Sukses

Tips Aman Bebas Bau Badan Tanpa Deodoran

Rasa percaya diri sering menurun lantaran mengalami bau badan? Jangan dibiarkan! Berikut ini yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan bau badan tanpa deodoran.

Tidak ada satu orang pun yang ingin memiliki bau badan tidak sedap. Anda juga, bukan? Meski tidak berbahaya, kondisi tersebut tetap dapat mengganggu aktivitas, bahkan mampu menurunkan rasa percaya diri.

Beberapa orang mengandalkan deodoran sebagai cara menghalau bau badan. Namun, tidak sedikit pula yang enggan menggunakan deodoran lantaran khawatir efeknya bagi kesehatan.

Lantas, adakah cara yang lebih aman untuk menghilangkan bau badan? Ada! Berikut hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara agar tidak bau badan meski tak pakai deodoran:

1 dari 11 halaman

1. Mandi Setiap Hari

Mandi adalah hal pertama yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan bau badan dengan cepat. 

Mandi meluruhkan keringat yang menempel, juga menyingkirkan bakteri di tubuh. Agar bau badan tak kunjung datang, pastikan untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh. 

Bersihkan pula bagian-bagian yang sering berkeringat, termasuk sela-sela tubuh. Hal  bisa membantu mencegah munculnya bau badan tak sedap.

Artikel Lainnya: Mengapa Konsumsi Antibiotik Bikin Bau Badan Menyengat?

2 dari 11 halaman

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Sabun antibakteri dapat digunakan untuk mandi ataupun mencuci tangan dan kaki. Jenis sabun ini dapat membantu menyingkirkan bakteri yang mungkin menjadi penyebab bau badan tidak sedap.

Pilihlah sabun antibakteri dengan kandungan benzoil peroksida. Jenis sabun ini lebih efektif untuk menghilangkan bau badan.

Hindari sabun berpewangi atau mengandung terlalu banyak busa, karena malah dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

3 dari 11 halaman

3. Keringkan Tubuh dengan Baik

Setelah mandi hingga bersih, pastikan Anda mengeringkan tubuh menggunakan handuk sampai benar-benar kering. 

Kulit yang kering membuat bakteri sulit berkembang biak. Dengan demikian, risiko bau badan juga bisa diminimalkan.

4 dari 11 halaman

4. Gunakan Krim Eksfoliasi pada Ketiak

Selain mandi, bagian tubuh yang mudah berkeringat juga butuh eksfoliasi. Hal ini berguna mengangkat sel-sel kulit mati, agar ketiak menjadi lebih bersih dan bebas bau. 

Anda bisa mengoleskan produk krim eksfoliasi sebanyak 1 kali dalam seminggu untuk mencegah munculnya bau tak sedap dari bagian ketiak.

5 dari 11 halaman

5. Cukur Rambut Ketiak

Banyaknya rambut pada ketiak dapat menjadi lingkungan yang bersahabat untuk pertumbuhan bakteri. 

Selain itu, rambut-rambut tersebut juga akan memperlambat proses penguapan keringat, sehingga bakteri dan bau badan terperangkap di ketiak Anda. 

Nah, dengan mencukurnya, kondisi ketiak tidak akan mudah lembap. Dengan begitu, Anda pun terhindar dari risiko bau badan tidak sedap.

Artikel Lainnya: Bagian Tubuh Ini Paling Sering Menimbulkan Bau Tak Sedap

6 dari 11 halaman

6. Pilih Pakaian dengan Bahan yang Menyerap Keringat

Pilih pakaian dengan bahan yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Bahan seperti ini memungkinkan kulit Anda untuk bernapas, karena mampu menyerap keringat dengan baik.

Dengan demikian, tubuh Anda akan cenderung kering sehingga pertumbuhan bakteri berlebih penyebab bau badan bisa dihindari.

7 dari 11 halaman

7. Kurangi Makanan Ini

Terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan produksi keringat, salah satunya makanan pedas. 

Selain itu, makanan dengan aroma menyengat, seperti bawang merah dan putih juga bisa terbawa oleh keringat. Jadi, apabila dikonsumsi berlebihan, tubuh Anda pun bisa ikut berbau tidak sedap.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut guna menghindari risiko munculnya bau badan tidak sedap.

8 dari 11 halaman

8. Kelola Stres dengan Baik

Hal lain yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan bau badan adalah dengan mengendalikan stres. 

Reaksi stres dapat membuat kelenjar keringat lebih aktif. Hal ini membuat tubuh Anda mudah lembap, sehingga pertumbuhan bakteri sulit dikendalikan. Alhasil, bau badan tak sedap tak bisa dihindari lagi.

Cobalah untuk mengelola stres dengan baik agar kelenjar keringat tidak terlalu aktif. Dengan begitu, produksi keringat juga tidak akan menjadi berlebihan.

9 dari 11 halaman

9. Botox

Cara menghilangkan bau badan secara cepat yang dapat Anda lakukan adalah dengan suntik botox. 

Cairan botox yang disuntikkan ke dalam kelenjar keringat di ketiak dapat mengurangi produksi keringat dan menghilangkan bau badan. 

Cara ini bisa menjadi solusi terbaik untuk orang dengan produksi keringat berlebih atau hiperhidrosis. 

10 dari 11 halaman

10. Operasi

Langkah terakhir yang dapat diambil sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih adalah operasi pengangkatan kelenjar keringat atau melumpuhkan saraf pengatur produksi keringat. 

Prosedur ini hanya bisa dilakukan berdasarkan pertimbangan dari dokter. Apabila Anda tertarik, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih. Apa pun cara yang dipilih, pastikan untuk lebih mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Jika butuh bantuan atau memerlukan saran lebih lanjut dari dokter, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

3 Komentar