Kesehatan Anak

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut si Kecil

dr. Adeline Jaclyn, 24 Jul 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rambut si Kecil yang sehat dan indah tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Benarkah lidah buaya cukup efektif untuk menjaga kesehatan rambut anak?

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut si Kecil

Saat ini banyak sekali metode yang dapat dipilih para ibu untuk membuat rambut si Kecil terlihat indah dan sehat. Tapi, belum tentu semua aman bagi anak. Salah satu metode alami yang banyak dipilih adalah penggunaan lidah buaya.

Selain untuk penampilan, rambut juga berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari. Inilah mengapa menjaga kesehatan rambut termasuk hal yang penting untuk dilakukan, terutama untuk si Kecil.

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Tak diragukan lagi bahwa tanaman ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Tapi apa saja kebaikan yang diberikan lidah buaya bagi rambut? Para ahli menemukan bahwa tanaman yang juga dikenal dengan nama aloe vera ini mengandung bahan seperti gel yang menyimpan manfaat sebagai berikut untuk rambut:

Merangsang pertumbuhan rambut

Vitamin dan mineral berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Untuk menunjang pertumbuhan rambut yang panjang dan kuat, lidah buaya mengandung vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, tanaman ini juga kaya akan mineral berupa seng, besi, dan kalsium yang menunjang pertumbuhan rambut lebih cepat dan kuat.

Membantu produksi keratin

Keratin merupakan protein rambut yang bertanggung jawab terhadap kesehatan dan pertumbuhan rambut. Pada lidah buaya terkandung 20 dari 22 asam amino esensial termasuk metionin dan lisin yang sangat efektif dalam produksi keratin.

Mencegah kerontokan

Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut.

Memperbaiki rambut yang rusak

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan rambut rusak. Hal ini dapat diminimalkan dengan penggunaan lidah buaya yang mengandung kolagen tinggi dan bersifat mendinginkan.

Kombinasi vitamin C, A dan E yang terkandung dalam tanaman ini juga membantu pergantian sel dan mendorong pertumbuhan sel yang sehat. Dengan demikian rambut yang rusak dapat diperbaiki dan rambut pun tampak berkilau.

Menenangkan kepala yang gatal

Lidah buaya telah dipakai secara tradisional untuk mengatasi kulit kepala yang berketombe karena efektif melawan kulit kering. Studi yang dilakukan pada tahun 1998 menemukan bahwa lidah buaya dapat membantu mengobati peradangan di kepala yang menjadi penyebab ketombe. Hal ini terkait dengan kandungan asam folat yang berfungsi sebagai antiperadangan.

Membersihkan rambut secara efektif

Lidah buaya dapat membersihkan folikel rambut secara efisien dan melepaskan minyak berlebih ataupun sisa-sisa produk rambut lain yang digunakan. Tenang saja, lidah buaya tidak akan melukai helai rambut si Kecil dan berbeda dengan bahan kimia yang terdapat dalam produk rambut lainnya.

Tips mengolah dan menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut

Untuk memilih tanaman lidah buaya yang akan Anda gunakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Pilih lidah buaya yang masih cukup segar dengan batang yang besar.
  • Potong bagian berwarna kuning dan cuci daun dengan air mengalir untuk menghilangkan semua sisa warna kuning yang ada.
  • Potong menjadi beberapa bagian, kurang lebih masing-masing menjadi 5 sentimeter.
  • Iris tipis lapisan paling atas. Pastikan tidak memotong gel di dalamnya.
  • Gosokkan gel pada kulit kepala dan helai rambut. Biarkan selama satu jam dan bilas dengan sampo ringan

Tidak semua orang mau melakukan perawatan rambut secara tradisional, apalagi harus meluangkan sebagian waktunya untuk melakukan aktivitas ini. Agar lebih mudah, saat ini Anda bisa memanfaatkan sampo lidah buaya khusus untuk rambut anak yang banyak ditawarkan di pasara. Pilihlah sampo yang mengandung 100 persen lidah buaya. Produk ini juga bisa menjadi pilihan alternatif yang praktis dibawa ke mana saja.

Masih punya pertanyaan seputar topik ini? Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter secara online melalui layanan Tanya Dokter.

[NP/ RH]

Perawatan RambutLidah BuayaAnakManfaat lidah buayaRambut Anak

Konsultasi Dokter Terkait