HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi5 Makanan Terbaik untuk Sistem Imunitas Anda
Diet dan Nutrisi

5 Makanan Terbaik untuk Sistem Imunitas Anda

Bobby Agung Prasetyo, 21 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apa pun yang kamu makan dapat berdampak pada tubuh. Demi sistem imunitas tubuh yang kuat, pastikan kamu mengonsumsi lima jenis makanan ini.

5 Makanan Terbaik untuk Sistem Imunitas Anda

Segala jenis makanan yang kamu konsumsi, cepat atau lambat memberikan pengaruh untuk tubuh. Ini bergantung pada jenis makanan, apakah makanan yang dikonsumsi mengandung gizi yang cukup atau sebaliknya. Semakin bernutrisi makanan, maka semakin menyehatkan dan baik pula manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Namun, jika yang kamu pilih adalah makanan yang tidak bernutrisi, kamu justru “mengundang” penyakit akibat sistem imunitas tubuh yang rendah.

“Makanan bergizi dengan kandungan yang seimbang diperlukan untuk menjaga berbagai fungsi tubuh dengan baik,” ujar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter. Lebih lanjut, dr. Alvin menganjurkan kamu untuk mengurangi makanan dengan kadar lemak saturasi yang tinggi.

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, pastikan kamu memilih jenis makanan yang dapat mendukung fungsi penting ini. Dilansir dari Time, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang diklaim ampuh untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

1. Lemon

Lemon kaya akan senyawa bioflavonoid yang dapat membunuh radikal bebas penyebab kanker. Lemon juga mengandung vitamin C dan mampu memenuhi setengah dari kebutuhan harianmu per satu buah. Tentu saja ini baik untuk memberikan perlindungan tubuh dari serangan virus dan infeksi penyakit.

Salah satu cara sederhana untuk memanfaatkan lemon untuk memenuhi dosis harian vitamin C adalah dengan meminum perasan lemon, baik dicampur air atau diminum langsung atau diminum dingin maupun hangat. Perasan lemon juga membuat sayuran yang dikukus terasa lebih segar dan lezat.

Artikel Lainnya: Manfaat dan Risiko Air Lemon untuk Kesuburan Pria

2. Apel

Apel kaya serat dan dapat membantu mengurangi peradangan saat mengalami infeksi. Buah yang satu ini juga mampu memberikan efek kenyang yang maksimal.

Untuk mengubah apel menjadi camilan yang lebih berenergi, iris satu buah apel dan nikmati dengan sesendok selai kacang atau mentega almon. Pilihlah apel organik, dan jangan lupa untuk mencucinya sebelum dimakan. Takut akan paparan pestisida? Jangan khawatir. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa campuran sedikit air dan soda kue mampu menghilangkan residu pestisida pada apel.

3. Sup ayam

Sup ayam diketahui dapat membantu meredakan gejala pilek. Ini kemungkinan karena kaldu hangat yang mampu mengurangi produksi lendir di hidung, sehingga pilek lebih cepat sembuh.

Cara membuat sup ayam pun tergolong mudah. Campurkan sup ayam dengan tambahan makanan padat nutrisi seperti wortel, bawang, dan rempah segar. Makanlah selagi hangat.

Artikel Lainnya: Ragam Sup yang Baik untuk Dikonsumsi Setelah Melahirkan

4. Bawang putih

Para ilmuwan percaya bahwa kandungan dalam bawang putih dapat memblokir enzim yang terlibat dalam infeksi. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menelan bawang putih dapat menangkal masuk angin.

Asupan bawang putih juga dapat menurunkan risiko kanker perut, kolon, dan esofagus. Demi meningkatkan sistem imunitas tubuh (sekaligus kelezatan makanan), tambahkan potongan bawang putih sebagai bumbu makanan.

5. Jahe

Selain direkomendasikan untuk mengobati mual, jahe memiliki sifat antiinflamasi dan tinggi antioksidan. Sebuah kajian terbaru dari 60 penelitian menemukan bahwa jahe memiliki efek menguntungkan untuk mengobati penyakit jantung, diabetes, serta dapat membantu mereka yang obesitas.

Jahe juga mengandung senyawa penunjang sistem imun seperti beta-karoten dan capsaicin. Rekomendasi cara konsumsi jahe adalah dengan mengaduknya ke dalam tumisan atau bisa juga dicelupkan ke secangkir teh hangatmu.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh secara maksimal

Berbagai macam makanan seperti buah dan sayuran lainnya turut memiliki efek yang sama untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain memperhatikan makanan, kamu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga.

“Olahraga merupakan cara ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, maka sistem imun tubuh akan menjadi lebih kuat. Peningkatan suhu tubuh saat berolahraga juga dipercaya dapat menurunkan kecepatan pertumbuhan bakteri,” kata dr. Alvin.

Selain menerapkan pola hidup sehat, seperti dengan menyertakan lima jenis makanan yang disebutkan di atas, perkuat juga sistem imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin. Agar ketahanan tubuh makin maksimal, jangan lupa untuk tidur secara cukup dan kelola stres sebaik mungkin.

Kamu juga bisa konsultasi seputar makanan yang disarankan untuk imunitas kamu atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

[RN/ RVS]

makananantioksidanvitamin Cdaya tahan tubuhSistem Imunitas Tubuh

Konsultasi Dokter Terkait