Sukses

Lidah Anda Bermasalah? Mungkin Ini Sebabnya

Punya kelainan tertentu di lidah? Jangan buru-buru berprasangka buruk!

Klikdokter.com, Jakarta Lidah menjadi bagian rongga mulut yang kerap tidak diperhatikan kesehatannya. Padahal, bagian tubuh tidak bertulang ini turut berperan untuk membantu proses pengunyahan, berbicara, pengecapan dan lainnya.

Jika suatu saat Anda mengalami kelainan pada lidah, bukan tak mungkin segala proses tersebut akan mengalami gangguan. Untuk itu, Anda sebaiknya lebih waspada dan memperhatikan kesehatan lidah dengan saksama.

Mengenal masalah pada lidah

Terdapat beberapa masalah yang bisa hinggap di lidah Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Geographic tongue

Pada kelainan ini, lidah akan berbentuk seperti pulau di bagian atas dan samping. Geographic tongue tergolong tidak berbahaya, dan umumnya tidak memberikan keluhan yang berarti. Jikapun ada, gejalanya hanya berupa rasa sensitif terhadap makanan panas atau berbumbu tajam.

2. Sariawan

Sariawan bisa juga timbul pada lidah. Biasanya keadaan ini disertai dengan gejala pedih ketika terkena makanan atau saat berbicara. Sariawan bisa terjadi akibat kekurangan vitamin C, konsumsi makanan pedas maupun asin, reaksi berlebihan terhadap pasta gigi atau obat kumur, konsumsi minuman beralkohol, dan kebiasaan merokok.

3. Traumatic injury

Lidah bisa mengalami perlukaan akibat tergigit atau terpapar iritan dari obat-obatan yang dikonsumsi. Luka atau ulkus tersebut dapat sembuh dalam waktu 7-10 hari apabila faktor penyebab telah dihilangkan.

4. Lidah berselaput

Pada orang yang mengalami dehidrasi atau menderita penyakit sistemik, penampilan lidah akan tampak tertutup oleh suatu lapisan yang umumnya berwarna putih. Lapisan ini dapat berubah warna, menyesuaikan jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi.

5. Glossopyrosis

Glossopyrosis merupakan kelainan lidah yang disebabkan pengaruh hormonal atau adanya iritasi akibat penggunaan obat kumur dalam jangka waktu lama. Biasanya, penderita tidak akan mengalami gejala berarti. Namun tak menutup kemungkinan, penderita glossopyrosis juga bisa mengalami sensasi terbakar di lidah.

6. Fissure tongue

Kelainan ini menyebabkan terbentuknya “parit” pada bagian atas lidah. Penyebab fissure tongue masih belum diketahui. Peneliti menduga bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh faktor genetik alias keturunan.

Fissure tongue merupakan suatu keadaan yang tidak berbahaya, sehingga tak memerlukan perawatan khusus. Namun, seseorang dengan bentuk lidah seperti ini harus benar-benar memperhatikan kebersihan rongga mulutnya.

7. Median rhomboid glossitis

Pengobatan dalam jangka waktu lama dengan antibiotik dapat menyebabkan infeksi pada rongga mulut. Keadaan ini bisa memicu timbulnya jamur di lidah. Seseorang yang mengalami median rhomboid glossitis akan kehilangan papil di bagian lidahnya. Dengan kata lain, mereka yang mengalami kondisi ini akan memiliki lidah berwarna kemerahan dengan permukaann yang halus.

Itulah beberapa masalah yang bisa terjadi pada lidah. Ada yang berbahaya, ada pula yang tidak. Namun, apa pun masalah lidah yang Anda alami, menjaga kebersihan lidah dan anggota rongga mulut lainnya adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Pastikan Anda mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar