Sukses

Sebaiknya Berapa Lama Durasi Olahraga Saat Car Free Day?

Car free day biasanya dimanfaatkan orang-orang untuk olahraga. Lalu, berapa lama durasi olahraga yang tepat saat CFD?

Klikdokter.com, Jakarta Akhir pekan tiba, car free day (CFD) bisa menjadi pilihan Anda untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat, seperti berolahraga. Anda dapat mengajak keluarga atau teman-teman tercinta untuk ikutan supaya lebih semangat mengucurkan keringat. Lalu, berapa lama durasi olahraga yang efektif saat hari bebas kendaraan ini?

Untuk durasi olahraga saat CFD, menurut dr. Melyarna Putri dari KlikDokter, sebenarnya tidak ada yang pasti. Jika merujuk pada rekomendasi para ahli kesehatan, durasi olahraga per hari seharusnya 30 menit yang dilakukan selama empat kali hingga lima kali dalam sepekan.

"Jika melihat durasi yang dianjurkan, yakni selama 30 menit, seharusnya olahraga pada saat car free day tidak lebih dari waktu itu," ujar dr. Melyarna.

"Biasanya kan, orang yang olahraga pada saat car free day, orang yang tidak memiliki waktu olahraga saat hari biasa, entah karena kesibukan kerja atau yang lain. Kalau yang rutin saja sekitar 30 menit, nah kalau saat car free day harusnya tidak lebih dari waktu itu. Tapi mungkin kisaran waktunya adalah 30-45 menit, jangan sampai lebih dari itu," lanjutnya.

Olahraga yang bisa dilakukan saat CFD pun bermacam, tergantung kebutuhan Anda. Akan tetapi, pilihlan olahraga yang tepat untuk tubuh Anda.

1 dari 2 halaman

Pilihan olahraga saat car free day

Car free day paling mungkin dimanfaatkan untuk jalan kaki, joging, dan bersepeda. Ketiga jenis olahraga ini paling sering dilihat, walaupun mungkin ada yang melakukan senam atau olahraga lainnya.

Mari kupas apa manfaat dari tiga olahraga tersebut:

1. Jalan kaki

Jalan kaki adalah jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Terasa makin menyenangkan jika Anda berjalan kaki bersama keluarga, pasangan, bahkan hewan peliharaan.

Menurut laman Better Health, berjalan kaki dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil, serta menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Jalan kaki juga memperkuat struktur tulang, mencegah terjadinya osteoporosis dan osteoartritis, serta membantu mengurangi tekanan darah pada beberapa orang dengan hipertensi.

2. Bersepeda

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, bersepeda tak hanya menyenangkan tetapi juga menyehatkan! Melintasi ruas jalan yang steril dari kendaraan bermotor saat CFD bisa membuat pikiran dan tubuh terasa melayang bebas, jauh dari stres. Hal ini tentunya akan memengaruhi kesehatan mental Anda.

Selain itu, bersepeda bisa menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kualitas tidur, serta menambah kekebalan tubuh. Oya, bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Berdasarkan studi tahun 2013, bersepeda membuat aliran darah di otak lebih lancar hingga 28 persen, bahkan 70 persen di area otak tertentu.

3. Joging

Joging sangat baik untuk Anda yang berniat menurunkan berat badan. Joging selama 15 menit akan membakar sekitar 150-165 kalori. Jika dilakukan selama 30 menit, itu berarti bisa membakar sekitar 300 kalori.

Tak hanya itu, joging juga bisa memperkuat dan meningkatkan kapasitas paru-paru, membuat sendi kuat, serta memicu perasaan bahagia.

Nah, itu adalah durasi dan jenis olahraga yang tepat saat momen car free day. Jangan lewatkan CFD dan pastikan Anda mengikutinya dengan kegiatan yang bermanfaat seperti berolahraga.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar