Sukses

Tak Mau Kena Gangguan Pencernaan? Hindari 5 Makanan Ini!

Mengalami gangguan pencernaan bisa merusak aktivitas Anda. Agar tidak mengalaminya, pastikan untuk tidak mengonsumsi lima jenis makanan ini!

Klikdokter.com, Jakarta Gangguan pencernaan biasanya terjadi saat kondisi organ pencernaan Anda sedang bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik. Seseorang bisa mengalami gangguan pencernaan karena banyak hal. Salah satu penyebabnya adalah akibat mengonsumsi jenis makanan tertentu.

“Gangguan pencernaan yang paling sering terjadi adalah diare, sembelit, sakit perut, mual, muntah, dan perut kembung. Hal ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat dan peradangan pada saluran cerna,” kata dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter menjelaskan.

Gangguan pencernaan ditandai dengan beberapa gejala di bawah ini:

● Nyeri

Nyeri perut merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan. Nyeri ini dapat disebabkan berbagai gangguan pencernaan, seperti nyeri haid (dismenore), peradangan usus buntu (apendisitis), batu ginjal, batu empedu, atau sindrom dispepsia.

● Perubahan frekuensi buang air besar (BAB)

Perubahan frekuensi BAB bisa menjadi lebih sering seperti pada diare atau lebih jarang seperti pada konstipasi. Konstipasi umumnya ditandai dengan kotoran dengan konsistensi keras dan sulit dikeluarkan.

● Rasa panas pada ulu hati atau dada

Keluhan ini sering dikaitkan dengan penyakit GERD alias gastroesophageal reflux disease. Keluhan lain yang mungkin dialami adalah rasa asam pada mulut, produksi liur yang bertambah, bahkan naiknya makanan atau cairan kembali ke dalam mulut.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, pada dasarnya penderita gangguan pencernaan dituntut untuk cermat dalam memilih makanan. Jika tidak, bukan tak mungkin keluhan lain bisa menjadi semakin buruk dari hari ke hari.

1 dari 2 halaman

Jenis-jenis makanan yang harus Anda hindari

Lantas, apa saja yang harus dihindari agar tidak terkena gangguan pencernaan atau saat Anda sedang mengalami gangguan pencernaan? Berdasarkan anjuran dr. Nadia, catat lima jenis makanan ini:

1. Makanan pedas

Jika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah, atau diare, sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas. Makanan ini dapat membuat keluhan semakin parah, terlebih jika Anda memiliki sakit mag. Ini karena makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung.

2. Makanan asam

Makanan yang terlalu asam seperti jeruk, lemon, mangga muda, termasuk minuman bersoda dapat mengiritasi lapisan lambung dan memicu peningkatan asam lambung. Karena itu, sebaiknya hindari makanan dan minuman asam jika Anda sedang mengalami gangguan pencernaan.

3. Makanan berlemak

Makanan yang berlemak seperti aneka gorengan dapat merangsang kontraksi pada saluran pencernaan Anda. Alhasil, pengosongan lambung menjadi lebih lambat dan Anda akan semakin sulit buang air besar. Di satu sisi, makanan jenis ini juga dapat meningkatkan kontraksi pada saluran cerna dan membuat diare yang sedang Anda alami semakin parah.

4. Keripik dan camilan

Camilan kerap mengandung pengawet dan tinggi garam. Mengonsumsi makanan jenis ini dapat membuat rasa tidak nyaman di perut atau rasa begah. Selain itu, kandungan serat yang rendah pada makanan ini juga dapat membuat Anda susah buang air besar.

5. Susu dan produk olahannya

Bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, konsumsi susu dan produk olahannya dapat menyebabkan gejala kembung, perut begah, dan diare. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan jenis ini, beralihlah ke susu kedelai atau susu almon.

Selain dengan menghindari jenis makanan yang  di atas, Anda pun dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan di jurnal “Clinical Gastroenterology and Hepatology” menemukan bahwa aktivitas fisik bisa mengurangi atau mencegah banyak gangguan pencernaan.

Selain itu, sebisa mungkin hindaris stres karena dapat berpengaruh buruk terhadap sistem pencernaan. Tubuh akan merespons stres dengan cara mengurangi aliran darah ke perut dan menurunkan produksi enzim pencernaan, serta memperlambat proses pencernaan. Akibatnya, bisa terjadi perut kembung dan memicu konstipasi.

Adanya gangguan pencernaan dapat mengurangi produktivitas dan tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kenali dan selalu ingat jenis-jenis makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan. Yang terpenting, terapkan pola hidup sehat seperti menjauhi rokok dan alkohol yang juga dapat memberikan dampak buruk pada pencernaan Anda.

[RN/ RVS]

1 Komentar

  • Sunardi Sunardi

    Thank you on this article,because I can do preventing about the food which is forbidden and influenced of disturbance my stomach.🙏👍