Sukses

5 Tips Atasi Badan Lemas Usai Nonton Piala Dunia 2018

Badan lemas akibat begadang nonton piala dunia 2018 kerap tak bisa dihindari. Jangan khawatir, begini cara tepat untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Piala Dunia 2018 sebentar lagi! Bagi para peggemar sepak bola, Anda pasti sudah tak sabar menanti euforia dan keseruan yang terjadi di berbagai laga antara 32 negara peserta. Namun demikian, Anda sebaiknya jangan terlarut begitu saja. Ini karena orang-orang yang hobi menyaksikan laga sepak bola di tengah malam lebih berisiko untuk mengalami badan lemas.

Ya, badan lemas usai nonton Piala Dunia 2018 biasanya terjadi akibat begadang dan kurang istirahat. Namun Anda tidak perlu panik. Keadaan ini tentu bisa diatasi dengan cara yang mudah.

Berdasarkan ahli medis dari KlikDokter, berikut 5 tips yang bisa Anda ikuti untuk mencegah badan lemas usia nonton Piala Dunia 2018:

1. Cukupi kebutuhan cairan

Salah satu penyebab badan lemas adalah kurang minum. Sering kali, ketika Anda begadang sambil menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi, asupan cairan menjadi kurang dan tidak cukup.

“Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, ini artinya Anda perlu lebih banyak minum. Begitu juga bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi. Berbagai tanda ini bisa menjadi petunjuk bahwa Anda kekurangan cairan dan membutuhkan tambahan cairan,” ujar dr. Alvin Nursalim.

Isi kebutuhan cairan Anda dengan air putih yang cukup. Bila perlu, Anda juga bisa mengonsumsi cairan yang mengandung elektrolit seperti air kelapa murni.

2. Hindari makanan tak sehat

Jika berencana menyaksikan laga Piala Dunia dari awal hingga akhir periode, perhatikanlah segala asupan yang Anda konsumsi. Sebelum melahap sesuatu, pikirkan apakah makanan tersebut baik untuk tubuh Anda. Tak hanya jenis makanannya yang perlu dicermati, jumlah atau porsinya juga penting.

Faktanya, begadang identik dengan jajan dan makan berbagai camilan yang tidak sehat. Jika Anda masih memiliki kebiasaan itu, segera hentikan sekarang juga. Berbagai asupan yang dapat merugikan kesehatan seperti gorengan, minuman dengan pemanis buatan, dan minuman dengan kandungan kafein yang terlalu banyak harus dibatasi atau dihindari sama sekali. Selain itu, berdasarkan saran dr. Alvin, batasi pula asupan gula pada makanan maupun minuman yang Anda konsumsi.

3. Rutin olahraga

Biasakanlah berolahraga dengan frekuensi 3 kali seminggu, masing-masing 30 menit. Jika Anda rutin berolahraga, tubuh akan terasa segar dan suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, berolahraga rutin juga terbukti memberikan keuntungan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Jika Anda rutin olahraga, efek badan lemas akibat begadang menonton Piala Dunia 2018 akan sedikit berkurang. Pasalnya, berolahraga membuat tubuh Anda menjadi lebih fit dan tidak loyo.

4. Penuhi waktu tidur selama sehari

Mencukupi waktu tidur menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas akibat begadang. Anda dapat mencoba tidur siang terlebih dahulu sebelum menonton Piala Dunia 2018 pada malam nanti.

“Penelitian yang ada membuktikan bahwa tidur dengan durasi yang sesuai dapat meningkatkan kesigapan sepanjang hari. Karena itu, usahakanlah untuk tidur selama 8 jam dalam sehari,” kata dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

5. Hindari gula dan karbohidrat

Selama begadang, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula maupun karbohidrat. Makanan tersebut dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah dalam waktu singkat, yang membuat energi terkuras habis. Alhasil, keluhan badan lemas tak bisa dihindari lagi.

“Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein, serat dan lemak sehat seperti alpukat,” tutur dr. Nitish.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi badan lemas akibat begadang nonton Piala Dunia 2018. Selama mencoba dan semoga tim favorit Anda juara, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar