accident Analysis & Prevention pada tahun 2018 menyebutkan bahwa penggunaan WhatsApp lewat gawai pada saat menyetir dianggap sebagai multitasking.

Namun faktanya, hal ini dapat menyebabkan gangguan konsentrasi. Akibatnya pengemudi secara otomatis mengabaikan bagaimana seharusnya ia mengemudi dengan aman.

2. Mengalihkan penglihatan

Pada saat penglihatan Anda tertuju pada layar, maka pandangan yang seharusnya fokus ke jalanan pada saat menyetir pun menjadi berpindah. Risiko tertinggi memang dapat ditemukan pada gawai yang diletakkan di pangkuan pada saat mengemudi. Namun, gawai yang diletakkan di sebelah kanan atau kiri pengemudi juga tetap dapat mengganggu penglihatan Anda saat berkendara.

3. Mengirim pesan lebih berbahaya daripada menerima telepon

Pada kenyataannya, mengirim pesan maupun menerima telepon tetap dapat menyebabkan gangguan konsentrasi pada saat menyetir.

Penelitian yang dimuat di jurnal Traffic Injury Prevention pada tahun 2015 menyebutkan bahwa mengirim pesan dengan menggunakan gawai menyebabkan gangguan konsentrasi yang lebih besar jika dibandingkan dengan pembicaraan di telepon. Tak hanya itu, penggunaan gawai untuk berselancar di dunia maya juga menyebabkan distraksi pada saat menyetir.

4. Gangguan konsentrasi bahkan setelah selesai menatap layar gawai

Berdasarkan jurnal Traffic Injury Prevention pada tahun 2015, konsentrasi yang pecah saat berkendara karena mengirim pesan maupun berselancar pada layar gawai dapat menetap hingga 3-4 detik. Hal ini menyebabkan Anda mengalami gangguan fokus, bahkan setelah melepaskan pandangan dari gawai tersebut.

2 dari 3 halaman

Orang muda sering main gawai saat mengemudi

Teknologi, seperti ponsel pintar atau gawai, memang diciptakan untuk meningkatkan komunikasi antara satu orang dengan lainnya dan memudahkan aktivitas. Namun, penggunaannya pada saat sedang menyetir memiliki potensi bahaya yang sangat tinggi.

Distraksi karena gawai pada saat menyetir semakin meningkat kejadiannya, terutama pada mereka yang berusia muda. Hal ini karena orang berusia muda rata-rata tidak mengindahkan keamanan dalam keselamatan menyetir dan merasa masih memiliki fisik yang mumpuni untuk multitasking.

Sayangnya, hal ini tidaklah demikian. Menyetir tetaplah merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan penuh konsentrasi.  

Pada saat menyetir, Anda harus memastikan menjaga pandangan agar tetap melihat ke depan. Pasalnya, kecelakaan dapat terjadi dalam hitungan detik, biasanya ketika pengemudi tidak berkonsentrasi terhadap jalanan yang ada di hadapannya.

Penggunaan gawai saat berkendara adalah aktivitas yang sering dilakukan para pengemudi, terutama yang masih berusia muda. Karena bahaya yang mengintai begitu besar, sudah sepantasnya Anda membiasakan diri untuk berkendara dengan aman demi keselamatan seluruh pengemudi di jalan raya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar