Sukses

4 Cara Meredakan Sakit Perut Akibat Gugup

Sakit perut bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini bisa muncul saat Anda merasa gugup.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak hal yang dapat memicu sakit perut, salah satunya adalah karena gugup. Rasa gugup terkadang dapat memicu rasa nyeri perut, misalnya seperti saat Anda akan melakukan presentasi atau menjelang hari penting.

Pada orang-orang yang cenderung memiliki gangguan cemas. Rasa nyeri perut dapat muncul lebih sering hingga mengganggu kualitas hidup.

Apa penyebab sakit perut saat gugup?

Saat gugup, tubuh Anda akan mengeluarkan zat adrenalin yang menyebabkan jantung berdegup lebih kencang dan aliran darah ke otot bertambah. Namun demikian, aliran darah ke saluran cerna berkurang karena sebagian besar darah bersirkulasi ke jantung dan otot.

Kurangnya aliran darah ke saluran cerna ini terkadang dapat menyebabkan mulas, kembung, dan nyeri perut. Semakin Anda gugup maka gejala nyeri yang dapat Anda rasakan semakin berat pula.

Pada orang dengan gangguan cemas, terjadi pengeluaran hormon glukokortikoid secara berlebihan. Hormon ini dapat menyebabkan penyakit lambung dan peradangan saluran cerna.

Cemas berkepanjangan juga dapat menyebabkan spasme atau ketegangan pada saluran cerna dan sekitarnya. Inilah yang dapat menyebabkan nyeri perut di saat Anda gugup.

Tips meredakan sakit perut saat gugup

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri perut akibat gugup atau gangguan cemas, di antaranya adalah:

  • Perbanyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih bermanfaat untuk menetralisir kelebihan asam lambung yang disebabkan oleh gugup. Minumlah satu hingga dua gelas air hangat jika Anda merasakan nyeri perut saat gugup.

Air hangat juga dapat mengurangi ketegangan saluran cerna, sehingga dapat membuat perut Anda lebih nyaman. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kompres air hangat pada perut untuk membantu menguranyi nyeri perut saat gugup.

  • Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Karena aliran darah ke saluran cerna berkurang saat Anda gugup, kemampuan kerja saluran cerna dalam menghancurkan makanan juga berkurang. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mudah dicerna seperti bubur, roti gandum, oat, protein, buah dan sayur, agar nyeri perut berkurang.

Hindari makanan yang sulit dicerna, misalnya makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi, makanan bergas dan makanan pedas. Karena jenis makanan tersebut justru dapat memperparah sakit perut yang Anda alami.

  • Relaksasi

Relaksasi merupakan salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi nyeri perut akibat gugup dan cemas. Relaksasi dapat kembali menyeimbangan kadar adrenalin dan glukokortikoid dalam darah, sehingga gejala sakit perut juga akan mereda. Anda dapat melakukan relaksasi dengan mendengarkan musik klasik, pijat, meditasi, mandi air hangat, aroma terapi. Selain itu Anda bisa juga membayangkan hal-hal yang menyenangkan untuk mengurangi rasa gugup dan cemas.

  • Minum obat-obatan

Bila dengan cara-cara di atas nyeri perut Anda belum berkurang, cobalah minum obat-obatan penetralisir atau penekan produksi asam lambung untuk meredakan nyeri perut. Konsultasikan dengan dokter mengenai pilihan obat yang tepat untuk Anda.

Minum obat memang dapat meredakan sakit perut lebih cepat. Namun, jangan sepelekan upaya perubahan gaya hidup untuk mengurangi nyeri perut yang berkepanjangan akibat gangguan cemas.

Nah, kini Anda telah mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara meredakan sakit perut akibat gugup. Bila rasa sakit berlanjut, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar