Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakBiasakan Anak Gemar Membaca, Ini Manfaatnya
Kesehatan Anak

Biasakan Anak Gemar Membaca, Ini Manfaatnya

dr. M. Dejandra Rasnaya, 20 Mei 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada banyak alasan kenapa orang tua harus mengenalkan bacaan pada anak sedini mungkin. Yuk, ketahui apa saja manfaat gemar membaca untuk anak!

Biasakan Anak Gemar Membaca, Ini Manfaatnya

Mengingat banyak sekali keuntungannya, sangat penting bagi anak untuk mulai membaca buku sejak usia dini. Apa saja, sih, manfaat gemar membaca untuk tumbuh kembang anak?

Makin banyak membaca, pengetahuan pun makin kaya. Namun, agar anak gemar membaca, orang tua harus menanamkannya sedini mungkin.

Sebagai permulaan, Anda bisa membacakan buku cerita atau anak sekadar belajar membaca secara sederhana dan tidak bersifat memaksa.

Meskipun usia normal seorang anak untuk mampu membaca adalah sekitar usia 6 tahun, tapi untuk menumbuhkan minat baca bisa dibiasakan sejak dini.

Mengingat pada masa anak-anak terdapat fase emas perkembangan, maka membaca merupakan salah satu cara untuk menstimulasi, khususnya otak.

Kenapa orang tua mesti menanamkan kebiasaan membaca anak? Berikut di bawah ini adalah beragam manfaatnya!

Menstimulasi Perkembangan Otak

Pertumbuhan dan perkembangan otak paling pesat adalah ketika anak berusia 2 tahun, karena masih termasuk dalam 1.000 hari pertama kehidupan si Kecil.

Tak berhenti di situ, hingga usia 5 tahun, kemampuan belajar anak juga sangat pesat dibandingkan setelahnya.

Membaca memberikan banyak manfaat untuk perkembangan otak anak, karena kegiatan tersebut menstimulasi hubungan antara sel saraf dalam otak untuk menghantarkan informasi.

Selain itu, membaca memberikan manfaat pada beberapa aspek seperti:

  • Kemampuan Berpikir

“Buku adalah jendela dunia” merupakan ungkapan yang tepat. Membaca membuat anak mampu memahami isi cerita, sehingga itu dapat melatih kemampuan berpikir dalam berbagai situasi.

  • Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa merupakan salah satu dari empat aspek perkembangan anak. Membaca dapat memperluas kosakata dan tata bahasa yang baik, sehingga itu dapat membangun kemampuan komunikasi verbal dan tertulis anak.

  • Kreativitas

Membaca buku cerita yang disertai gambar dan aneka warna akan menstimulasi kreativitas dan imajinasi anak.

Artikel Lainnya: Orang Tua Gemar Bacakan Dongeng Bikin Anak Lebih Cerdas?

Belajar Mengenal Konsep

Tidak hanya kosakata, anak juga bisa dilatih sejak dini mengenal konsep tentang segala sesuatu yang ada di sekelilingnya, misalnya warna, huruf, angka, bentuk, benda, dan sebagainya.

Unggul dalam Akademik

Membaca menjadi salah satu kunci dalam kesuksesan akademik anak sejak usia dini. Ketika sudah dibiasakan sejak kecil, maka hingga dewasa anak akan terbiasa untuk membaca baik dalam keseharian maupun belajar untuk kepentingan akademik.

Pengetahuan umum yang lebih luas, atensi atau perhatian, dan konsentrasi yang lebih baik merupakan manfaat membaca lainnya. Tentunya hal tersebut menunjang si kecil dalam proses belajar.

Perkembangan Mental

Anak yang terbiasa membaca sejak dini dapat tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan mandiri. Kebiasaan membaca juga dikaitkan dengan rasa disiplin tinggi dan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Selain itu, manfaat rajin membaca lainnya adalah melatih anak untuk lebih tenang dan menjadi sarana yang bermanfaat sebagai “pelarian” dari masalah atau sesederhana ketika ia sedang bosan.

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik: Membacakan E-book atau Buku Cetak pada Anak?

Kemampuan Sosialisasi yang Lebih Baik

Seperti yang dijelaskan di atas, membaca bisa bermanfaat untuk kemampuan bahasa, yang mana ini bisa membangun kemampuan komunikasi jadi lebih baik.

Bila kemampuan komunikasi baik, maka anak akan mampu bersosialisasi dengan baik pula.

Mengelola Stres

Di samping itu, pengetahuan umum yang luas juga memudahkan anak untuk bergaul dengan siapa saja.

Dengan kemampuan sosialisasi dan komunikasi yang baik, anak juga lebih mampu untuk mengelola stres.

Kebutuhan

Bila anak terbiasa melihat dan mengalami sendiri bahwa membaca buku merupakan hal yang menyenangkan, maka ini kebiasaan ini akan berkembang menjadi suatu kebutuhan yang terus dicari anak hingga ia dewasa.

Nantinya, anak akan cenderung lebih memilih buku sebagai hiburan, ketimbang menonton televisi atau main gadget.

Artikel Lainnya: Inilah 6 Manfaat Sehat Membaca

Memperkuat Bonding antara Orang Tua dan Anak

Membaca bisa menjadi momen menyenangkan untuk meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak.

Lebih dari itu, membaca juga bisa jadi cara orang tua dalam mengajari berbagai pengetahuan, informasi, dan berbagai aspek kehidupan yang ada di dalam buku yang dibaca anak.

Mendukung Masa Depan

Anak yang terbiasa membaca buku memiliki keinginan atau cita-cita di masa depan yang cenderung lebih terarah. Anak juga jadi lebih terpacu untuk mengetahui lebih dalam tentang hal-hal yang menarik perhatiannya.

Saat usia anak menginjak remaja, ia bisa fokus menggali, menggeluti, hingga mempraktikkan hal-hal yang bisa dilakukan sesuai minat atau cita-cita dari buku yang dibaca.

Selain itu, membaca juga bisa membantu memberi pemahaman tentang tanggung jawab dan risiko dari perbuatan atau perilaku tertentu. Melihat penjelasan di atas, tak diragukan lagi bahwa menumbuhkan minat baca anak sedini mungkin akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Yuk, mulai biasakan anak gemar membaca! Bila kesulitan, dapatkan tips menumbuhkan minat baca anak langsung dari dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(RN/AYU)

Tumbuh Kembang AnakAnakMembaca

Konsultasi Dokter Terkait