Sukses

Tingkatkan Kebugaran Anda dengan 7 Cara Ini

Ada banyak cara untuk meningkatkan kebugaran tubuh tanpa harus daftar jadi anggota gym. Apa saja? Simak selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kebugaran tubuh saat menghadapi aktivitas yang padat adalah sebuah keharusan. Dengan kondisi tubuh yang bugar dan sehat, pergerakan tubuh jadi lebih fleksibel dan Anda pun dapat terlindungi dari ancaman penyakit. Jika ingin tubuh senantiasa bugar, Anda perlu memiliki gaya hidup dan kebiasaan sehat yang dilakukan secara konsisten.

Jangan ciut dulu, mendapatkan tubuh bugar tak harus berlatih sekeras atau diet seketat para atlet Asian Games. Dilansir dari laman Real Simple, ada beberapa cara yang bisa Anda jadikan kebiasaan sehat untuk mendapatkan tubuh bugar.

1. Rutin berolahraga

Tak perlu lama-lama, olahraga secara singkat juga dapat menjaga kebugaran tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang melakukan 4-6 kali sprint selama 30 detik tiap sesinya memperoleh manfaat kesehatan jantung yang sama dengan orang yang melakukan latihan fisik moderat selama 40-60 menit.

2. Jadikan rumah menjadi tempat yang lebih bugar

Demi melatih kelenturan otot, letakkan dumbel tak jauh dari kompor atau microwave, lalu pergunakan saat Anda sedang memasak atau memanaskan makan malam. Bisa juga dengan menempatkan karpet yoga dekat tempat tidur sehingga Anda dapat melakukan yoga atau meditasi sebelum istirahat. Ide lainnya? Gantung tali resistensi di gagang pintu kamar mandi dan berlatihlah selagi menunggu air dalam bathub terisi.

3. Manfaatkan teknologi untuk berolahraga

Sekarang ada banyak sekali aplikasi yang berkaitan kesehatan di smartphone yang bisa diunduh. Mulai dari diet, latihan fisik tertentu, aplikasi untuk berhenti merokok, termasuk olahraga. Bahkan, beberapa aplikasi telah didesain dengan baik yang dilengkapi dengan arahan instruktur kompeten untuk membimbing Anda.

4. Berolahraga di depan cermin

Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang melihat dirinya sendiri saat berolahraga seperti treadmill atau senam aerobik, bakal lebih termotivasi untuk mencapai titik kebugaran maksimal. Dengan cara ini, rutinitas latihan pun jadi terasa lebih mudah.

5. Dengarkan musik dengan beat energik

Saat berolahraga, Anda disarankan untuk sambil mendengarkan musik dengan tempo cepat sehingga tubuh pun akan mengikuti. Plus, menurut sebuah studi, berolahraga sambil mendengarkan musik dengan beat cepat dapat meningkatkan durasi latihan hingga 15 persen.

6. Pastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin ini

Kebugaran tubuh tentunya memerlukan dukungan dari nutrisi. Berdasarkan anjuran dari dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, pastikan untuk mendapatkan asupan vitamin D yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, serta zink yang tak hanya bagus untuk imunitas, tapi juga baik untuk saluran cerna.

7. Perbanyak air putih

“Biasakan diri untuk membawa botol air putih ke mana pun Anda pergi. Peran air putih sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, dengan membantu Anda mendapatkan energi yang cukup seharian. Jumlah konsumsi air putih yang direkomendasikan per hari adalah 1,5 liter,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Nah, ketujuh cara untuk meningkatkan kebugaran tubuh yang disebutkan di atas tidak sulit untuk dilakukan, bukan? Kombinasikan olahraga secara teratur, pola makan sehat, serta istirahat cukup supaya tubuh senantiasa bugar. Dengan demikian, Anda pun tetap dapat produktif sepanjang hari!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar