Sukses

Benarkah Kopi Bermanfaat bagi Atlet?

Bagi para atlet, minum kopi menjelang pertandingan ternyata membawa banyak manfaat. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Kopi menjadi minuman yang sepertinya tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hal ini tak hanya berlaku untuk orang pada umumnya, namun juga untuk atlet yang sedang bertanding di Asian Games 2018.

Faktanya, kopi ternyata bisa membuat atlet mendapatkan stamina lebih menjelang pertandingan. Untuk ini, kopi perlu dikonsumsi dengan kondisi dan takaran yang disesuaikan.

Manfaat kopi untuk atlet

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, minum kopi sebelum melakukan suatu aktivitas olahraga memang benar-benar dapat meningkatkan stamina. Selain itu, kopi juga bisa mendatangkan manfaat sehat berikut ini:

1. Mengurangi nyeri otot

Kandungan kafein yang sangat dominan dalam kopi ternyata bisa memengaruhi bagian otak yang mengatur rasa nyeri. Hal ini dapat mengurangi sensasi nyeri yang dirasakan saat berolahraga. Fakta medis menyebutkan bahwa kafein dapat mengurangi keluhan nyeri otot hingga 50 persen.

Atas dasar itu, beberapa pakar kesehatan di bidang olahraga menyarankan para atlet agar mereka lebih memilih kopi daripada minuman berenergi untuk dikonsumsi sebelum pertandingan.

2. Meningkatkan ketahanan tubuh

Menurut dr. Sepri, minum kopi dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak mudah lelah ketika olahraga.

“Minum kopi memungkinkan Anda melakukan olahraga lebih lama dari yang biasanya,” ungkapnya.

3. Membakar lebih banyak kalori

Soal membakar kalori, hal ini berhubungan dengan manfaat kopi seperti yang disebutkan di atas. Kebiasaan minum kopi sebelum berolahraga membuat Anda tidak cepat lelah dan lebih jarang mengalami nyeri otot, sehingga dapat melakukan olahraga lebih lama. Sebagai dampaknya, jumlah kalori yang dibakar pun menjadi lebih besar.

Untuk mendapatkan manfaat di atas, dr. Sepri mengatakan bahwa kopi sebaiknya dikonsumsi tanpa tambahan krimer, susu, maupun gula.

“Benar-benar kopi yang murni. Jadi jangan kaget kalau rasanya sangat pahit,” jelas dr. Sepri.

Lebih lanjut, dr. Sepri menyarankan bahwa kopi sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum berolahraga atau bertanding. Ini karena tubuh memerlukan waktu sekitar 30–45 menit untuk memproses kafein, dan efeknya baru akan mencapai puncak dalam jangka waktu satu jam.

Manfaat kopi lainnya

Terlepas dari atlet atau bukan, kopi murni yang diminum secara rutin dan teratur ternyata juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang dimaksud, antara lain:

● Menurunkan risiko kanker

Kopi mengandung senyawa antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya kanker. Studi menyebutkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan minum kopi memiliki risiko 26 persen lebih kecil untuk mengalami kanker kolorektal.

● Jantung sehat

Kafein pada kopi disinyalir mampu membuat jantung lebih sehat. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang menyatakan bahwa kopi dapat menurunkan frekuensi fibrilasi atrium (penyakit gangguan irama jantung) hingga 13 persen.

● Mencegah diabetes

Mengonsumsi kopi dengan jumlah dan cara yang tepat secara teratur dapat memperkecil risiko penyakit diabetes melitus tipe 2. Ini karena kopi mengandung senyawa kromium, yaitu mineral yang membantu tubuh memaksimalkan produksi insulin untuk mengatur kadar gula darah di dalam tubuh

Mengetahui adanya manfaat di atas, tak ada salahnya bila seorang atlet Asian Games atau orang pada umumnya ingin menjadikan kopi sebagai minuman pelengkap hari. Tetap ingat untuk hanya mengonsumsi kopi murni tanpa tambahan gula, krimer, susu maupun gula, agar manfaatnya benar-benar terasa.

[NB/ RVS]

1 Komentar

  • Muhamad Wahyudi

    edikit tambahan manfaat dari kopi hitam https://akurat.co/gayahidup/id-253042-read-8-manfaat-kopi-hitam-untuk-kesehatan-yang-jarang-orang-ketahui, semoga bermanfaat