Kesehatan Umum

Cara Menggunakan Toilet Pesawat yang Aman dan Sehat

dr. Sara Elise Wijono MRes, 01 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Toilet pesawat bisa jadi sarang berkumpulnya kuman. Bagaimana cara menggunakannya dengan aman dan sehat? Simak cara menggunakan toilet pesawat di sini.

Cara Menggunakan Toilet Pesawat yang Aman dan Sehat

Toilet pesawat mungkin salah satu tempat yang paling membuat kikuk dan tak nyaman. Seperti yang Anda tahu, toilet di pesawat adalah bilik yang sangat kecil dan sempit. Ditambah, dengan adanya gerakan pesawat, membuat berdiri di dalam toilet butuh perjuangan lebih. Anda tentunya risih berada di sana lama-lama untuk buang air.

Banyak orang berusaha menghindari penggunaan kamar mandi pesawat karena merasa tidak nyaman. Namun, jika sudah kebelet atau pada kasus penerbangan jarak jauh, rasanya tidak mungkin untuk menahan buang air kecil. 

Nah, supaya tetap aman dan nyaman, penting bagi Anda untuk memperhatikan tata cara menggunakan toilet pesawat yang benar. Berikut hal-hal yang dapat Anda catat.

1. Gunakan Toilet di Saat yang Tepat

Sudah jelas bahwa penggunaan toilet harus dilakukan saat lampu indikator penggunaan sabuk pengaman di dalam pesawat dipadamkan. Selain itu, sebaiknya pergi ke toilet saat pembagian hidangan makanan dan minuman belum dilakukan oleh pramugari. Hal ini menghindari akses Anda menuju toilet terganggu, begitu pula sebaliknya.

2. Pakai Sepatu Anda

Ketika menggunakan toilet pesawat, Anda dianjurkan memakai alas kaki yang menutupi seluruh bagian kaki, misalnya sepatu. Hal ini berguna untuk melindungi kaki Anda dari paparan urine, feses, atau kotoran lainnya secara langsung saat berada di dalam toilet pesawat.

Artikel Lainnya: Tenang, Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Mudah Dilepas

Saat bepergian menggunakan pesawat, kebanyakan orang sudah memilih menggunakan pakaian yang nyaman. Tak hanya itu, ternyata pakaian yang mudah dilepas juga bermanfaat saat menggunakan kamar mandi pesawat. 

Menggunakan celana yang longgar dan mudah dilepas berguna untuk memudahkan pergerakan Anda di dalam toilet pesawat. Sebab, toilet pesawat biasanya memiliki ukuran yang relatif kecil dan sempit.

4. Minimalkan Kontak dengan Benda-benda di Toilet

Usahakan untuk mengurangi kontak langsung antara kulit Anda dengan benda-benda di toilet. Tips ini penting agar Anda dapat terhindar dari paparan kuman-kuman yang bersarang di toilet. Anda bisa menggunakan tisu sebagai pelapis sebelum memegang benda-benda di toilet.

Menurut sebuah penelitian, bakteri E. coli masih ditemukan di wastafel, gagang flush kloset, dan dudukan kloset meskipun toilet dibersihkan secara teratur. Jadi, tetaplah waspada. 

Artikel Lainnya: Bagaimana Cara Mengatasi Anak Nangis Saat di Pesawat?

5. Bersihkan Dulu Tempat Duduk Kloset

Sebelum Anda menggunakan kloset, bersihkan terlebih dahulu tempat dudukan dengan air dan tisu. Gunakan tisu yang baru. Lebih baik lagi bila Anda menyiapkan tisu basah yang mengandung alkohol untuk membersihkan dudukan kloset.

Selain itu, Anda juga dapat menjadikan tisu sebagai tatakan Anda duduk. Hal ini bertujuan untuk mencegah kontak langsung antara kulit Anda dengan dudukan kloset yang mengandung kuman. 

Pastikan Anda membersihkan kembali dudukan kloset setelah selesai menggunakannya. Bagi pria, angkatlah dudukan kloset sebelum buang air kecil agar tidak mencemarinya. 

6. Bilas Kloset Setelah Digunakan

Setelah selesai menggunakan kloset, jangan lupa untuk membilasnya. Tutup kloset sebelum menekan gagang atau tombol flush. Lakukan hal tersebut guna menghindari cipratan air yang mengandung kotoran dan kuman secara langsung.

Artikel Lainnya: Sesak Napas saat Naik Pesawat, Ini Penyebabnya 

7. Buang Tisu ke tempat sampah

Sebelum keluar dari toilet, pastikan Anda membuang semua tisu yang telah digunakan ke tempat sampah. Seluruh tisu yang dibuang harus benar-benar masuk ke tempat sampah. 

Hindari kondisi tisu masih setengah keluar dari tempat sampah atau bahkan masih tercecer. Pastikan kondisi toilet sama seperti saat Anda akan menggunakannya agar penumpang lain bisa merasa nyaman. 

8. Cuci Tangan

Selanjutnya, cucilah tangan Anda menggunakan air dan sabun. Jika sudah, keringkan tangan Anda menggunakan tisu dan buang tisu pada tempatnya. Kemudian, Anda bisa keluar meninggalkan toilet. Ingat juga untuk membuka pintu secara perlahan agar tidak mencederai orang lain yang mungkin sedang berada di sisi luar toilet. 

9. Tambahkan Penggunaan Hand Sanitizer

Saat sudah kembali ke tempat duduk, sebaiknya gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan Anda yang mungkin masih mengandung kuman saat Anda menyentuh pintu toilet terakhir kali.

Artikel Lainnya: Anak Naik Pesawat Sendiri, Ini yang Harus Dipersiapkan

10. Gunakan Air Kemasan untuk Menyikat Gigi

Satu lagi cara menggunakan toilet pesawat yang perlu diketahui, jika Anda dalam perjalanan panjang hingga mengharuskan untuk sikat gigi, gunakan air botol kemasan untuk berkumur maupun membersihkan sikat gigi Anda. Sebab, air keran di pesawat dipercaya tidak cukup higienis.

Toilet memang menjadi tempat bersarangnya kuman. Terlebih, jika toilet digunakan untuk umum seperti di pesawat. Oleh karena itu, pastikan Anda melindungi diri dari paparan kuman tersebut agar terhindar dari berbagai penyakit.

Cari tahu informasi lain mengenai tips kesehatan lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

ToiletPesawat

Konsultasi Dokter Terkait