HomePsikologiKesehatan MentalCara Mengatasi Depresi Secara Alami Tanpa Obat
Kesehatan Mental

Cara Mengatasi Depresi Secara Alami Tanpa Obat

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 02 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada beberapa cara alami untuk membantu mengatasi depresi. Apa saja cara mengatasi depresi secara alami dan tanpa obat-obatan? Cek di sini.

Cara Mengatasi Depresi Secara Alami Tanpa Obat

Kondisi kejiwaan berupa depresi kerap ditemukan pada masyarakat di kota-kota besar. Ketika seseorang depresi, biasanya penurunan emosi dan mood akan terjadi. Akibatnya, ia rentan mengalami berbagai gangguan fisik dan psikis.

Penyebab pasti gangguan depresi sebenarnya belum diketahui. Namun, hal ini dapat dibagi menjadi tiga faktor, yaitu biologis, keturunan, dan psikososial. 

Ketiga faktor tersebut dapat berdiri sendiri maupun saling terkait. Pada akhirnya, semuanya dapat menjadi penyebab gangguan bipolar atau depresi.

Salah satu solusi untuk mengatasi depresi adalah minum obat yang diresepkan oleh dokter. Namun, konsumsi obat-obatan hendaknya didahului oleh usaha mengatasi depresi dengan hidup lebih sehat baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan minum obat untuk depresi, lebih baik Anda mencoba cara yang lebih alami dan aman. Berikut beberapa cara mengatasi depresi secara alami yang dapat Anda coba:

1. Terkoneksi dengan Sekitar

Bangun komunikasi dan koneksi yang sehat dengan lingkungan Anda, baik kepada makhluk hidup termasuk manusia lainnya maupun alam. 

Saat gejala depresi melanda, memang wajar untuk menarik diri. Nah, lawan perasaan ini dan mintalah bantuan orang lain saat Anda merasa berada di titik yang sangat rendah.

2. Targetkan Tidur Cukup

Saat Anda memiliki depresi, gangguan atau kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dengan jumlah cukup kerap dialami. Padahal, kurang tidur dapat berakibat buruk pada fungsi organ dan menyebabkan rasa stres semakin parah.

3. Ubah Pola Makan

Meski terdengar klise, namun nyatanya apa yang Anda makan dan minum dapat memengaruhi kesehatan mental. Menjalani pola makan sesuai kondisi dapat menjadi cara mengatasi depresi secara alami.

Kurangi konsumsi gula, karbohidrat, dan lemak tak sehat. Perbanyaklah makan buah yang berair serta makanan dengan lemak dan protein sehat seperti ikan dan alpukat. 

Lalu, kurangi konsumsi kafein dan hindari alkohol. Cukupilah kebutuhan cairan dengan minum banyak air putih.

4. Susun Goal Harian yang Sederhana

Memiliki goal atau target harian dapat memotivasi Anda untuk menjalani hari. Namun, tak jarang saat target tersebut tidak tercapai Anda justru tenggelam dalam perasaan tidak berdaya. Inilah yang dapat memperburuk gejala depresi yang sudah ada.

Untuk mengatasi hal itu, susunlah pencapaian harian yang lebih sederhana. Sebagai contoh, ketimbang menargetkan akan membersihkan rumah, ganti dengan mengepel seluruh lantai saja. 

Dengan menyederhanakan goal tersebut, Anda bisa meraih perasaan "berprestasi" yang akan memotivasi untuk aktivitas lainnya.

Artikel lainnya: 9 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Depresi

5. Yoga

Bila depresi berakar pada kecemasan, yoga dapat menjadi solusinya. Olahraga relaksasi ini telah terbukti mengurangi hormon stres (kortisol) serta meningkatkan perasaan damai dan sejahtera di dalam diri.

Melalui postur yoga dan teknik pernapasan, kesadaran juga akan lebih meningkat. Hal ini turut membantu menenangkan pikiran yang cemas dan menciptakan perasaan nyaman dengan situasi apa pun. 

Yoga juga meningkatkan hubungan antara pikiran dan tubuh. Jadi, Anda bisa merasa lebih mampu mengendalikan pikiran. Karena itu, Yoga berkhasiat menjadi cara mengatasi depresi alami. 

6. Olahraga

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga bisa menjaga pikiran tetap positif. 

Penelitian menunjukkan, aktivitas fisik tingkat sedang mampu mengurangi gejala depresi. Jenis kegiatan yang bisa dilakukan yaitu jalan kaki selama 30 menit setiap hari.

Studi juga menyebutkan, olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur mampu mencegah terjadinya kondisi depresi. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Toronto pun membuktikan, olahraga ringan sekali pun efektif meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi.

Artikel lainnya: Olahraga Terbaik untuk Mengatasi Depresi

7. Terapi Musik

Ada alasan mengapa semua orang suka musik. Ya, karena musik dapat membuat Anda merasa lebih baik. 

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bukti bahwa bermain musik secara santai mampu mendorong suasana hati orang-orang depresi.

Selain itu, mendengarkan musik pada momen-momen tertentu juga mampu menciptakan suasana tenteram. Perlahan, kegiatan ini dapat mengurangi kadar depresi dalam diri.

8. Terapi Psikis

Salah satu cara untuk tetap berpikir positif tanpa obat adalah meminta bantuan psikoterapis. Ia dapat mendukung Anda untuk lebih banyak berpikir positif secara teratur.

9. Jurnal Rasa Syukur

Pernah mendengar tentang gratitude journal atau jurnal rasa syukur? Kegiatan menulis ini juga dapat membantu meringankan depresi. 

Dalam metode membuat jurnal syukur, Anda diminta untuk mencatat setidaknya satu hal yang disyukuri setiap hari, sesederhana apa pun hal tersebut. Anda bisa mencatatnya di gawai atau menuliskannya di buku khusus.

Cara ini bertujuan untuk mengingatkan Anda bahwa selalu ada sesuatu yang patut disyukuri setiap hari. Hal ini lebih baik daripada terus fokus pada hal-hal buruk terutama yang tidak dapat Anda kendalikan.

Jadi, jangan biarkan depresi menggerogoti diri Anda dari luar dan dalam. Lakukan cara mengatasi depresi secara alami di atas agar bisa terbebas dari gangguan mental ini.

Bila butuh saran lebih lanjut dalam penanganan depresi, gunakan Live Chat di KlikDokter untuk konsultasi ke dokter spesialis kejiwaan.

(FR/JKT)

Depresikesehatan mentalAlprazolam

Konsultasi Dokter Terkait