Sukses

5 Tips Tetap Sehat Jelang Musim Hujan

Musim hujan segera datang. Saatnya menjaga tubuh tetap sehat dengan melakukan beberapa tips ini.

Klikdokter.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberikan pernyataan bahwa musim hujan tinggal di depan mata, bahwa awal musim hujan 2018 akan terjadi pada Oktober-Desember mendatang, dengan puncaknya pada Januari-Februari 2019. Jelang musim hujan, Anda harus mempersiapkan kesehatan tubuh karena musim ini juga rentan terjadi berbagai penyakit.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, ada beberapa alasan mengapa musim hujan rentan mendatangkan banyak penyakit.

  • Perubahan suhu yang ekstrem

Saat siang hari atau saat sedang tidak hujan, suhu udara umumnya cenderung panas, sementara saat hujan turun, suhu mendadak mengalami penurunan. Penurunan suhu ini tentu menuntut tubuh untuk beradaptasi dan secara tidak langsung memengaruhi daya tahan tubuh.

  • Minimnya aktivitas fisik

Biasanya, cuaca mendung dan hujan membuat Anda lebih memilih untuk berdiam diri atau bermalas-malasan di rumah dibanding melakukan aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik adalah salah satu kunci untuk meraih tubuh yang sehat. Gaya hidup sedenter—yaitu gaya hidup yang didominasi oleh banyak duduk atau tidak bergerak dan kurang berolahraga—saat musim hujan menyebabkan tubuh kurang bugar sehingga Anda mudah terserang penyakit.

  • Kurangnya paparan sinar matahari

Saat musim hujan, kondisi ini memang tak terhindarkan karena sinar matahari lebih banyak tertutup awan tebal. Padahal, sinar matahari, terutama pada pagi hari, sangat baik untuk tubuh.

Akibat beberapa faktor yang disebutkan di atas, berbagai penyakit bisa menyerang. Berbagai penyakit yang paling sering ditemui adalah diare, batuk, dan pilek atau yang disebut sebagai common cold.

“Tak hanya itu, penyakit yang cukup berat seperti leptospirosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini, juga bisa menyerang,” kata dr. Sepriani.

1 dari 2 halaman

Langkah-langkah agar tubuh sehat jelang musim hujan

Lantas, bagaimana caranya menjaga tubuh agar tetap sehat di musim hujan? Berdasarkan anjuran dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, lakukan tips di bawah ini.

  1. Rajin mencuci tangan

Rajin cuci tangan sebelum makan, saat menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet sangat efektif dalam mencegah penularan virus serta bakteri penyebab penyakit. Jika Anda melakukannya dengan baik dan benar, niscaya penyakit musim hujan tidak mudah menyerang.

  1. Lakukan 4M plus

Genangan air, yang menjadi tempat nyamuk demam berdarah bertelur, sangat mudah ditemukan saat musim hujan. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan gerakan 4M plus sebagai berikut:

  • Menguras dan menutup wadah air dan bak mandi.
  • Mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
  • Memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk.
  • Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memelihara ikan, dan lainnya.
  1. Konsumsi makanan sehat

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, konsumsilah makanan bergizi lengkap dan seimbang. Pastikan Anda mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang cukup.

“Hindari makan di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Apalagi jajanan yang dijual berada di dekat lokasi saluran pembuangan dan air yang tergenang,” saran dr. Karin.

  1. Menggunakan pakaian hangat

Musim hujan bikin badan mudah kedinginan. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan pakaian yang hangat seperti jaket, sweter, baju lengan panjang, dan celana panjang.

  1. Tidur cukup

Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh. Waktu tidur yang ideal agar tubuh beristirahat dengan optimal adalah 7-8 jam dalam sehari.

Mudah, ya? Lima tips di atas bisa membantu Anda menjaga tubuh tetap sehat dan bugar jelang dan saat musim hujan. Imbangi dengan olahraga secara rutin serta konsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh bila perlu sesuai dosis. Semoga Anda dan keluarga bisa melewati musim hujan tahun ini tanpa terganggu dengan penyakit (dan banjir), ya!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar