Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Hati-Hati, Makanan dan Minuman Ini Bisa Memicu Dehidrasi

Hati-Hati, Makanan dan Minuman Ini Bisa Memicu Dehidrasi

Saat mengalami dehidrasi, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat agar kondisi tidak makin buruk.

Dehidrasi adalah kondisi ketika Anda mengalami kekurangan cairan tubuh. Gejala dehidrasi beragam, tergantung derajat keparahannya. Mulai dari timbulnya rasa haus, urine yang pekat dan berwarna lebih gelap, bibir kering, hingga rasa ingin pingsan.  

Cara untuk mengatasi dehidrasi adalah dengan rehidrasi atau banyak minum. Namun, jangan sampai Anda salah pilih asupan! 

Pasalnya, banyak produk minuman dan jenis makanan yang mengandung zat tertentu, sehingga malah akan menyebabkan atau memperparah dehidrasi. 

1 dari 2 halaman

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Dehidrasi

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat dehidrasi:

1. Kopi

Kandungan kafein dalam kopi merupakan sesuatu yang diincar bagi para penikmat kopi karena dapat meningkatkan konsentrasi dan mencegah rasa mengantuk. Di satu sisi, kafein adalah zat yang bersifat diuretik, yang artinya meningkatkan laju pembuangan air dari tubuh melalui urine. 

Bagi Anda yang sedang mengalami dehidrasi, sebaiknya hindari kopi untuk sementara karena malah akan memperparah kondisi dehidrasi. Selain itu, hindari mengonsumsi kopi sachet yang tinggi kandungan gula karena akan menyebabkan Anda semakin haus.

Artikel Lainnya: 7 Tanda Dehidrasi yang Perlu Anda Waspadai

2. Alkohol

Sama seperti kopi, alkohol juga memiliki sifat diuretik. Jadi, jangan heran jika Anda sering merasa kebelet untuk buang air kecil saat mengonsumsi alkohol. Jika Anda konsumsi alkohol terlalu banyak, maka kemungkinan untuk muntah juga dapat terjadi. Tentunya saat muntah, banyak cairan keluar dan akan menyebabkan dehidrasi.

3. Minuman Ringan

Sering disebut juga soft drink, minuman ini bukan merupakan pilihan minuman ketika Anda mengalami dehidrasi. Meskipun menyegarkan, kandungan gula yang tinggi dalam produk minuman ringan malah akan menyebabkan dehidrasi.

4. Minuman Berenergi

Hampir mirip dengan minuman ringan, minuman berenergi umumnya mengandung tinggi gula dan kafein sebagai ‘penambah energi’. Kandungan kafein ini malah akan menarik cairan untuk dibuang melalui urine dan menyebabkan dehidrasi.

Artikel Lainnya: 6 Kebiasaan Ini Rentan Picu Dehidrasi

5. Teh Herbal dan Teh Detoks

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung kafein. Selain itu, minuman teh detoks, terutama yang dipasarkan untuk menurunkan berat badan, sering kali mengandung daun senna yang memiliki efek laksatif atau bersifat pencahar.

Banyak BAB akibat efek tersebut juga dapat mengeluarkan cairan dari tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kandungan parsley, biji seledri, dandelion, atau selada air dalam teh herbal memiliki sifat diuretik. 

6. Asparagus

Asparagus termasuk dalam makanan penyebab dehidrasi. Sebab, kandungan aspargin dalam asparagus merupakan jenis asam amino yang bersifat diuretik sehingga Anda menjadi sering kencing, disertai bau khas urine dari asparagus.

7. Makanan Cepat Saji

Fast food atau makanan cepat saji umumnya mengandung tinggi garam. Garam atau natrium berperan menarik cairan ke dalam pembuluh darah, sehingga cairan yang menuju ginjal untuk dibuang sebagai urine menjadi banyak. Karena urine banyak keluar, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Artikel Lainnya: Inilah 5 Penyebab Dehidrasi Selain Udara Panas

8. Makanan Pencuci Mulut

Kue, wafel, pancake, apalagi ditambah es krim adalah jenis makanan pencuci mulut yang mengandung tinggi gula. Kadar gula darah yang terlalu tinggi akibat mengonsumsi jenis makanan ini akan menyebabkan darah menjadi kental. 

Cara tubuh untuk mengatasinya adalah dengan menarik cairan ke pembuluh darah dan membuang kelebihan gula melalui urine. Maka dari itu, jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan tinggi gula, dehidrasi bisa terjadi. 

9. Makanan Kalengan

Makanan kaleng juga termasuk makanan penyebab dehidrasi. Sebab, makanan kalengan menggunakan garam sebagai pengawet agar tidak ditumbuhi bakteri. Jika Anda sedang mengalami dehidrasi, hindari dulu makanan kalengan untuk sementara.

10. Bumbu dan Penyedap Rasa Makanan

Bumbu masak seperti kecap, kaldu, dan micin memiliki kandungan garam yang tinggi. Untuk mendapatkan rasa asin dan gurih, sementara waktu Anda bisa menggunakan bahan alami seperti kaldu tulang, tomat, jamur, atau rumput laut.

Itulah makanan dan minuman yang harus dihindari saat dehidrasi. Jadi, singkirkan untuk sementara agar tidak memperparah kondisi Anda. Selain itu, konsumsilah air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi, yaitu dua liter atau sekitar delapan gelas sehari.

Jika masih penasaran dengan topik ini, Anda bisa tanyakan langsung ke dokter. Agar praktis, konsultasi online dengan dokter lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar