Sukses

Badan Pegal karena Sering Lembur? Lakukan Ini

Tuntutan pekerjaan sering mengharuskan Anda kerja lembur? Hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan, yang salah satunya adalah badan pegal.

Klikdokter.com, Jakarta Badan pegal adalah hal yang sering dikeluhkan oleh mereka yang sering lembur. Menumpuknya beban kerja atau dikejar deadline mau tak mau memang membuat banyak orang –termasuk Anda, harus kerja lembur.

Jika sesekali, sebenarnya tidak masalah. Tapi jika hampir setiap hari Anda adalah orang terakhir yang meninggalkan kantor, maka dapat berdampak buruk pada kesehatan. Bahkan bukan hanya badan pegal, masalah kesehatan lain pun bisa muncul. Seperti naiknya tekanan darah yang dapat berujung pada gangguan jantung.

Tak peduli senyaman apa pun kursi kerja atau ruangan kerja Anda kantor, rasa pegal pasti sering menghampiri setelah Anda duduk seharian menatap layar komputer. Kondisi ini bisa sangat mengganggu produktivitas dan kenyamanan Anda melakukan akitivitas harian. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keluhan ini?

1. Kompres hangat

Jika Anda mengalami badan yang terasa pegal dan disertai otot yang kaku, cobalah kompres dengan air hangat atau menggunakan salep atau balsem untuk menghangatkan. Kompres hangat pada bagian yang pegal dan otot yang kaku dapat membuat pembuluh darah menjadi melebar, meningkatkan sirkulasi darah, serta merelaksasi otot.

Kombinasi dari ketiga hal tersebut juga dapat menghilangkan rasa pegal yang Anda rasakan. Cukup kompres selama 20 menit dan ulangi sesering mungkin jika diperlukan.

2. Olahraga

Mungkin Anda berpikir, mengapa ketika badan sedang pegal justru disuruh berolahraga? Sebab dengan berolahraga, sirkulasi darah meningkat terutama pada bagian otot yang digunakan dan tingkat kelenturan otot tersebut pun bertambah.

Tidak hanya itu, olahraga dapat menstimulasi pengeluaran endorfin endogen, yaitu suatu hormon yang dapat mengurangi rasa nyeri, dan juga memberikan efek peningkatan mood dan perasaan tenang.

3. Pijat

Bukan hanya sekedar pijat saja, tetapi teknik pemijatan yang tepat dapat benar-benar meredakan rasa nyeri dan pegal. Pijat dapat menghilangkan penegangan pada otot dan sendi, melepaskan stres serta kecemasan, dan dapat mengubah persepsi nyeri yang Anda rasakan.

Dengan melakukan pemijatan pada titik-titik tertentu selain lokasi pegal, dapat mengalihkan sensasi nyeri atau pegal  tersebut sehingga Anda tidak lagi merasakannya.

4. Konsumsi multivitamin

Ketika kondisi tubuh menurun setelah seharian beraktivitas—khususnya dengan tambahan jam kerja lembur—konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin B1, B6, B12, vitamin E, serta mineral, kalium, dan magnesium aspartat sebelum beristirahat.

Vitamin B kompleks dapat membantu memelihara kesehatan untuk proses metabolisme dan fungsi sistem saraf, serta membantu mengoptimalkan peredaran oksigen di dalam sel tubuh.

Vitamin E dapat berperan baik untuk kesehatan kulit dan mencegah kerontokan rambut. Sedangkan kalium dan magnesium aspartat dapat membantu memelihara kesehatan untuk mengurai asam laktat (penyebab pegal-pegal dan otot kaku) yang menumpuk di otot untuk diubah menjadi energi.

Jika memang pekerjaan mengharuskan sering lembur, selain dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan ini demi menjaga kesehatan.

  • Luangkan waktu di tengah pekerjaan untuk tidur sejenak demi mengembalikan kesegaran tubuh
  • Jangan lupa makan dengan nutrisi berimbang karena tubuh memerlukan energi untuk bekerja dengan baik
  • Jaga status hidrasi dengan minum secara berkala untuk menjaga cairan tubuh. Hindari minuman berpemanis buatan karena dapat meningkatkan gula darah, yang dalam jangka panjang dapat berkontribusi terhadap peningkatan berat badan
  • Untuk mengembalikan kesegaran tubuh, basuh wajah dengan air hangat. Berendam dengan air hangat juga dapat membantu mengembalikan kesegaran tubuh dan mengurangi kepenatan. Jika perlu, tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi supaya Anda lebih relaks.

Perlu untuk Anda renungkan, kerja lembur yang tidak diimbangi istirahat yang cukup secara terus-menerus dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Tak hanya badan pegal, tapi bisa jadi timbulnya gangguan kesehatan lain. Jangan paksakan diri untuk bekerja secara berlebihan, dan utamakan kesehatan dengan mengonsumsi makanan cukup gizi, berolahraga secara rutin, dan istirahat yang berkualitas.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar