Sukses

Cara Minum Pil KB yang Benar

Untuk mencegah kehamilan dengan efektif, aturan minum pil KB yang benar harus dipatuhi. Simak cara minum pil KB di sini.

Pil KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Cara minum pil KB yang benar adalah dilakukan setiap hari. 

Pil KB bekerja dengan cara mencegah ovulasi atau keluarnya sel telur dari indung telur. Lalu, pil ini mengentalkan lendir leher rahim sehingga sperma sulit bertemu sel telur, dan mencegah sel telur menempel di dinding rahim agar tidak hamil. 

Pil KB sebagai Alat Kontrasepsi

Pil KB merupakan jenis pil atau obat yang mengandung hormon reproduksi sintetik (progesteron dan kombinasi estrogen-progesteron). Fungsinya mengatur hormon dalam tubuh wanita untuk mencegah kehamilan.

Pil KB dianggap sebagai salah satu cara mencegah kehamilan yang sangat efektif. Hal ini tentunya jika aturan pakai pil KB dilakukan dengan benar. Bahkan, tingkat efektivitasnya mencapai 99 persen.

Namun, efektivitas pil KB bisa turun hingga 91 persen apabila pengguna lupa meminumnya. 

Penggunaan pil KB tidak memengaruhi kesuburan secara permanen. Kesuburan pengguna bisa langsung kembali setelah berhenti minum pil KB. 

Artikel Lainnya: Efek Samping Pil KB yang Paling Sering Muncul

1 dari 4 halaman

Cara Minum Pil KB Sesuai Jenisnya

Pil KB yang beredar di Indonesia terdiri dari dua jenis sediaan jumlah, yaitu 21 tablet dan 28 tablet. Cara meminum pil KB sebagai berikut: 

  1. 21 Tablet

Pil KB ini diminum setiap hari 1 tablet, dari hari ke-1 hingga ke-21. Kemudian, tidak minum apa-apa selama 7 hari. Mulai kembali paket yang baru pada hari berikutnya. 

  1. 28 Tablet

Pil KB ini terdiri dari 21 tablet hormon (tablet aktif) dan 7 tablet inaktif (plasebo). Pil diminum 1 tablet setiap hari, dan langsung mulai paket yang baru setelah tablet terakhir pada kemasan sebelumnya. 

Fungsi paket tersebut adalah membentuk kebiasaan minum pil setiap hari dan mengurangi kemungkinan lupa. 

Cara menggunakan pil KB untuk kedua jenis ini adalah perlu diminum pada jam yang sama setiap harinya. Hal ini terutama pada pil KB yang hanya mengandung progesteron. 

Karena, kemungkinan gagalnya lebih tinggi apabila tidak diminum pada jam yang sama. Pil KB jangan diminum satu jam sebelum atau sesudah makan. 

  1. Pil KB Darurat

Pil KB ini mengandung levonorgestrel yang diminum untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan seksual tanpa kontrasepsi. 

Cara minum pil KB ini yaitu 2 tablet levonorgestrel (1,5 mg) diminum sekaligus secepat mungkin. Sebaiknya minum dalam 12 jam, namun tidak boleh lebih dari 72 jam setelah berhubungan seksual. 

Levonorgestrel dapat diberikan selama siklus menstruasi. Jika terjadi muntah dalam tiga jam setelah konsumsi, dosis diulang kembali.

Artikel Lainnya: Pilihan Pil KB Minim Efek Samping untuk Wanita Produktif

2 dari 4 halaman

Kapan Anda Dapat Mulai Minum Pil KB?

Berikut ini beberapa waktu yang tepat untuk mulai minum pil KB sesuai kondisi:

  1. Siklus Menstruasi Normal

Anda dapat memulai pil KB pada hari pertama menstruasi. Tidak diperlukan perlindungan kontrasepsi tambahan. Jika sudah dipastikan tidak hamil, Anda juga dapat memulai pil KB kapan pun. 

Namun, jika sudah melebihi 1 hari pertama siklus menstruasi, Anda harus pantang berhubungan seksual atau menggunakan perlindungan kontrasepsi tambahan (misalnya kondom) selama 7 hari berikutnya. 

  1. Siklus Menstruasi Tidak Normal

Jika sudah dipastikan tidak hamil, Anda dapat memulai pil KB kapan pun. Lalu, pantang berhubungan seksual atau menggunakan perlindungan kontrasepsi tambahan selama tujuh hari berikutnya. 

  1. Setelah Melahirkan (Menyusui)

Bila memberikan ASI eksklusif, pil KB dapat dikonsumsi tiga minggu setelah melahirkan. Pil KB yang disarankan untuk ibu menyusui adalah pil yang hanya mengandung hormon progesteron (mini pil). 

Jika sudah menstruasi, pil KB dimulai pada hari pertama menstruasi dan tidak diperlukan kontrasepsi tambahan. 

  1. Setelah Melahirkan (Tidak Menyusui)

Jika belum kembali menstruasi dalam 21 hari setelah persalinan atau lebih, dapat segera memulai kontrasepsi oral selama dipastikan tidak hamil. 

Anda harus pantang berhubungan seksual atau menggunakan perlindungan kontrasepsi tambahan (misalnya kondom) selama tujuh hari berikutnya. 

Jika sudah kembali menstruasi, dapat memulai pil KB seperti aturan pada siklus menstruasi di atas. 

Artikel Lainnya: Benarkah Ada Alat Kontrasepsi yang Bisa Bikin Gemuk?

  1. Setelah Keguguran

Anda dapat segera memulai pil KB setelah keguguran dan tidak diperlukan perlindungan kontrasepsi tambahan.

  1. Berganti dari Metode Hormon Lain

Jika mengganti pil KB progesteron ke pil KB kombinasi, dapat memulai pil KB kombinasi hari pertama siklus menstruasi. 

Jika mengganti pil KB kombinasi ke pil KB progesteron, langsung mulai pil KB progesteron ketika pil KB kombinasi yang aktif selesai (abaikan pil yang tidak aktif atau plasebo). Dianjurkan menggunakan perlindungan kontrasepsi tambahan. 

Jika sebelumnya pakai metode suntik, dapat memulai pil KB pada jadwal suntik berikutnya. Dianjurkan juga menggunakan perlindungan kontrasepsi tambahan. 

  1. Berganti dari Metode Non-Hormon (Selain Spiral/IUD)

Jika sudah dipastikan tidak hamil, Anda juga dapat memulai pil KB kapan pun. 

Namun, jika sudah melebihi hari pertama siklus menstruasi, perlu pantang berhubungan seksual atau menggunakan perlindungan kontrasepsi tambahan (misalnya kondom) selama tujuh hari berikutnya.

  1. Berganti dari Spiral/IUD

Anda dapat memulai pil KB pada hari pertama siklus menstruasi. Tidak diperlukan perlindungan kontrasepsi tambahan, dan spiral/IUD bisa dilepas saat itu juga.

Jika sudah melebihi hari pertama siklus menstruasi, spiral/IUD sebaiknya dilepas pada siklus menstruasi berikutnya. Bisa juga menggunakan kontrasepsi tambahan lainnya seperti kondom.

Jika tidak mengalami menstruasi dan sudah dipastikan tidak hamil, Anda dapat memulai pil KB kapan pun. Lalu, pantang berhubungan seksual atau menggunakan perlindungan kontrasepsi tambahan selama tujuh hari berikutnya.

Artikel Lainnya: Kontrasepsi Hormonal Berisiko Sebabkan Komplikasi Bagi Pasien COVID-19

3 dari 4 halaman

Bagaimana Bila Lupa Minum Pil KB?

Berdasarkan kandungan hormonnya, pil KB yang ada di Indonesia terdiri dari 3 jenis, yaitu pil KB kombinasi monofasik, kombinasi trifasik, dan progesteron.

Apabila lupa meminumnya, berikut cara menggunakan pil KB yang perlu dilakukan:

  • Pil KB Kombinasi Monofasik

  • Jika lupa 1 atau 2 pil, atau terlambat mulai paket yang baru selama 1 atau 2 hari, minum pil yang terlupa begitu ingat. Lanjutkan jadwal berikutnya seperti biasa. 

Anda mungkin akan butuh minum 2 pil dalam waktu bersamaan atau hari yang sama. Untuk kemungkinan kehamilannya, risiko tergolong sangat rendah.

  • Jika lupa 3 pil atau lebih pada minggu ke-1 atau ke-2, atau terlambat memulai paket yang baru selama 3 hari atau lebih, minum pil yang terlupa begitu ingat. 

Lanjutkan jadwal berikutnya seperti biasa. Anda mungkin akan butuh minum 2 pil dalam waktu bersamaan atau hari yang sama.

Gunakan kontrasepsi cadangan seperti kondom dalam tujuh hari berikutnya. Jika berhubungan seksual dalam lima hari terakhir, gunakan pil KB darurat.

  • Jika lupa 3 pil atau lebih pada minggu ke-3, minum pil yang terlupa begitu ingat. Lanjutkan jadwal berikutnya seperti biasa. Anda mungkin akan butuh minum 2 pil dalam waktu bersamaan atau hari yang sama.

Selesaikan semua pil hormon dalam paket dan buang 7 pil inaktif pada paket 28 tablet. Lalu, mulai paket yang baru keesokan harinya.

Gunakan kontrasepsi cadangan seperti kondom dalam tujuh hari berikutnya. Jika berhubungan seksual dalam lima hari terakhir, gunakan pil KB darurat.

  • Jika lupa pil pada minggu ke-4, buang pil yang terlupa (pil inaktif/plasebo). Minum pil inaktif sesuai jadwal dan mulai paket baru sesuai jadwal. 
  • Jika muntah dalam dua jam setelah minum pil, perlu minum pil yang lain dari paket secepatnya. Lanjutkan pil seperti biasa.

Jika muntah atau diare selama lebih dari 2 hari, ikuti instruksi untuk lupa minum 3 atau lebih pil di atas. 

Artikel Lainnya: Efek Samping Kebanyakan Minum Pil Kontrasepsi Darurat

  • Pil KB Kombinasi Trifasik

  • Bila terlambat minum obat kurang dari 12 jam, tidak mengurangi perlindungan kontrasepsi. Segera minum saat teringat dan lanjutkan penggunaan tablet sesuai aturan pakai.
  • Bila terlambat minum obat lebih dari 12 jam pada hari 1-2, hari 3-4, atau hari 8-17, segera minum obat saat teringat walaupun harus meminum dua tablet dalam sehari. 

Lanjutkan penggunaan tablet sesuai aturan. Dianjurkan menggunakan kontrasepsi pelindung selama sembilan hari ke depan.

  • Bila terlambat minum obat pada hari 18-24, hentikan penggunaan tablet. Mulai lagi dengan meminum tablet pertama untuk penggunaan jadwal selanjutnya. Dianjurkan menggunakan kontrasepsi pelindung selama sembilan hari ke depan.
  • Bila terlambat minum obat pada hari 25-26, segera minum obat saat teringat walaupun harus meminum dua tablet dalam sehari.
  • Bila terlambat minum obat pada hari 27-28, langsung dilanjutkan dengan meminum tablet selanjutnya.

Artikel Lainnya: Anak Tak Sengaja Minum Pil KB, Ini Dampaknya 

  • Pil KB Progesteron

  • Minum pil yang terlupa begitu ingat, dan lanjutkan jadwal berikutnya seperti biasa. Anda mungkin akan butuh minum 2 pil dalam waktu bersamaan atau hari yang sama. 
  • Bila terlambat tiga jam makan pil, maka daya lindung pil hilang. Lanjutkan makan pil, tetapi jangan lakukan hubungan seksual selama tujuh hari berikutnya atau gunakan kondom.
  • Jika berhubungan seksual dalam lima hari terakhir, gunakan pil KB darurat.
  • Jika muntah dalam dua jam setelah minum pil, perlu minum pil yang lain dari paket secepatnya. Lalu, lanjutkan pil seperti biasa.

Cara minum pil KB sesuai aturan pakai efektif mencegah kehamilan. Anda bisa mendapatkan informasi pencegahan kehamilan dari dokter kebidanan dan kandungan atau bidan. 

Anda dapat menyesuaikan pilihan kontrasepsi sesuai kondisi dan kebutuhan. Bila ingin tanya lebih lanjut, konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter kandungan

(FR/AYU)

5 Komentar

  • yes******aningrum

    dok saya mau tanya. saya baru menikah. tapi mau menggunakan pil kb. saya baru selesai haid tgl 1.9.21 hari ini. saya ingin menggunakan pil kb andalan. bagai mana caranya..

  • Mia

    Sok saya mau tanya tdi saya salah minum pil yg seharus nya hri jumat minum nya malah obat yg buat hri sabtu.ini gmna ya dok?

  • Wul******an Sari

    Dok mau Tanya jika sudah beres minum pil 28 hari selanjutnya minum pil yg baru apa gmna tapi saya blm haid di mulai dari mna?