Sukses

Ini Dia Manfaat Sauna bagi Kesehatan

Anda suka dan rutin melakukan sauna? Berbahagialah karena ternyata mandi uap ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang tinggal di perkotaan atau Anda yang menjadi anggota di pusat kebugaran atau spa, mungkin sudah pernah mencoba atau terbiasa melakukan sauna. Ruangan kecil untuk mandi uap hangat dengan suhu sekitar 70 derajat Celcius ini disukai banyak orang. Tak hanya rasa nyaman yang didapat, duduk berdiam di dalam ruang sauna juga bisa membuat tubuh berkeringat dan membawa manfaat bagi kesehatan.

Rangkaian manfaat sauna bagi kesehatan

Di kalangan masyarakat modern, sauna adalah bagian dari gaya hidup yang sering dimanfaatkan untuk relaksasi, menghalau berbagai penyakit, serta diyakini kaum wanita memiliki manfaat bagi kecantikan. Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah sederet manfaat sauna bagi kesehatan.

  1. Menciptakan rasa nyaman dan relaks

Berada di dalam ruangan yang dikelilingi uap hangat akan membuat denyut jantung meningkat dan pembuluh darah di seluruh tubuh melebar. Kondisi ini akan memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Dengan aliran tubuh yang lancar, otot-otot akan mengalami relaksasi sehingga tubuh pun terasa lebih relaks dan nyaman.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi di Finlandia yang dilakukan pada 2.315 pria berusia 42-60 tahun menunjukkan bahwa orang yang rutin menggunakan sauna memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah. Dilaporkan juga bahwa melakukan sauna 2-3 kali seminggu dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 22 persen. Jika sauna dilakukan sebanyak 4-7 kali per minggu, maka kebiasaan ini akan menurunkan risiko kematian akibat sakit jantung sebesar 50 persen. Kemungkinan besar hal ini bisa terjadi karena kemampuan sauna salam menurunkan tingkat stres seseorang, sehingga risiko sakit jantung pun ikut berkurang.

  1. Melegakan pernapasan pada orang yang sedang batuk atau mengalami asma

Uap hangat dalam ruang sauna dapat membantu melebarkan jalan napas sekaligus mengencerkan dahak. Hal ini sangat bermanfaat untuk melegakan napas pada orang yang sedang mengalami infeksi saluran napas atau pada penderita asma.

  1. Mengatasi nyeri sendi

Bagi penderita rematik atau jenis radang sendi lainnya, berdiam diri di sauna terbukti efektif untuk mengurangi nyeri dan peradangan sendi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan saura dalam melancarkan sirkulasi tubuh, sehingga hormon antiperadangan juga dikeluarkan tubuh saat sauna.

1 dari 2 halaman

Apakah sauna juga bisa menurunkan berat badan?

Selain keempat manfaat di atas, banyak orang yang melakukan sauna karena iming-iming penurunan berat badan. Ternyata, ini adalah anggapan yang salah! Sauna tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Faktanya, yang terjadi saat sauna adalah berkurangnya cairan tubuh karena banyak keringat yang keluar. Berat badan memang akan berkurang, tapi sifatnya adalah sementara. Setelah Anda minum, maka berat badan akan kembali seperti semula.

Terlepas dari cukup banyak manfaat kesehatan yang dihasilkan dari sauna, ada beberapa rambu-rambu yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  1. Menghindari perubahan suhu mendadak (misalnya, setelah sauna dengan uap hangat jangan langsung berenang di air yang dingin). Perubahan suhu mendadak dapat menyebabkan perubahan tekanan darah mendadak.
  2. Sauna tidak disarankan untuk penderita gangguan ginjal karena dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi.
  3. Batasi waktu saat sauna selama maksimal 20 menit per sesi. Jika Anda baru pertama kali mencoba, batasi hanya selama 5-10 menit saja.
  4. Minumlah 300-600 mililiter air setelah sauna untuk menghindari terjadinya dehidrasi.
  5. Jangan mengonsumsi alkohol sebelum dan sesudah sauna.
  6. Bagi penderita penyakit gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan tekanan darah rendah (hipotensi), sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan sauna.

Tertarik ingin mencoba sauna pada akhir pekan ini atau sepulangnya dari kantor? Perhatikan rambu-rambunya, ya, agar Anda mendapatkan manfaat optimal dari sauna dan terhindar dari risiko yang tak diinginkan. Selamat mencoba!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar