Sukses

Manfaat Sehat Mengonsumsi Sayuran Berwarna Ungu

Dalam penerapan pola makan sehat, kita dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah dalam berbagai warna. Salah satunya adalah sayuran berwarna ungu.

Dalam penerapan diet sehat, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah aneka warna. Setiap warna dari sayur maupun buah mengandung nutrisi yang berbeda.

Sayuran hijau dikenal memiliki kandungan vitamin K dan folat yang tinggi, sedangkan sayuran kuning atau oranye kaya akan beta-karoten dan vitamin C. Selain dua warna tersebut, Anda juga direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran berwarna ungu.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sayuran ungu memiliki banyak manfaat karena mengandung antosianin. Antosianin diketahui dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan pada molekul vital.

Sayuran ungu dikatakan lebih bermanfaat daripada sayuran hijau. Misalnya, kubis ungu dikenal memiliki 36 jenis antioksidan berbeda dan 6-8 kali lebih banyak vitamin C daripada kubis hijau. Nah, jika Anda memperbanyak konsumsi sayuran berwarna ungu, manfaat kesehatan inilah yang akan didapat:

1 dari 4 halaman

1. Mencegah Penyakit Lambung

Salah satu manfaat sayuran berwarna ungu ialah mencegah penyakit lambung. Sebuah penelitian menemukan bahwa antosianin membantu mengurangi pembentukan tukak lambung.

Para peneliti percaya bahwa antosianin mencegah oksidasi dan meningkatkan aktivitas antioksidan penting lainnya, seperti glutathione yang secara alami ada di tubuh Anda.

Kandungan ini dianggap dapat melindungi lambung dan menurunkan risiko luka pada lambung, yang bisa menimbulkan keluhan berupa nyeri ulu hati.

Artikel Lainnya: Yuk, Kenali Manfaat Buah Berwarna Ungu bagi Kesehatan

2. Menangkal Penyakit Urologi

Kembang kol ungu, wortel ungu, dan kubis ungu dapat melawan penyakit urologi. Antosianin dapat mencegah ulkus dan peradangan yang disebabkan oleh H. pylori, bakteri yang mencetuskan maag dan penyakit urologi (limfoma kandung kemih).

Kandungan di dalam sayuran ungu dianggap dapat mencegah peradangan pada saluran pencernaan. Tidak hanya pada lambung, namun juga dapat membantu melindungi saluran kemih.

2 dari 4 halaman

3. Membuat Jantung Sehat

Sayuran ungu baik untuk jantung karena mereka memiliki kemampuan untuk menurunkan LDL atau kolesterol jahat hingga 13 persen. Di sisi lain, sayuran ungu juga meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Peningkatan kadar kolesterol LDL mengarah pada pembentukan plak di dinding arteri. Bahayanya, ini menghalangi aliran alami darah ke jantung dan seluruh tubuh, sehingga membuat Anda berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

Artikel Lainnya: Sayur dan Buah, Beda Warna Beda Khasiat

4. Melawan Sel Kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol – kandungan dalam sayuran berwarna ungu -- dapat menyebabkan kematian sel kanker pada kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker hati, dan kanker paru.

Selain itu, ubi jalar ungu memiliki kemampuan ampuh untuk melindungi Anda dari kanker usus besar.

3 dari 4 halaman

5. Memiliki Kandungan Antiinflamasi

Antosianin membantu mengurangi peradangan kronis yang merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit Alzheimer, penyakit jantung, asma, alergi, radang sendi, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Dengan konsumsi sayuran berwarna ungu, kandungan di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi reaksi peradangan yang mungkin ditimbulkan di dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Konsumsi Buah dan Sayuran Berwarna Bisa Perlambat ALS

6. Baik untuk Otak

Ubi jalar ungu diketahui memiliki efek meningkatkan memori. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Pharmacal Research, antosianin membantu mencegah penurunan sistem saraf yang berkaitan dengan usia terkait memori.

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja manfaat sayuran berwarna ungu bagi tubuh. Tidak ada salahnya untuk menambahkan sayur dan buah berwarna ungu ke dalam menu harian.

Metode pengolahan terbaik adalah dengan cara dikukus atau dipanggang, sehingga asupan antosianin bisa Anda dapatkan secara optimal karena sifatnya yang larut dalam air.

Lebih baik lagi, jangan hanya memfokuskan pada sayuran ungu. Tetap terapkan rainbow diet, yaitu mengombinasikan ragam bahan makanan dengan warna alami sehingga tampak seperti warna pelangi, mulai dari merah, ungu, biru, kuning, jingga, hijau, dan putih.

Perhatikan keseimbangan gizi dari setiap makanan yang kita konsumsi dan olahlah dengan cara yang tepat, sehingga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan dan gaya hidup hanya di aplikasi KlikDokter. 

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar