Sukses

Waspada, Serangan Jantung Saat Nonton Final Piala Dunia!

Final Piala Dunia 2018 sudah di depan mata. Waspadai serangan jantung saat sedang asyik nobar!

Klikdokter.com, Jakarta Piala Dunia 2018 akhirnya sampai juga ke babak final. Malam ini Anda akan menyaksikan perebutan gelar juara antara Prancis dan Kroasia. Tegang siapa yang akan menang malam nanti? Rileks saja, tak usah terlalu serius. Menurut beberapa penelitian, euforia yang terlalu berlebihan saat nonton perhelatan olahraga bisa memicu serangan jantung!

Nonton bola dan meningkatnya detak jantung

Kejadian yang dapat menimbulkan tekanan pada sekelompok besar orang pada satu area – seperti gempa bumi, perang, dan tak terkecuali perhelatan raksasa seperti final Piala Dunia – terbukti dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang mempelajari hubungan antara perhelatan olahraga dengan kenaikan angka kematian akibat penyakit jantung.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology, peneliti mengukur frekuensi detak jantung para penonton pertandingan hoki saat pertandingan berlangsung. Hasilnya, mereka menemukan peningkatan sebesar 75% pada penonton yang menyaksikan melalui televisi, dan peningkatan hingga 110% pada penonton yang menyaksikan langsung pertandingan di arena.

Meski mudah untuk mengaitkan kenaikan risiko ini dengan gejolak emosi saat tim andalan menang atau kalah usai pertandingan, nyatanya penelitian menemukan bahwa puncak peningkatan detak jantung pada penonton pertandingan olahraga dapat terjadi di momen manapun selama pertandingan.

Harap-harap cemas menanti pemain tim andalan Anda membuahkan sebuah gol yang cantik? Ini bisa menjadi momen kritis dimana detak jantung Anda meningkat drastis sekaligus meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung.

1 dari 2 halaman

Risiko serangan jantung dan momen pertandingan

Pada sisi lain, penelitian yang berkonsentrasi pada Piala Dunia tahun 1998 menunjukkan adanya peningkatan jumlah pasien gawat darurat di Inggris akibat gangguan jantung. Bahkan, peningkatan ini terjadi hingga 2 hari pasca negara tersebut kalah dari Argentina.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa walau risiko serangan jantung dapat meningkat pada berbagai momen saat menonton pertandingan, yang menjadi risiko tertinggi tetap adalah rasa kecewa dan gejolak emosi saat tim andalan kalah pada sebuah pertandingan penentuan yang penting.

Tentu tak dimungkiri, banyak faktor lain yang juga dapat berkontribusi terhadap meningkatnya risiko serangan jantung ini. Faktor-faktor risiko tersebut misalnya riwayat kurang tidur pada malam-malam sebelumnya, pola makan yang buruk, tingginya konsumsi alkohol dan merokok, serta adanya risiko penyakit jantung sebelumnya.

Melihat hasil-hasil penelitian di atas, risiko serangan jantung saat menonton pertandingan yang seru seperti final Piala Dunia sangat perlu diperhatikan. Jagalah pola hidup sehat, terutama menjelang hari pertandingan. Kendati Anda hanya menjadi penonton, tak berarti Anda tak perlu menjaga kondisi tubuh. Faktanya, memelihara kesehatan penting supaya Anda tetap fit dan nyaman saat menyaksikan pertandingan yang sudah ditunggu-tunggu.

Hindarilah konsumsi makanan tinggi lemak seperti junk food, alkohol, dan merokok. Anda juga dapat menjadikan perhelatan akbar Piala Dunia ini sebagai motivasi untuk rutin berolahraga. Lumayan, kan, jika tubuh sehat sekaligus six pack seperti bintang bola kesayangan Anda? Apabila Anda telah memiliki faktor risiko atau riwayat gangguan jantung, konsultasikan dengan dokter Anda mengenai persiapan dan obat-obatan yang diperlukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti serangan jantung.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar