Sukses

Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Batuk

Ingin batuk Anda segera sembuh? Hindari makanan dan minuman berikut!

Batuk masih menjadi keluhan kesehatan yang sering dialami orang. Kondisi ini merupakan gejala, bukan suatu penyakit.

Ya, batuk adalah mekanisme alami tubuh untuk membersihkan dan mengeluarkan benda asing dari dalam saluran pernapasan. Selain itu, batuk juga dapat merupakan reaksi alami saluran pernapasan yang mengalami iritasi, baik infeksi maupun alergi.

Ketika mengalaminya, Anda harus memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pasalnya, ada jenis makanan dan minuman yang bikin batuk tambah parah!

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat batuk:

 

1 dari 6 halaman

1. Keripik

Keripik menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dimakan saat batuk. Makanan ini dapat membuat batuk semakin parah karena diproses dengan cara digoreng.

Nah, karena prosesnya tersebut, keripik dapat mengandung minyak yang banyak sehingga berisiko mengiritasi tenggorokan.

Artikel Lainnya: Sering Batuk Kering, Kapan Harus Khawatir?

2. Kue Manis

Kue yang mengandung banyak gula harus dihindari saat batuk karena dapat membuat batuk menjadi semakin parah. Lalu, apa alasan kue manis menjadi makanan yang dilarang saat batuk?

Perlu Anda ketahui, gula yang terkandung pada kue dapat menyebabkan tenggorokan semakin gatal dan mengiritasi lebih lagi. Jadi, sebisa mungkin jauhi makanan yang satu ini saat Anda mengalami batuk.

2 dari 6 halaman

3. Jeruk Peras

Anda mungkin tidak menduga bila buah yang satu ini menjadi makanan yang harus dihindari saat batuk.

Meskipun jeruk mengandung banyak vitamin C di dalamnya, jeruk yang asam sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang batuk, lho. Jeruk yang asam ini dapat menyebabkan refluks asam yang dapat memicu batuk.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Bila ingin makan buah jeruk saat Anda mengalami batuk, pilihlah yang tidak terlalu asam agar tidak melukai tenggorokan Anda.

Artikel Lainnya: Bayi Batuk Berdahak, Bagaimana Cara Mengeluarkannya?

4. Soda

Selain makanan, ada jenis minuman yang sebaiknya Anda jauhi ketika sedang mengalami batuk. Salah satunya adalah soda.

Walaupun enak dan menyegarkan, soda harus dihindari saat batuk karena mengandung kafein dan banyak gula tambahan. Kandungan ini dapat menyebabkan tenggorokan terasa sangat gatal dan batuk terus-menerus.

3 dari 6 halaman

5. Makanan Cepat Saji

Tidak bisa dimungkiri jika makanan cepat saji dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya dapat memperparah batuk.

Makanan ini menjadi makanan yang harus dihindari saat batuk, karena penggunaan minyak yang banyak pada proses memasaknya.

Artikel Lainnya: Ini Etika Batuk yang Benar agar Tidak Menular

6. Kopi

Ketika Anda sedang batuk, sebaiknya hindari minum kopi. Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik. Kandungan tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi sehingga akan semakin memicu batuk.

4 dari 6 halaman

7. Produk Olahan Susu

Mengapa produk olahan susu termasuk makanan yang harus dihindari saat Anda batuk?

Perlu diketahui, makanan dan minuman yang diolah dari bahan dasar susu dapat meningkatkan produksi lendir dan membentuk dahak, yang akhirnya menyebabkan peradangan di tenggorokan semakin parah.

8. Teh

Seperti halnya kopi, teh juga mengandung kafein. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menghindari konsumsi teh saat sedang mengalami batuk.

 

5 dari 6 halaman

9. Alkohol

Berbagai risiko kesehatan bisa dipicu oleh alkohol, termasuk memperparah kondisi batuk yang diderita. Minuman yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari ketika sedang batuk karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Selain mengonsumsi obat yang sesuai dengan jenis batuk, Anda juga sebaiknya mencermati makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pastikan Anda menjauhi daftar asupan yang telah disebutkan di atas. Jika batuk tidak membaik, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar makanan atau minuman yang perlu dihindari saat batuk, Anda dapat berkonsultasi melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar