Sukses

Tidak Perlu Impor, Inilah Super Food Asli Indonesia

Siapa bilang super food hanya berasal dari luar negeri? Makanan yang demikian juga ada yang berasal dari Indonesia, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Super food identik dengan makanan yang berasal dari luar negeri dan harganya mahal. Tahukah Anda bahwa sebenarnya tidaklah demikian? Ini karena beberapa super food juga ada yang berasal dari Indonesia dan harganya tergolong murah.

Apa saja super food asal Indonesia yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau?

1. Ikan gabus

Ikan gabus atau Channa striata dalam bahasa latin diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa penelitian mengungkap bahwa ikan gabus mengandung asam amino esensial dan asam lemak esensial yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Dalam beberapa penelitian, ikan gabus dikatakan memiliki efek antinyeri, antidemam, antidepresan, antiperadangan, antijamur, antimikroba, dan mengoptimalkan proses penyembuhan luka.

2. Manggis

Manggis telah diteliti memiliki efek baik untuk kesehatan. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan, ekstrak manggis (xanthones dan derivat) menunjukkan efek antiperadangan, antioksidan, antibakteri, antikanker, dan antiulkus.

Ekstrak manggis lainnya yaitu memiliki efek meningkatkan sensitivitas insulin pada orang obesitas.

3. Daun kelor

Daun kelor atau dikenal dalam bahasa latin sebagai Moringa oleifera sudah lama digunakan dalam metode pengobatan tradisional. Ini karena daun kelor memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi.

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa daun kelor memiliki efek antidiabetes dan antidislipidemia (kelainan kadar lemak darah). Penelitian mengenai daun kelor lain yang masih berkembang adalah adanya efek perlindungan terhadap jaringan hati, ginjal, jantung, testis, dan paru-paru.

Masih diteliti lebih lanjut juga mengenai efek daun kelor terhadap proses meredakan nyeri, menurunkan tekanan darah, dan antiulkus.

4. Bekatul

Bekatul sebenarnya adalah bagian terluar dari bulir, yaitu biji atau buah tumbuhan jenis serealia. Bekatul bisa didapatkan misalnya dari bagian terluar beras, jagung, dan gandum.

Beberapa penelitian menyebutkan efek baik bekatul dari beras atau rice bran. Kandungan serat pada rice bran diduga mampu menurunkan risiko konstipasi (sembelit) dan wasir.

Di samping itu, minyak bekatul juga memiliki kandungan asam lemak yang luar biasa. Minyak jenis ini rutin dikonsumsi di Jepang dan dipercaya sebagai minyak dengan segudang manfaat, karena memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

5. Salak

Salak, buah tropis yang sering dikonsumsi di Indonesia, ternyata memiliki manfaat yang belum banyak diketahui orang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kulit buah yang memiliki nama latin Salacca itu terbukti bermanfaat untuk sistem imun.

Kulit salak yang biasanya dibuang percuma, ternyata memiliki ekstrak yang mampu menstimulasi produksi sitokin seperti tumour necrosis factor (TNF)-α dan interleukin (IL)-6. Ekstrak kulit salak menstimulasi produksi sitokin melalui stimulasi terhadap makrofag, salah satu sel yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh.

Ternyata super food asli Indonesia banyak yang mengandung zat-zat bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun demikian, peran super food masih belum bisa menggantikan obat dan penelitian mengenai hal tersebut masih terus berlanjut. Yuk, konsumsi super food asli Indonesia secara rutin dan teratur pada porsi yang tepat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar