Sukses

Turunkan Berat Badan dan Bentuk Otot dengan 5 Makanan Ini

Anda sedang menjalani program menurunkan berat badan dan membentuk otot? Coba konsumsi 5 makanan ini.

Klikdokter.com, Jakarta Menurunkan berat badan tak hanya dengan olahraga semata. Anda juga butuh mengonsumsi makanan yang tepat, agar hasil yang didapat bisa lebih optimal. Bahkan, olahraga yang dikombinasikan dengan makanan yang sesuai juga bisa membantu membentuk otot, lho!

Menurut Medical News Today, makanan menyediakan makronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan benar. Tiga makronutrien yang paling dibutuhkan adalah protein, karbohidrat, dan lemak.

  • Protein

Makronutrien ini memasok asam amino yang dapat membantu memelihara kesehatan otot, dan memperbaiki serat otot yang rusak akibat olahraga berat.

Tak hanya itu, olahraga yang diiringi dengan konsumsi protein dalam jumlah tepat setiap hari terbukti efektif mensintesis protein otot dan merangsang pertumbuhan massa otot. Terkait hal ini, para ahli mengatakan bahwa mengonsumsi 20–30 gram protein sebelum berolahraga dapat menghasilkan peningkatan sintesis protein otot yang berlangsung selama beberapa jam.

Bagi pegiat olahraga yang ingin membentuk massa otot, dianjurkan untuk mengonsumsi 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Jadi, misalnya Anda punya berat 70 kilogram, maka jumlah protein yang harus Anda konsumsi adalah sekitar 56 gram setiap hari.

  • Karbohidrat

Ingin mendapatkan berat badan ideal dan otot yang lebih berbentuk? Pastikan Anda tidak melupakan karbohidrat menu sehari-hari.

Anda perlu memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, agar sensasi kenyang yang dirasakan bisa berlangsung lebih lama. Hal ini akan memberikan energi lebih banyak, sehingga Anda bisa berolahraga sedikit lebih lama.

  • Lemak

Para ahli mengatakan, orang yang ingin berat badan ideal dan memiliki bentuk otot yang bagus harus meghindari konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak. Namun demikian, bukan berarti asupan berlemak benar-benar harus dihindari.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Bukan lemak tersaturasi atau lemak trans.

 

1 dari 2 halaman

Pilihan makanan yang bisa dikonsumsi

Apakah Anda benar-benar ingin berat badan ideal dan tubuh yang lebih berotot? Jika ya, berikut beberapa makanan yang bisa Anda jadikan pilihan:

  1. Ikan salmon dan tuna

Ikan salmon dan tuna memiliki kandungan protein yang bagus untuk tubuh. Di samping itu, kedua jenis ikan laut tersebut juga mengandung asam lemak esensial yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Anda dianjurkan untuk makan ikan setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu.

  1. Telur

Telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi di setiap butirnya. Artinya, telur dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan asam amino harian yang sama seperti daging.

  1. Nasi merah

Nasi merah lebih baik dibanding nasi putih. Sumber karbohidrat kompleks ini bisa membantu Anda melakukan jenis olahraga yang lebih intens, dengan durasi yang lebih lama.

  1. Roti gandum

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, roti gandum memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang sedikit lebih rendah daripada roti putih. Oleh karena itu, roti gandum cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak yang baik bagi kesehatan. Buah ini bagus untuk Anda yang menginginkan berat badan ideal, karena membuat kenyang lebih lama.

Satu alpukat (dengan berat kurang lebih 40 gram) terdiri dari 64 kalori, 6 gram lemak, 4 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 1 gram protein. Tak heran jika perut Anda akan langsung terasa penuh setelah makan alpukat.

Ingatlah untuk mengombinasikan konsumsi makanan di atas dengan olahraga intensitas sedang–menengah, yang dilakukan secara rutin dan teratur. Di samping itu, jangan lupa membatasi setiap porsi makanan tersebut agar tidak berlebihan. Dengan mengombinasikan semuanya, Anda bisa menurunkan berat badan sekaligus membangun otot.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar