Sukses

Rutin Donor Darah, Ini Manfaatnya untuk Anda

Tak hanya bisa membantu pasien yang membutuhkan darah, manfaat donor darah juga bisa dirasakan untuk menunjang kesehatan tubuh pendonornya.

Klikdokter.com, Jakarta Kapan terakhir kali Anda mendonorkan darah? Jika sudah “absen” lama, maka Hari Palang Merah Indonesia (PMI) yang jatuh pada 17 September bisa Anda manfaatkan untuk melakukan donor darah. Pastinya Anda tahu bahwa rutin donor darah tak hanya bisa membantu pasien yang membutuhkan transfusi darah—bahkan menyelamatkan nyawa mereka—tapi juga bisa membawa manfaat baik terhadap kesehatan tubuh sang pendonor.

Donor darah dapat mencegah terjadinya tiga kondisi ini

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, donor darah dapat mencegah atau menurunkan risiko terjadinya:

  • Penyakit jantung

Tertuang dalam “American Journal of Epidemiology”, kegiatan donor darah dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 33 persen dan serangan jantung sebesar 88 persen. American Medical Association mengatakan, donor darah rutin setiap 6 bulan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke pada usia 43-61 tahun.

  • Kanker

Dengan rutin melakukan donor darah, cadangan zat besi dalam tubuh dapat terjaga dalam jumlah yang sesuai, sehingga memberikan perlindungan dari bahaya kanker.

  • Obesitas

Saat mendonorkan darah sebanyak 450 ml, tanpa disadari Anda telah membakar sebanyak 650 kalori. Sehingga, dengan rutin mendonorkan darah, Anda dapat menjaga berat badan tetap ideal.

1 dari 3 halaman

Manfaat rutin donor darah

Lantas, manfaat secara spesifik apa saja yang bisa Anda dapat dari donor darah? Berdasarkan pemaparan dari dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, dari KlikDokter, manfaat tersebut antara lain:

1. Meningkatnya pembakaran kalori

Donor darah diketahui dapat meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh. Secara rata-rata, saat seseorang mendonorkan darah sejumlah sekitar 450 ml, dikatakan bahwa jumlah kalori yang terbakar adalah sekitar 650 kCal.

“Meski begitu, jangan jadikan donor darah sebagai cara utama untuk membakar kalori karena seseorang hanya dapat mendonorkan darah paling cepat setiap 3 bulan, bergantung dari kondisi kesehatan dan kadar hemoglobin yang dimiliki,” kata dr. Nitish.

2. Menjaga kesehatan hati

Asupan makanan yang kaya zat besi dapat meningkatkan jumlah zat besi di dalam tubuh. Karena proporsi yang dapat diserap tubuh terbatas, maka sisa zat besi disimpan di jantung, hati, dan pankreas yang dapat menyebabkan peningkatan rasio terjadinya sirosis hati. Oleh sebab itu, donor darah secara rutin juga dapat menurunkan risiko kondisi tersebut.

3. Menstimulasi produksi sel darah

Setelah melakukan donor darah, tubuh akan bekerja untuk mengganti kehilangan darah yang terjadi. Donor darah akan menstimulasi produksi sel darah yang baru, sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh.

2 dari 3 halaman

Persiapan sebelum donor darah

Setelah membaca berbagai manfaat donor darah untuk tubuh, Anda jadi ingin segera mendonorkan darah? Tunggu dulu. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan donor darah

“Anda harus berusia 17–60 tahun dengan berat badan minimal 45 kg untuk jadi pendonor darah. Anda pun harus dalam keadaan sehat, tidak sedang demam, dan tekanan darah serta nadi dalam batas normal,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Selain itu, hindari donor darah dalam keadaan perut kosong. Makanlah secara teratur beberapa hari sebelum donor darah. Ini bertujuan agar kadar gula darah stabil.

“Pastikan Anda telah mengonsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging merah, ikan, ayam, dan bayam untuk menjaga kadar sehat zat besi dalam darah. Perbanyak juga asupan cairan sebelum hari pendonoran,” dr. Astrid menambahkan.

Aktivitas dalam porsi berat tidak direkomendasikan sebelum donor darah. Anda juga direkomendasikan untuk tidur cukup, yaitu selama 7–9 jam pada malam hari sebelum menyumbang darah.

“Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu Anda merasa lebih segar, dan mengurangi risiko lemas atau pusing setelah selesai donor darah.”

Rutin donor darah merupakan suatu aktivitas yang mulia. Tak hanya bisa berguna untuk pasien yang membutuhkan, darah Anda pun bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Oleh karena itu, yuk rutin donor darah. Tak hanya Anda akan merasa bangga, bahagia, dan berguna karena bisa membantu sesama yang membutuhkan, tapi manfaatnya untuk kesehatan tubuh juga sangat besar!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar