Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Daftar Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Gigi Bungsu

Daftar Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Gigi Bungsu

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah menjalani operasi gigi bungsu. Ketahui berbagai pantangan setelah operasi gigi bungsu di sini!

Operasi gigi merujuk berbagai tindakan medis pada gigi dan gusi. Berbagai efek setelahnya mungkin dapat dirasakan. Biasanya, dokter gigi akan memberikan pantangan-pantangan setelah operasi gigi agar penyembuhan dapat berjalan baik.

Pencabutan gigi bungsu adalah tindakan operasi yang sering dilakukan. Sebab, tak sedikit orang memiliki gigi bungsu yang tak sempurna. Jika gigi bungsu tidak memiliki ruang untuk tumbuh, akan timbul rasa sakit, infeksi atau masalah lainnya. 

Untuk mencegah potensi timbulnya masalah di kemudian hari, dokter gigi merekomendasikan untuk melakukan pencabutan gigi. Setelah operasi gigi, biasanya akan timbulnya sakit, nyeri, bengkak dan ketidaknyamanan lain.

Nah, agar penyembuhan dapat berjalan dengan baik, beberapa pantangan setelah operasi gigi bungsu yang perlu dihindari.

1 dari 3 halaman

1. Hindari Merokok

Anda adalah perokok aktif? Kalau iya, setelah gigi dicabut, hindari merokok setidaknya 48 jam setelahnya. Sebab, merokok dapat menunda penyembuhan dan meningkatkan risiko komplikasi.

Artikel lainnya: Mengatasi Bengkak Setelah Operasi Gigi Bungsu

Tidak merokok juga bertujuan untuk mencegah senyawa dan zat kimia beracun yang berasal dari rokok masuk ke luka jahitan. Zat tersebut dapat menyebabkan iritasi serta infeksi gigi, dan pengaruhi bekuan darah.

2. Hindari Alkohol

Sama dengan merokok, mengonsumsi minuman keras juga menjadi larangan setelah operasi gigi bungsu. Kandungan di dalam alkohol dapat menyebabkan peradangan luka jahitan hingga memperlambat penyembuhan.

3. Hindari Gerakan Mengisap atau Menyeruput

Berbagai gerakan, seperti mengisap ataupun menyeruput bisa memengaruhi proses penyembuhan. Gerakan tersebut bisa menekan sisi dalam mulut dan dapat memecah bekuan darah. Ujungnya, masa penyembuhan akan semakin lama.

4. Tidak Boleh Kumur-kumur Berlebihan

Hindari berkumur terlalu sering dan meludah dengan kencang. Hal ini penting agar Anda tidak merusak bekuan darah yang dapat menimbulkan infeksi dan memengaruhi penyembuhan.

5. Hindari Makanan atau Minuman Panas

jangan mengunyah makanan yang bertekstur keras dan pedas karena akan menimbulkan rasa sakit. Bila gigi Anda baru saja dioperasi sebaiknya pilih makanan yang lembut. Hindari pula makanan atau minuman yang bersuhu panas.

Selain itu, sebaiknya gunakan gigi di sisi sebelahnya untuk mengunyah makanan.

Artikel lainnya: 6 Perawatan Penting Setelah Operasi Gigi Bungsu

2 dari 3 halaman

6. Hindari Berolahraga

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah operasi gigi bungsu berikutnya adalah berolahraga. Dokter gigi biasanya akan menyarankan Anda untuk menunda rencana olahraga setidaknya 3-4 hari setelah operasi gigi.

Berolahraga berpotensi meningkatkan pembengkakan, perdarahan, serta sensasi tak nyaman setelah operasi. Biasanya, dokter gigi akan menganjurkan untuk beristirahat selama beberapa hari. Anda juga akan diminta untuk tidak melakukan aktivitas berat pascaoperasi.

Periode penyembuhan setelah gigi dicabut biasanya sekitar satu minggu atau bahkan lebih. Cepat atau lambatnya pemulihan bergantung pada kepatuhan Anda terhadap saran medis dari dokter gigi.

Itu dia enam pantangan setelah operasi gigi bungsu. Dengan menaati instruksi yang diberikan oleh dokter gigi, proses penyembuhan dapat berjalan dengan baik dan cepat. Anda juga akan terhindar dari infeksi serta masalah pascaoperasi lain.

Apabila terjadi keluhan setelah operasi gigi, jangan ragu untuk kembali ke dokter gigi untuk dicek kembali. Kalaupun tidak ada masalah, jangan lupa tetap kontrol rutin ke dokter gigi.

Dapatkan informasi lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter gigi melalui fitur Live Chat 24 Jam

[HNS/JKT]

1 Komentar