Sukses

Tips Aman Bebas Bau Badan Tanpa Deodoran

Deodoran yang Anda gunakan bisa saja mengandung bahan-bahan berbahaya. Ada cara-cara menghilangkan bau badan yang lebih aman untuk kesehatan. Apa saja?

Bau badan tak sedap bisa jadi masalah yang mengganggu. Biasanya orang-orang menggunakan deodoran untuk menghalau munculnya bau badan. Padahal, ada cara-cara menghilangkan bau badan yang jauh lebih aman untuk kesehatan.

Sebelum muncul bau tidak sedap, biasanya diawali dengan peningkatan produksi keringat. Keringat sendiri tidak berbau, namun bagian tubuh yang berkeringat digunakan bakteri sebagai tempat berkembang biak dengan cepat. Bau badan muncul saat terjadi penguraian dari protein keratin bakteri di permukaan kulit.

Selain itu bau badan juga bisa disebabkan kondisi lain, seperti peningkatan suhu udara, cuaca yang panas, stres, dan rasa gugup. Tak hanya itu, kebersihan tubuh juga menjadi faktor penting yang perlu Anda perhatikan.

 

1 dari 3 halaman

Bahaya Penggunaan Deodoran dan Antiperspirant

Banyak orang menggunakan produk deodoran sebagai cara menghilangkan bau badan. Perlu diketahui bahwa produk deodoran mungkin tidak seaman yang Anda duga selama ini.

Artikel lainnya: Bolehkah Anak Menggunakan Deodoran?

Hal ini dikarenakan beberapa produk deodoran menggunakan parfum untuk menciptakan aroma wangi yang bervariasi. Selain itu, untuk membunuh bakteri, deodoran biasanya memasukkan zat-zat seperti etanol, paraben, propylene glycol, dan lain-lain.

Kandungan tersebut dapat terserap kulit dan masuk ke dalam tubuh. Apabila jumlah kandungan tersebut sangat tinggi di dalam tubuh, sebuah penelitian mengatakan bahwa hal tersebut berisiko menimbulkan demensia.

Peneliti juga meyakini bahwa deodoran modern membunuh banyak bakteri untuk mencegah produksi keringat berlebih.

Padahal hanya sejumlah kecil bakteri di ketiak manusia yang menyebabkan bau badan. Beberapa bakteri yang hidup di kulit manusia -- seperti pada usus, air liur, dan ketiak – sesungguhnya memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Artikel lainnya: Benarkah Penggunaan Deodoran Berlebihan Bisa Picu Impotensi?

Jika bakteri tersebut dihilangkan, justru tubuh Anda akan lebih mudah terserang penyakit. Di samping itu, kandungan bahan kimianya juga berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Berbeda dengan deodoran, produk antiperspirant biasanya mengandung aluminium klorida yang berfungsi untuk menahan produksi keringat. Sedangkan, kelenjar keringat memiliki peran penting dalam menghilangkan zat yang tidak diinginkan oleh tubuh. Hal ini sama seperti fungsi tubuh menghasilkan urine.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan tanpa Deodoran

Setelah menyimak bahaya deodoran di atas, tentunya Anda memerlukan cara lain yang lebih aman untuk untuk menghindari bau badan. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai pengganti deodoran, yaitu:

  1. Mandi setiap hari

Mandi adalah hal pertama yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan bau badan. Mandi dapat membasuh tubuh dari keringat dan juga menyingkirkan bakteri di tubuh. Mencuci sampai bersih, terutama area di mana Anda cenderung berkeringat, bisa membantu menyingkirkan bau tak sedap.

Artikel lainnya: Ketiak Hitam Akibat Deodoran, Ini Cara Memutihkannya

  1. Gunakan sabun antibakteri

Menggunakan sabun antibakteri untuk mandi ataupun mencuci tangan dan kaki sangat efektif untuk membantu menyingkirkan bakteri berbahaya dari tubuh. Sabun yang mengandung benzoil peroksida dapat menjadi pilihan Anda sebagai cara mengatasi bau badan.

  1. Keringkan tubuh dengan baik

Setelah mandi dengan bersih, pastikan Anda mengeringkan badan dengan handuk sampai benar-benar kering. Karena kulit yang kering membuat bakteri sulit berkembang biak.

  1. Gunakan krim eksfoliasi pada ketiak

Selain mandi, bagian tubuh yang mudah berkeringat juga butuh eksfoliasi. Hal ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar ketiak menjadi lebih bersih dan bebas bau. Cukup dengan mengoleskan produk krim eksfoliasi sekali dalam seminggu, dapat membantu menjauhkan bau badan dari diri Anda.

  1. Cukur rambut ketiak

Ini juga bisa menjadi cara menghilangkan bau ketiak tanpa menggunakan deodoran. Banyaknya rambut pada ketiak dapat menjadi lingkungan yang bersahabat untuk pertumbuhan bakteri.

Selain itu, rambut-rambut tersebut juga akan memperlambat proses penguapan keringat, sehingga bakteri dan bau badan terperangkap di ketiak Anda. Dengan mencukurnya, ketiak akan mudah kering dan Anda pun terhindar dari bau tak sedap.

  1. Pilih pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat

Pilihlah pakaian dengan bahan yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Bahan seperti ini memungkinkan kulit Anda untuk bernapas, karena mampu menyerap keringat dengan baik.

  1. Kurangi makanan yang dapat meningkatkan bau badan

Makanan juga cenderung meningkatkan produksi keringat, salah satunya makanan pedas. Selain itu makanan seperti bawang merah dan bawang putih juga bisa terbawa oleh keringat. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut.

  1. Kelola stres dengan baik

Hal lain yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan bau badan adalah dengan mengendalikan stres. Karena reaksi stres dapat menyebabkan kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih, maka manajemen stres dapat membantu Anda meminimalkan respons dari kelenjar keringat.

Menjaga tubuh agar terhindar dari bau badan sangatlah penting. Ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan bau ketiak tanpa menggunakan deodoran. Namun, Anda sebaiknya memilih cara yang aman untuk melakukannya.

Dan ternyata, tanpa deodoran pun Anda juga dapat terhindar dari bau badan yang mengganggu. Yuk, jaga kebersihan tubuh dan terapkan cara menghilangkan bau badan di atas agar bebas dari bau tak sedap!

(NWS/ RS)

3 Komentar