Diet dan Nutrisi

Manfaat Sehat Mengonsumsi Sayuran Berwarna Ungu

dr. Muhammad Isman S, 12 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada sejumlah manfaat kesehatan di balik kebiasaan mengonsumsi sayur berwarna ungu. Ini 8 manfaat sayuran berwarna ungu yang perlu kamu tahu.

Manfaat Sehat Mengonsumsi Sayuran Berwarna Ungu

Mengonsumsi sayur beraneka warna dianjurkan dalam penerapan diet sehat. Salah satu jenis yang direkomendasikan adalah sayuran berwarna ungu.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), sayuran yang berwarna ungu banyak mengandung antosianin. Antosianin adalah antioksidan yang bermanfaat mencegah penyumbatan maupun kerusakan pembuluh darah.

Selain itu, kandungan gizi atau nutrisi dari sayuran berwarna ungu lebih kaya dan bervariasi daripada sayuran hijau. Misalnya, kubis ungu dikenal memiliki 36 jenis antioksidan berbeda dan memiliki 6-8 kali vitamin C lebih banyak daripada kubis hijau.

Di bawah ini manfaat sayuran berwarna ungu yang perlu kamu tahu.

1. Mencegah Penyakit Lambung

Salah satu manfaat sayuran berwarna ungu adalah mencegah penyakit lambung. Sebuah penelitian menemukan bahwa antosianin membantu mengurangi pembentukan tukak lambung.

Para peneliti meyakini antosianin mencegah oksidasi dan meningkatkan aktivitas antioksidan penting yang ada di dalam tubuh, seperti glutathione. Kandungan ini dianggap dapat melindungi lambung dan mengurangi risiko luka pada lambung yang bisa menimbulkan keluhan, berupa nyeri ulu hati.

Artikel Lainnya: Yuk, Kenali Manfaat Buah dan Sayur Berwarna Ungu bagi Kesehatan

2. Menangkal Masalah Kemih

Kembang kol ungu, wortel ungu, dan kubis ungu dapat menangkal gangguan pada sistem perkemihan. Antosianin dapat mencegah ulkus dan peradangan yang disebabkan oleh H. pylori, bakteri yang mencetuskan mag dan penyakit perkemihan, seperti limfoma kandung kemih.

Selain berperan membantu melindungi saluran kemih, nutrisi di dalam sayuran ungu juga dianggap dapat mencegah peradangan pada saluran pencernaan.

3. Menurunkan Kolesterol

Bersahabat dengan Kolesterol

Sayuran ungu baik untuk jantung karena memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 13 persen. 

Perlu kamu tahu, peningkatan kadar LDL bisa memicu pembentukan plak di dinding arteri. Kondisi ini berbahaya karena dapat menghalangi aliran alami darah ke jantung dan seluruh tubuh sehingga membuat kamu berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Di sisi lain, manfaat sayuran ungu bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi membersihkan kolesterol di arteri. Peningkatan HDL bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Berpotensi Melawan Sel Kanker

Sejumlah peneliti menduga bahwa kandungan dalam sayuran berwarna ungu, yaitu resveratrol dapat mematikan sel kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker hati, dan kanker paru.

Efek perlindungan terhadap keganasan juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi ubi jalar ungu. Ubi jalar ungu diduga ampuh melindungi kamu dari risiko terjangkit kanker usus besar.

5. Diduga Bisa Kurangi Risiko Peradangan Kronis

Risiko Alzheimer

Antosianin membantu mengurangi peradangan kronis. Peradangan kronis adalah salah satu penyebab utama dari penyakit Alzheimer, penyakit jantung, asma, alergi, radang sendi, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Kandungan senyawa antiperadangan pada sayuran berwarna ungu diduga dapat membantu mencegah dan mengatasi reaksi peradangan yang mungkin ditimbulkan di dalam tubuh.

6. Baik untuk Otak

Antosianin dalam sayuran ungu diduga dapat melindungi kemampuan ingatan. Menurut penelitian yang diterbitkan Archives of Pharmacal Research, manfaat antosianin dapat membantu mencegah penurunan sistem saraf akibat pertambahan usia.

Pada gilirannya, manfaat ini baik untuk melindungi kemampuan ingatan kamu.

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman Ini Efektif untuk Daya Ingat Anda

7. Berpotensi Mencegah Penyakit Kronis

Tips Diabetesein Selama Ramadhan

Terong adalah sayuran berwarna ungu yang kaya antioksidan. Sebuah studi yang dimuat Phytotherapy Research, mengungkapkan bahwa terong mengandung banyak antioksidan flavonoid.

Antioksidan adalah salah satu komponen penting di dalam tubuh yang berperan melawan radikal bebas. Memiliki cukup kadar antioksidan, bisa membantu mengurangi risiko mengidap penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

8. Baik untuk Penderita Diabetes

Kebiasaan mengonsumsi terong diduga bisa membantu mengurangi risiko komplikasi penyakit diabetes. Selain kaya akan antioksidan, sayur berwarna ungu ini juga rendah gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Meski begitu, bagi kamu pengidap diabetes pastikan untuk mengolah terong dengan tepat, ya! Agar terhindar dari faktor lain yang dapat memperburuk gejala penyakit metabolik.

Kini, kamu sudah tahu 8 manfaat sayuran berwarna ungu bagi tubuh, bukan? Tidak ada salahnya untuk menambahkan sayur berwarna ungu ke dalam menu harian.

Agar manfaatnya bisa diperoleh secara optimal, olah sayuran ungu dengan cara dikukus atau dipanggang. Cara ini membantu menjaga kandungan antosianin dalam sayuran ungu.

Lebih baik lagi, terapkan rainbow diet, yaitu pola makan yang mengombinasikan ragam bahan makanan dengan warna alami, mulai dari merah, ungu, biru, kuning, jingga, hijau, dan putih.

Tak lupa, #JagaSehatmu dengan memperhatikan keseimbangan gizi dari setiap makanan yang dikonsumsi agar dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Dapatkan informasi seputar manfaat nutrisi dalam makanan dengan download aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai diet sehat melalui fitur tanya dokter online di KlikDokter

(ADT/JKT)

Sayur-sayuran

Konsultasi Dokter Terkait