Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiMinyak Magnesium, Apa Itu?
Diet dan Nutrisi

Minyak Magnesium, Apa Itu?

dr. Valda Garcia, 27 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu pernah mendengar tentang minyak magnesium? Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Minyak Magnesium, Apa Itu?

Magnesium adalah salah satu jenis mineral yang sangat penting untuk tubuh kita. Manfaat magnesium antara lain mengatur fungsi saraf dan otot, mendukung kehamilan dan laktasi, menjaga kadar gula darah, menstabilkan tekanan darah, serta mendukung kesehatan tulang dan DNA.

Zat magnesium dapat ditemukan alami di dalam makanan seperti gandum utuh, pir, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, dan sayuran berdaun hijau. Banyak produk serealia juga telah menambahkan magnesium ke dalamnya.  

Tahukah kamu, kini magnesium juga sudah dikemas dengan cara diekstrak menjadi minyak. Magnesium oil dikenal juga berkhasiat untuk kesehatan.

Apa Itu Magnesium Oil?

Minyak Magnesium, Apa Itu? (Parkpoom Doungkaew/Shutterstock)

Minyak magnesium terbuat dari campuran serpih magnesium klorida dan air. Saat kedua zat tersebut digabungkan, tekstur cairan yang dihasilkan akan terasa berminyak, tetapi secara teknis bukanlah minyak. 

Magnesium klorida adalah bentuk magnesium yang mudah menyerap dan dapat meningkatkan kadar nutrisi tubuh saat dioleskan pada kulit.

Artikel lainnya: Penyintas COVID-19 Masih Butuh Zinc dan Magnesium, Kenapa?

Manfaat Magnesium Oil

Banyak penelitian yang dilakukan berpusat pada diet magnesium dalam makanan dan suplementasi oral. Meski manfaat suplementasi magnesium tampak signifikan, studi mengenai minyak magnesium masih sedikit.

Sebuah penelitian dalam Journal of Integrative Medicine menunjukkan, manfaat menggunakan magnesium oil adalah menghilangkan gejala rasa sakit pada lengan dan kaki orang-orang yang mengidap fibromyalgia (nyeri di seluruh tubuh).

Para partisipan diminta menyemprotkan minyak magnesium sebanyak 4 kali pada setiap anggota tubuh, 2 kali sehari, selama 1 bulan. Beberapa orang dengan fibromyalgia memang memiliki kadar magnesium sedikit di sel ototnya, sehingga disarankan menggunakan minyak tersebut.

Meski demikian, tidak jelas apakah magnesium oil yang dioles memiliki manfaat yang sama seperti mengonsumsi suplemen magnesium atau makanan kaya magnesium. 

Jika kamu khawatir mengalami kekurangan magnesium ataupun ingin mendapatkan asupannya lebih banyak, konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi.

Artikel lainnya: Manfaat Magnesium untuk Tubuh

Adakah Efek Samping Penggunaan Minyak Magnesium?

Magnesium Oil

Kalau kamu memutuskan untuk menggunakan minyak magnesium, ujilah dengan mengoleskannya sedikit pada kulit. Hal ini penting untuk melihat apakah kamu memiliki alergi. 

Beberapa orang mengalami rasa menyengat atau sensasi terbakar yang tak sebentar akibat pemakaiannya.

Dosis dan Cara Menggunakan Magnesium Oil

Mungkin sulit menentukan dosis akurat ketika menggunakan minyak magnesium yang dioles (topikal). Kendati demikian, jangan menggunakan secara berlebihan. 

National Institutes of Health (NIH) Amerika Serikat merekomendasikan untuk tidak melebihi batas dalam menggunakan suplementasi magnesium, dan harus sesuai usia:

  • Orang dewasa dan anak-anak lebih tua dari 9 tahun: Batas yang disarankan adalah 350 miligram
  • Pria dan wanita usia 19-30 tahun: Kurang lebih 10 mg magnesium per hari 
  • Wanita hamil: Dosis hingga 40 mg setiap harinya agar dapat melahirkan bayi yang sehat kelak

Mengonsumsi terlalu banyak magnesium dapat menyebabkan diare, kram, dan mual. Lalu, bisa juga terjadi detak jantung tidak teratur bahkan dapat berhenti mendadak.

Jangan asal pakai obat-obatan, ya! Tanya dokter lewat aplikasi KlikDokter yang konsultasinya lebih praktis dan tepercaya.

(FR/JKT)

Minyak Magnesium Fibromyalgia

Konsultasi Dokter Terkait