Sukses

Ini Alasan Mengapa Anak Perlu Les Piano

Bermain piano sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Apa saja manfaat les piano untuk anak? Simak selengkapnya di sini.

Kita tentu tahu kalau piano adalah salah satu jenis alat musik yang menghasilkan dentingan merdu lewat tuts dan ratusan senar internalnya. Tak hanya orang dewasa, anak kecil juga bisa ikut memainkannya. Apalagi bermain piano bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasinya. Lalu adakah manfaat les piano untuk anak?

1 dari 2 halaman

Manfaat Belajar Piano untuk Anak

Tak sedikit orang tua yang melibatkan anaknya untuk lebih aktif di bidang musik, misalnya dengan memberikan les piano. Tak pelak, melatih kemampuan bermain musik seperti ini juga punya manfaat yang signifikan bagi tumbuh kembang anak.

Lewat 88 kunci dan ratusan senar internal, piano standar menghasilkan banyak suara dan nada yang unik. Menguasai sistem nan rumit ini tidak hanya menghasilkan musik yang indah. Sebuah penelitian menyebut bahwa hal ini dapat membantu anak-anak membangun keterampilan bahasa mereka.

Meskipun biaya kursus piano tidaklah murah, zaman modern kini, para orang tua berbondong-bondong mendaftarkan anak-anak mereka untuk mengikuti les piano. Belum lagi harus mengatur waktu untuk mengantar jemput anak les piano, serta menemani anak latihan piano secara berkala.

Apalagi les piano juga turut menyita waktu yang lumayan bagi anak untuk belajar pelajaran sekolah atau sekadar mengerjakan PR. Tapi tak ada usaha yang terbuang, kan?

Sebab, banyak penelitian yang telah membuktikan berbagai manfaat bermain piano. Apa saja manfaat tersebut? Simak ya.

  1. Menurunkan Waktu Bermain Gawai

Anak memang dapat belajar menggunakan gawai, namun penggunaan gawai yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi anak. Dengan bermain piano, diharapkan anak bisa mendapatkan kesibukan lain yang bermanfaat untuknya, selain bermain gawai.

  1. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Anak Anda kesulitan membaca? Piano dapat membantunya untuk meningkatkan kemampuan memori dan verbal agar anak lebih mudah belajar membaca.

  1. Mengurangi Stres

Tidak hanya orang dewasa, anak pun juga bisa mengalami stres. Stres pada anak bisa disebabkan oleh masalah akademis yang terlalu berat, masalah dalam pertemanan, di keluarga, dan lain-lain.

Studi membuktikan bahwa bermain piano dapat lebih menurunkan stres yang dialami oleh anak.

  1. Meningkatkan IQ

Berbagai studi menemukan bahwa anak yang bermain piano sejak kecil dapat membantu meningkatkan kecerdasannya, yang dibuktikan dengan peningkatan IQ.

  1. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Bermain piano dapat menstimulasi bagian otak yang berfungsi untuk belajar. Karena otak dilatih untuk multitasking, khususnya bila seorang anak terlibat aktif dalam bermusik. Banyak area otak, baik bagian kiri maupun kanan, yang akan aktif oleh stimulasi musik.

Sedangkan, belajar memainkan alat musik akan melatih anak untuk bisa fokus terhadap suatu aktivitas dalam satu periode tertentu. Hal tersebut akan bermanfaat pula di bidang lain, misalnya saat mengikuti proses belajar di sekolah..

Saraf-saraf otak pun ditemukan dapat terkoneksi dengan lebih baik dan lebih cepat, sehingga anak bisa menangkap pelajaran, berpikir, dan mengasah kemampuan dengan lebih cepat.

  1. Meningkatkan Performa Akademis

Studi menemukan bahwa aspek kognitif anak yang bermain piano seperti memori, perencanaan, dan bahasa menjadi lebih baik setelah anak bermain piano setidaknya 2,5 tahun.

Kemampuan bermain piano untuk meningkatkan IQ dan kemampuan belajar anak tecermin dari peningkatan performa akademis anak di sekolah.

Penelitian sekolah di Beijing yang melibatkan murid TK berusia 4 atau 5 tahun memberikan hasil yang menguatkan manfaat bermain piano. Percobaan ini dibagi dalam tiga kelompok berbeda.

Kelompok pertama mengambil tiga pelajaran piano 45 menit setiap minggu, satu kelompok lainnya mendapat jumlah instruksi bacaan tambahan yang sama, dan kelompok terakhir tidak melakukannya.

Setelah 6 bulan masa penelitian, hampir seluruh kelompok tidak menunjukkan perbedaan signifikan dalam pengukuran kemampuan kognitif secara umum. Namun, kelompok piano tampil lebih prima dan unggul dari segi kecerdasan.

Bahkan dibandingkan dengan rekan-rekan mereka dari kelompok lain, anak-anak yang mengambil pelajaran piano secara signifikan lebih baik dalam membedakan kata-kata yang diucapkan seseorang.

Ya, piano ternyata memengaruhi elemen penting dan kompleks dari pemrosesan bahasa.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Bermain piano terbukti dapat meningkatkan kemampuan bagian otak yang ‘bertanggung jawab’ untuk mempelajari bahasa. Berlatih piano akan mengasah dan meningkatkan kemampuan auditori atau pendengaran anak dan meningkatkan kemampuannya untuk menangkap bahasa dengan lebih cepat dan efisien.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa anak sekolah dasar yang telah berlatih piano selama 3 tahun memiliki kemampuan berbahasa dan perbendaharaan kata yang lebih baik ketimbang anak yang tidak bermain piano.

"Ada bukti bahwa paparan awal terhadap praktik piano meningkatkan pemrosesan suara tidak hanya dari musik, tetapi juga ke dalam bahasa," kata John Gabrieli, peneliti dari Massachusetts Institute of Technology. John dan rekan-rekannya memaparkan hasil penelitian mereka lewat jurnal yang diterbitkan dalam Proceedings of National Academy of Sciences.

Lebih lanjut lagi, Gabrieli menjelaskan, saat telinga anak-anak dilatih untuk membedakan nada di piano, mereka mampu menjadi lebih baik dalam menguraikan elemen kunci dari penguasaan bahasa.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Anak yang terbiasa bermain piano akan ‘dipaksa’ untuk tampil dan menerima perhatian dari banyak orang. Apabila dilakukan secara terus-menerus, hal tersebut lama-kelamaan dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

  1. Meningkatkan Jiwa Sosial

Studi membuktikan bahwa anak yang terbiasa berlatih piano memiliki kemampuan sosial (seperti saling membantu dan berbagi) yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak bermain piano.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Anak yang rajin berlatih piano akan memiliki kreativitas yang lebih tinggi, karena berlatih piano akan meningkatkan kemampuan bagian otak depan yang berhubungan dengan kreativitas dan improvisasi.

  1. Meningkatkan Kemampuan Matematika

Pelajaran matematika merupakan momok bagi banyak anak sekolah, karena dinilai rumit. Namun studi menemukan bahwa anak yang rajin berlatih piano memiliki kemampuan menangkap dan belajar matematika yang lebih cepat dibandingkan dengan anak yang tidak berlatih piano. Kemampuan spasial (ruang) juga lebih baik pada anak yang bermain piano.

Nah, itu dia serangkaian manfaat yang bisa didapatkan anak dengan bermain piano. Banyak, bukan? Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mendaftarkan anak untuk kursus piano. Namun jangan lupa, bicarakan hal ini dengan anak terlebih dahulu, ketahui keinginan dan minatnya.

Hindari memaksakan kehendak kepada anak. Apabila anak kurang berminat dengan piano, Anda bisa menawarkan alat musik lain yang mungkin ia gemari. Selamat mencoba! Jika ingin mengetahui trik parenting hingga kesehatan anak, langsung unduh aplikasi KlikDokter.

(RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar