Sukses

Tips Miliki Stamina Tubuh ala Atlet Voli Putri Aprilia Manganang

Atlet voli putri Aprilia Manganang ramai diperbincangkan karena smes-smes tajamnya. Ini rahasia stamina tubuhnya selama pertandingan.

Klikdokter.com, Jakarta Bodi kekar dan smes yang tajam membuat Aprilia Manganang terlihat mencolok di antara atlet voli putri Indonesia lainnya. Di balik tubuhnya yang macho, Aprilia Manganang memiliki stamina yang luar biasa.

Pada pertandingan Asian Games, Senin (27/8) lalu, wanita berdarah Sulawesi ini bahkan membuat atlet Thailand kelabakan dalam menampik bola yang dipukulnya. Selain latihan, stamina tubuh bisa diperkuat dengan asupan makanan yang tepat.

Stamina layaknya seorang pria

Perawakannya yang tomboi membuat Aprilia Manganang menjadi pusat perhatian. Wanita penggemar serial Korea ini bahkan pernah mendapat larangan untuk mengikuti pertandingan voli putri di ajang SEA Games 2015 karena status gendernya dipertanyakan.

Hal ini terjadi karena perwakilan dari Filipina yang meragukan gendernya setelah menyaksikan Aprilia berlaga. Pukulan yang keras dan lompatannya yang tinggi membuat pelatih tim Filipina, Roger Goyareb, memintanya melakukan uji kelamin. 

Untungnya, komite kesehatan SEAF (Federasi SEA Games) menolak permintaan tim Filipina tersebut. Menurut mereka, dokumen kesehatan yang diberikan tim Indonesia telah cukup membuktikan bahwa Aprilia memang berjenis kelamin wanita.

Kasus atlet Indonesia yang dipertanyakan status gendernya bukan hanya dialami oleh Aprilia Manganang.

Sebelumnya, hal serupa juga pernah menerpa Sukarnah, atlet lempar lembing putri pada Asian Games tahun 1958 di Tokyo dan Voni Noviana, atlet lari yang pemberian medali emasnya harus dibatalkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur pada 2011, karena alasan gender yang dipertanyakan.

Dengan stamina yang luar biasa tersebut, Aprilia berhasil mendapatkan berbagai penghargaan pemain terbaik, salah satunya adalah sebagai The Best Spiker di ajang VIV Cup 2017 di Vietnam.

Selain menjadi seorang atlet, ternyata Aprilia juga merupakan anggota TNI AD (Angkatan Darat). Beberapa tahun lalu ia bergabung dengan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) dan berpangkat Serda (Sersan Dua). Tak heran, selain bertubuh macho, ia juga memiliki stamina yang teruji.

1 dari 2 halaman

Makanan untuk tingkatkan stamina

Untuk mendapatkan kekuatan tubuh dan stamina yang prima seperti Aprilia Manganang, asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh harus dikontrol. Meski menggemari sup buntut, setiap menjelang pertandingan, Aprilia mengaku menjaga makan dan mengonsumsi suplemen agar tubuhnya tetap bugar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa menu yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan tubuh yang kuat seperti Aprilia Manganang:

1. Oatmeal

Kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya lebih baik daripada beras ataupun jagung. Oatmeal dengan vitamin B dan antioksidan akan  membantu atlet selalu merasa berenergi.

Dijelaskan oleh dr. Alvin Nursalim kepada KlikDokter, untuk mengolah oatmeal, Anda dapat mencampurkannya dengan susu hangat, buah segar, ataupun yoghurt. Dengan demikian, Anda bisa tetap makan enak dan sehat.

2. Kale

Sayuran hijau ini mengandung vitamin A, K, dan B6 dengan kadar yang cukup tinggi. Selain itu, karoten dan flavonoid di dalamnya juga merupakan antioksidan alami terbaik.

Menurut dr. Fitri Juniarta dari KlikDokter, beta-carotene, lutein, dan zea-xanthin akan memberikan perlindungan terhadap mata dan mencerahkan pandangan. Bagi atlet voli seperti Aprilia Manganang, mata adalah aset penting yang harus dijaga agar dapat mengawasi pergerakan lawan.

3. Susu

Menurut situs kesehatan Livestrong.com, susu rendah lemak dan tinggi protein akan membantu kepadatan tulang para atlet dan membuat massa ototnya menjadi lebih baik.

4. Pisang

Sebagai salah satu makanan sebagai sumber tenaga yang sangat baik, buah pisang juga dapat mencegah atlet mengalami kram otot. Bahkan, menurut Sports Dietitians Australia, pisang yang dipanggang sangat bagus untuk dikonsumsi sebelum pertandingan untuk meningkatkan kekuatan otot.

5. Ikan salmon

Dijelaskan pada situs active.com, sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3, ikan salmon juga mengandung vitamin B12 dan B6 yang dapat meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh.

Memiliki stamina tubuh yang kuat layaknya seorang pria juga bisa dimiliki wanita, terutama atlet wanita. Kuncinya, olahraga rutin dan asupan yang mendukung kekuatan tubuh. Anda ingin punya tubuh kuat seperti Aprilia Manganang? Jangan lupa sertakan berbagai menu di atas ke dalam asupan harian Anda, ya!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar