Sukses

Tips Tetap Sehat Meski Anda Duduk Lama di Kantor

Padahal, duduk lama saat bekerja di kantor bisa berdampak buruk. Adakah tips sehat untuk mengatasi ini?

Klikdokter.com, Jakarta Sering kali pekerja kantoran menghabiskan waktu kerjanya duduk lama sepanjang hari di depan layar komputer.  Padahal, kondisi tersebut bisa menyebabkan sakit leher, sakit pinggang, sakit punggung, hingga mata perih akibat terlalu lama memandangi layar komputer. Tak hanya itu, kebiasaan ini turut dikaitkan dengan kondisi yang lebih serius seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit kronis lainnya. Apakah ada tips sehat supaya terhindar dari ancaman-ancaman tersebut?

Kabar baiknya, Anda masih tetap bisa melakukan aktivitas harian tersebut tapi tetap memiliki tubuh yang sehat, bugar, dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Lakukan beberapa kiat ini agar kondisi badan tetap fit.

Dilansir dari TIME, sebuah penelitian menyebut bahwa ada beberapa tips yang relatif sederhana untuk membuat tubuh sehat dengan cara meningkatkan otot. Cara ini dikatakan cukup efektif mengatasi beberapa efek tidak sehat akibat duduk terlalu lama.

Apa yang terjadi jika Anda terlalu banyak duduk?

Melalui studi yang diterbitkan di jurnal BMC Medicine, tim peneliti yang dipimpin oleh Carlos Celis-Morales dari Universitas Glasgow, Skotlandia, menganalisis data hampir dari 400 ribu penduduk paruh baya di Inggris. Mereka mengkaji aktivitas fisik para responden, khususnya intensitas duduk.

Untuk mendapatkan ukuran yang lebih objektif, para peneliti juga melakukan tes kekuatan genggaman, meminta partisipan meremas perangkat khusus untuk mengukur kekuatan otot mereka, serta tes kebugaran dengan ergometer.

Sementara tes kebugaran profesional butuh waktu dan biaya, kekuatan pegangan disebut berguna. Tes tersebut mampu mengukur kekuatan otot secara keseluruhan, serta dapat dilakukan dengan cepat dan mudah oleh sebagian besar peserta penelitian.

Dari sini, ditemukan hasil bahwa orang-orang yang memiliki genggaman terlemah punya risiko 31 persen lebih besar untuk meninggal dunia dalam waktu lima tahun ke depan, pada setiap dua jam waktu yang mereka habiskan untuk duduk.

Berbeda dengan dengan orang-orang yang punya genggaman terkuat, mereka lebih mungkin untuk sehat. Meski begitu, orang-orang ini juga memiliki risiko yang sama dengan di atas, tapi 10 persen lebih rendah. Penyakit yang erat mengintai adalah jantung dan kanker.

Tetap aktif dengan melakukan beragam aktivitas fisik

Pada dasarnya, untuk setiap dua jam orang menghabiskan waktu duduk di depan TV atau komputer, risiko kematian akibat apa pun akan menjadi dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang terus bergerak. Semakin lemah daya genggam, semakin besar pula risiko penyakit yang mengintai.

Kabar baiknya adalah, kekuatan genggaman dapat ditingkatkan dengan latihan beban dan peningkatan moderat dalam aktivitas fisik dan kebugaran. Hal ini disampaikan oleh Celis-Morales selaku ketua studi.

"Duduk terlalu lama karena menonton televisi dan menggunakan komputer mungkin tak jadi masalah jika Anda bugar dan aktif secara fisik. Semakin sering tubuh digerakkan, maka semakin minim pula penyakit yang dapat menyerang,” ujarnya.

Sementara menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, Anda harus melakukan sejumlah cara agar tetap aktif bergerak meskipun sedang bekerja di kantor. Gunakan tangga ketimbang lift, serta cobalah untuk mendatangi meja rekan kerja setiap kali hendak berdiskusi—daripada via messenger.

“Pekerjaan mengharuskan Anda banyak menelepon kolega sepanjang hari? Usahakan untuk melakukannya sambil berjalan ketimbang duduk. Ingin makan siang? Lupakan office boy atau menitip makanan. Pergi beli sendiri makan siang Anda,” dr. Nadia menganjurkan.

Jika jenis pekerjaan mengharuskan Anda untuk duduk lama menatap layar komputer, jangan langsung patah semangat. Anda tetap bisa sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan, dengan melakukan tips sehat yang disebutkan di atas. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, konsumsi camilan sehat seperti buah-buahan, serta cukupi kebutuhan air agar tidak dehidrasi.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar