Sukses

Cegah Anak Kecanduan Bermain Game dengan Cara Ini

Jangan biarkan tumbuh kembang anak terganggu, gara-gara dirinya kecanduan bermain game.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap anak gemar bermain game. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga dapat mengasah kreativitas dan dapat mengurangi tingkat stres si Kecil. Namun di balik itu, bermain game juga dapat menyebabkan kecanduan pada anak, sehingga dirinya sering lupa waktu untuk melakukan kegiatan lain seperti belajar atau bahkan bersekolah.

Nah, agar game tidak menyebabkan kecanduan dan mengganggu rutinitas harian si Kecil, berikut beberapa tindakan yang perlu Anda lakukan:

1. Ajak bermain di luar rumah

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi kecanduan bermain game pada anak adalah dengan mengajaknya bermain di luar rumah.

Outbond dapat menjadi contoh kegiatan yang baik untuk anak Anda. Kegiatan ini dilakukan di luar rumah dan melibatkan aktivitas fisik. Dengan melakukan kegiatan outbond bersama, kesehatan fisik anak akan lebih terjaga, dan hubungan Anda dengannya juga akan lebih erat.

2. Batasi waktu anak bermain game

Batasi waktu anak untuk bermain game setiap harinya. Pastikan waktu anak bermain game tidak lebih dari satu atau dua jam per hari, khususnya selama hari-hari sekolah.

Jadikanlah bermain game sebagai kegiatan yang dilakukan ketika si Kecil sudah menyelesaikan berbagai kewajibannya, seperti belajar dan membuat pekerjaan rumah.

Ingatlah bahwa Anda adalah pemegang kuasa atas segala perilaku yang anak lakukan. Jangan biarkan si Kecil mengambil keputusan sepihak tanpa ada persetujuan dari Anda sebagai orang tuanya.

3. Hindari meletakkan konsol game di kamar anak

Untuk mencegah anak Anda bermain game sampai larut malam, hindari meletakkan konsol atau gawai untuk bermain game di dalam kamar tidur si Kecil. Akan lebih baik jika Anda meletakkan perangkat bermain game tersebut di ruang keluarga atau di tempat lain yang mudah dipantau.

4. Gunakan fitur parental control

Hampir di setiap game terdapat fitur “parental control” yang memperbolehkan Anda mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan game tersebut. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur waktu si Kecil memainkan game terkait.

Apabila anak Anda bermain game di komputer, pastikan Anda memasang software untuk membatasi akses, termasuk mengatur waktu, anak bermain game atau menjelajah internet.

5. Ciptakan lingkungan belajar yang menarik

Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Misalnya, temani anak Anda belajar dan ajari dirinya dengan menggunakan metode yang unik dan menarik. Dengan begini, anak tidak akan cepat bosan, dan akan terus-menerus merasa penasaran tentang pejalaran yang sedang ia pelajari. Selain itu, tindakan ini juga dapat membuat hubungan Anda dan si Kecil menjadi lebih erat lagi.

Sah-sah saja jika anak ingin bermain game. Namun sebagai orang tua, Anda tetap harus melakukan tindakan agar si Kecil tidak terhanyut hingga akhirnya kecanduan. Anda tidak ingin tumbuh kembang anak terganggu gara-gara kecanduan bermain game, bukan?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar