Sukses

3 Penyakit Berbahaya Ini Muncul Akibat Asam Urat Anda Tinggi

Penyakit asam urat jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan gangguan kesehatan lain. Kenali penyakit apa saja yang bisa timbul.

Klikdokter.com, Jakarta Asam urat adalah kristal yang merupakan produk akhir dari metabolisme pemecahan purin yang berasal dari sel hidup. Purin ini biasa terdapat dalam sayur, buah dan kacang-kacangan, maupun dari hewan (daging, jeroan). Setiap manusia memiliki asam urat dalam tubuhnya. Namun, kadar asam urat bisa meningkat dan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Penyebab asam urat tinggi

Asam urat yang terdapat pada tubuh akan meningkat jumlahnya pada kondisi tertentu. Berikut ini adalah berbagai penyebab dari kadar asam urat yang tinggi:

● Pola makan

Kadar asam urat bisa tinggi disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi, seperti daging jeroan, serta beberapa contoh sayuran hijau seperti asparagus, bayam, dan minuman beralkohol. Saat mencerna makanan yang mengandung purin, tubuh akan menghasilkan asam urat sebagai hasil metabolisme akhir.

● Obat-obatan

Seorang yang sedang menggunakan obat-obatan tertentu juga berpotensi mengalami peningkatan kadar asam urat. Obat-obatan yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi adalah obat penurun tekanan darah tinggi jenis ACE-inhibitor, beta-blocker dan penggunaan diuretik.

● Genetik

Seorang dengan riwayat keluarga yang memiliki kadar asam urat tinggi memiliki risiko lebih besar untuk mengalami hal yang sama. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh genetik terhadap tingginya kadar asam urat.

1 dari 2 halaman

Bahaya asam urat tinggi

Banyak orang mengkhawatirkan terjadinya peningkatan kadar asam urat pada tubuh. Hal ini dikarenakan tingginya asam urat dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti:

1. Batu ginjal

Penyakit ginjal yang disebabkan oleh asam urat atau penumpukan kristal urat dapat terjadi melalui beberapa mekanisme yang berbeda. Pada mekanisme yang pertama, kadar kristal urat yang tinggi dapat mengendap pada jaringan ginjal dan pada akhirnya menyebabkan cedera langsung pada ginjal. Selain itu, kadar asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan pengendapan dan membentuk batu ginjal, sehingga terjadi gangguan aliran pada ginjal 

2. Gout

Gangguan kesehatan ini merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan akut dari sendi dan biasanya terjadi pada sendi jempol kaki. Penyakit gout dapat muncul dalam berbagai bentuk, walaupun yang paling umum timbul adalah dalam bentuk perangan sendi. Rasa nyeri biasanya muncul pada malam hari, yang ditandai dengan penurunan suhu tubuh.

3. Penyakit jantung dan pembuluh darah

Seorang dengan penyakit gagal jantung dan kadar asam urat yang tinggi memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Karena itu, orang dengan penyakit jantung selalu disarankan untuk memeriksakan kadar asam uratnya.

Kadar asam urat yang tinggi pada kenyataannya dapat menggiring Anda ke gangguan kesehatan lain yang lebih berbahaya. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk memeriksakan kadar asam urat Anda untuk mengetahui risiko berbagai penyakit yang mungkin menghampiri. Yuk, cek kadar asam urat Anda!

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • Anil Naue

    adakah obat untuk penghacur batu ginjal, batu sya sdh berukuran 5cm apakah ada obat penghancur batu....?