Sukses

Mengungkap Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil

Ingin coba susu almond sebagai alternatif susu sapi? Ini manfaatnya bagi Anda para ibu hamil!

Klikdokter.com, Jakarta Ibu hamil memerlukan banyak vitamin dan mineral untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Berbagai komponen tersebut dapat ditemukan dalam asupan sehari-hari, termasuk susu. Salah satu pilihan susu yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah susu almond.

Berbicara tentang susu, minuman yang satu ini memang terkesan menjadi sesuatu yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Itu karena susu kaya akan berbagai zat gizi penting, yang turut menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Susu almond, apa manfaatnya?

Susu almond (almon) adalah salah satu asupan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, apalagi  bila wanita tersebut punya alergi susu sapi atau seorang vegetarian.

Susu almon merupakan hasil dari perasan kacang almon yang dihaluskan dengan air. Susu jenis ini tidak mengandung protein susu dan laktosa, meski bentuk dan namanya mengandung kata “susu”.

Susu almon memiliki kandungan gizi hampir serupa dengan yang ada pada kacang almon, yaitu kaya akan vitamin E dan riboflamin. Bedanya, susu almon memiliki kadar zat gizi yang lebih sedikit lantaran telah melewati berbagai proses hingga akhirnya berbentuk susu.

Meski demikian, susu almon kemasan yang diproduksi massal dan dijual bebas di pasaran biasanya telah mendapatkan tambahan gizi penting lainnya, seperti kalsium, vitamin A, dan vitamin D. Ini berarti, jika Anda membuat sendiri susu almon di rumah, kandungan gizinya tidak akan mengalami banyak perubahan seperti produk susu almon yang dijual di pasaran.

 

1 dari 2 halaman

Manfaat susu almon bagi ibu hamil

Bagi ibu hamil, susu almon dapat menyumbang asupan beberapa kebutuhan makronutrisi dan mikronutrisi. Karenanya, susu jenis ini bisa mendatangkan beberapa manfaat berikut ini:

  • Energi tambahan

Walau tak banyak, susu almon mengandung karbohidrat dan protein yang bisa membantu menyuplai energi untuk ibu. Dengan adanya zat gizi tersebut, pertumbuhan maupun perkembangan janin juga bisa berlangsung dengan baik.

  • Memelihara fungsi jantung

Kandungan vitamin E dan antioksidan pada susu almon dapat membantu memelihara fungsi jantung ibu hamil, sekaligus mencegah stres oksidatif akibat radikal bebas yang meningkat seiring bertambahnya usia kandungan.

  • Mencegah diabetes gestasional

Kandungan gula rendah alami pada susu almon dapat menghindarkan ibu hamil dari gangguan diabetes gestasional (diabetes yang muncul saat kehamilan). Di samping itu, susu ini juga dapat menjadi alternatif yang baik bagi ibu hamil yang tidak bisa atau harus menghindari konsumsi susu sapi, baik akibat alergi atau alasan lainnya.

Meski memiliki manfaat di atas, susu almon ternyata juga punya sisi yang kurang baik. Hal ini terkait dengan kandungan yodium pada susu almon yang lebih rendah. Padahal, yodium itu sendiri sangat penting bagi ibu hamil untuk memelihara fungsi tiroid dan produksi hormon-hormon yang mendukung kehamilan.

Secara keseluruhan, tak ada salahnya jika Anda ingin menjadikan susu almond (almon) sebagai alternatif susu sapi selama kehamilan. Namun, Anda dianjurkan untuk mengombinasikan konsumsinya dengan makanan sehat dan bergizi seimbang. Dan, jika Anda memiliki riwayat alergi kacang, akan lebih baik jika susu almond dihindari sama sekali. Anda tak ingin reaksi alergi tiba-tiba muncul di tengah kehamilan, bukan?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar