Sukses

Tips Agar Tak Ngantuk saat Kerja Usai Nonton Piala Dunia

Piala dunia telah dimulai. Ikuti tips ini agar tetap bisa nonton piala dunia dan tetap semangat kerja keesokan harinya.

Klikdokter.com, Jakarta Rangkaian pertandingan memperebutkan piala dunia adalah hal yang paling ditunggu banyak orang di tahun 2018. Acara yang berlangsung empat tahun sekali ini tentu membuat para pecinta bola tak bisa menahan diri untuk mengikuti setiap pertandingan, meski berlangsung pada malam hingga dini hari. Jika tidak disiasati, keluhan ngantuk, badan lemas, atau tak semangat bekerja esok harinya kerap tak bisa dihindari.

Tidak dimungkiri, memilih antara menonton piala dunia yang hanya ada empat tahun sekali dengan harus beristirahat agar bisa tetap bekerja esok hari memang menjadi pilihan yang sulit. Namun untuk hal ini, Anda tak perlu khawatir.

Anda tetap bisa menyaksikan piala dunia tanpa takut merasa ngantuk esok hari dengan melakukan tips berikut ini:

  • Berpikir

Saat membaca tips ini, mungkin Anda heran bagaimana berpikir dapat mencegah ngantuk usai begadang. Ketahuilah bahwa jika Anda memang harus menggunakan otak untuk berpikir dan bekerja, maka otak akan berusaha memberikan kompensasi akan kekurangan tidur yang terjadi. Hal ini pun telah terbukti melalui penelitian.

Dalam sebuah penelitian menggunakan pencitraan otak pada 16 orang dewasa muda yang begadang selama 35 jam, peneliti mendapatkan hasil bahwa manusia dapat menggunakan sumber daya kognitif yang normalnya tidak tergunakan saat berada dalam keadaan ‘terdesak’ akibat begadang. Hal ini akan mendukung aktivitas Anda, meskipun tentunya tidak dalam kategori normal seperti hari biasanya.

  • Olahraga

Berolahraga setelah begadang? Bukankah itu justru semakin menguras tenaga? Nyatanya tidaklah demikian. Berolahraga sebelum memulai aktivitas setelah begadang nonton piala dunia, misalnya berjalan atau jogging selama 20 menit, dapat memacu produksi energi dan memberikan Anda dorongan semangat di pagi hari. Meski pasokan energi tak akan berlangsung sepanjang hari, tapi setidaknya cukup untuk membuat Anda merasa segar dan tidak malas saat mulai bekerja.

  • Tidur siang

Cara terbaik mengatasi rasa ngantuk adalah tidur. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menebus kekurangan tidur malam adalah dengan tidur di siang hari.

Ingat, ini adalah tidur siang dan bukan tidur utama, sehingga batasi waktunya tak lebih dari 25 menit. Tidur siang yang terlampau lama, misalnya lebih dari 40 menit, akan membuat Anda merasa gusar saat bangun dan justru merasa lebih lemas lagi.

  • Makan sehat dan minum banyak

Sehabis nonton piala dunia, hindari konsumsi makanan yang justru dapat membuat Anda semakin mengantuk. Makanan ini meliputi nasi atau makanan manis tinggi gula—seperti kue atau cokelat. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah-buahan segar atau yoghurt.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kecukupan cairan tubuh dengan minum lebih banyak air putih sepanjang hari. Kurang tidur ditambah dehidrasi bukanlah hal yang baik. Selain menyebabkan lemas, hal tersebut juga menyebabkan gejala-gejala lain yang lebih buruk seperti sakit kepala hebat.

  • Tonton rangkuman pertandingan

Bagi Anda yang memiliki aktivitas penting dan membutuhkan energi 100% keesokan harinya, menonton cuplikan atau rangkuman pertandingan dapat dijadikan sebagai alternatif. Dengan ini, Anda tak perlu begadang untuk menyaksikan hal-hal penting yang terjadi saat kesebelasan jagoan berlaga di pertandingan.

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti untuk mencegah ngantuk saat bekerja akibat harus menyaksikan pertandingan piala dunia. Jangan lupa untuk selalu menjalani gaya hidup sehat agar tetap bugar meski harus begadang untuk mengikuti rangakaian pertandingan piala dunia tahun ini.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar