Sukses

Segudang Keuntungan Punya Kulit Berminyak

Tidak melulu kerugian, kulit berminyak ternyata juga menyimpan segudang keuntungan.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang memiliki kulit berminyak. Kondisi ini kerap membuat jengkel, lantaran wajah terlihat mengilap dan mudah timbul jerawat. Tapi di balik itu, tahukah Anda bahwa kulit berminyak juga memiliki keuntungan yang tidak terduga-duga?

Ya, kulit berminyak tidak melulu mendatangkan dampak buruk untuk wajah Anda. Beberapa ahli menyebutkan bahwa kondisi kulit tersebut juga dapat mendatangkan keuntungan-keuntungan berikut ini:

1. Kulit lebih lembut

Meski sangat rentan menimbulkan banyak masalah di wajah, kulit berminyak ternyata lebih halus dan lembut jika dibandingkan dengan kulit kering. Ini karena kulit berminyak lebih terjaga hidrasi dan kelembapannya, sehingga proses regenerasi juga dapat berlangsung dengan lebih optimal.

2. Awet muda lebih lama

Seseorang yang punya kulit berminyak cenderung lebih lama awet muda daripada mereka yang punya kulit kering. Hal ini karena kulit berminyak memproduksi lebih banyak sebum, sehingga kekuatan dan elastisitasnya juga lebih terjaga.

Meski demikian, Anda sebaiknya jangan terlalu terlena. Karena lama-kelamaan, kulit berminyak juga akan mengalami proses penuaan, terlebih jika Anda tidak menjaga kelembapannya.

3. Perisai alami

Kulit berminyak lebih terlindung dari pengaruh buruk lingkungan. Cuaca dan debu akan lebih sulit menempel di wajah Anda, dan sinar ultraviolet (UV) membutuhkan lebih banyak waktu untuk menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Alhasil, kulit wajah Anda akan lebih terjaga kesehatannya.

4. Tidak mudah iritasi

Gaya hidup dan kondisi lingkungan turut memengaruhi kondisi kulit. Namun tidak demikian jika Anda adalah pemilik kulit berminyak. Faktanya, kondisi kulit berminyak memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami iritasi. Ini karena kondisi kulit yang demikian memiliki tingkat hidrasi yang tinggi, sehingga kelembapannya juga lebih terjaga.

Namun, meski lebih sulit terkena iritasi, bukan berarti Anda tidak melakukan tindakan pencegahan sama sekali. Tetap rawat kulit berminyak Anda sedemikian rupa, agar kondisinya tetap terjaga dengan baik.

5. Mudah dirawat

Merawat kulit berminyak lebih mudah daripada merawat kulit kering. Ini karena beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit berminyak dapat ditemukan dengan lebih mudah. Madu, yoghurt, dan putih telur adalah beberapa contoh bahan alami, yang dapat membantu proses regenerasi kulit berminyak.

6. Keseimbangan pH yang lebih baik

Minyak yang dihasilkan memegang peranan penting dalam menentukan tingkat keasaman kulit (pH). Pada akhirnya, keadaan ini membuat kulit Anda memiliki lapisan asam oleat yang lebih tebal, sehingga perlindungan terhadap kuman atau bakteri menjadi lebih tinggi.

Perhatikan ini

Agar kebaikan di atas dapat terus ada, Anda wajib melakukan tindakan perawatan. Karena, semakin bertambah usia, tingkat produksi minyak di wajah Anda juga akan semakin berkurang. Jadi, jika Anda tidak berupaya untuk merawatnya, infeksi, iritasi atau munculnya garis-garis penuaan tak bisa lagi dihindari.

Beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat kulit berminyak, di antaranya:

  • Oleskan pelembap kulit setiap pagi hari.
  • Gunakan tabir surya, khususnya jika Anda beraktivitas di bawah sinar matahari.
  • Jangan cuci wajah terlalu sering.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.
  • Hindari rokok dan paparan asapnya.
  • Berolahraga secara rutin dan teratur.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh.

Sayangi kulit berminyak yang Anda miliki. Jangan biarkan keuntungan yang dimilikinya hilang begitu saja. Lakukan perawatan secara berkala ke dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan, agar kulit Anda terus terjaga kesehatannya.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar