Sukses

Badan Lemas Saat Diet, Ini Cara Mengatasinya

Demi mencapai berat badan ideal, diet bisa menjadi salah satu cara. Sayangnya, badan lemas saat diet sering menjadi penghalang.

Mencoba untuk menurunkan berat badan memang tidak mudah.  Badan lemas saat diet, sering menjadi penghalang untuk melanjutkan program diet.

Jika tubuh Anda mudah lemas dan tak bertenaga, mungkin ada yang salah dengan cara Anda berdiet. Untuk itu, ketahui apa saja penyebab badan lemas saat diet serta cara mengatasinya.

 

1 dari 3 halaman

Penyebab Badan Lemas saat Diet

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat membuat Anda mudah lemas saat berdiet:

  1. Tidak Makan Terlalu Lama

Lebih dari dua jam tanpa asupan makanan dapat menurunkan gula darah, dan hal ini berkontribusi terhadap badan lemas. Gula darah diubah tubuh menjadi energi. Ketika gula darah turun, Anda bisa mengalami lelah, lapar, mudah tersinggung, dan tidak fokus.

 Artikel Lainnya: Tanda-tanda Badan Lemas yang Mengancam Nyawa

  1. Sarapan Tinggi Gula

Menu seperti roti, bubur ayam, bahkan seporsi nasi goreng terdengar menggoda untuk dijadikan sarapan. Tapi makanan-makanan tersebut punya kandungan gula tinggi yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Akibatnya, badan akan mudah lemas.

  1. Kurangnya Asupan Cairan

Sebagian besar dari tubuh kita terdiri dari air. Saat menjalani program diet dengan mengurangi makan, sering kali orang juga menjadi lupa minum. Tubuh yang tidak mendapat asupan cairan yang cukup akan mudah merasa lemas dan pusing.

  1. Tidak Makan Daging

Banyak orang melakukan diet dengan menghindari konsumsi daging. Karena daging dianggap memiliki banyak lemak dan akan menggagalkan program penurunan berat badan.

Padahal tubuh memerlukan zat besi, yang banyak terdapat dalam daging. Zat besi merupakan kunci penting untuk stamina dan kekuatan tubuh. Jika Anda kekurangan zat besi, apa pun diet terbaik yang Anda jalani akan tetap membuat badan terasa lemas.

Artikel Lainnya: 5 Jenis Makanan Ini Ampuh Mengatasi Badan Lemas

  1. Memangkas Asupan Karbohidrat Secara Drastis

Nasi kerap dianggap sebagai biang keladi bertambahnya berat badan, sehingga banyak orang yang menghindari nasi saat diet. Faktanya, menghindari karbohidrat sama sekali justru akan membuat Anda menjadi mudah lemas karena kurangnya sumber energi.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas saat Diet

Apakah Anda sudah menemukan penyebab badan Anda lemas saat diet? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya:

  1. Seimbangkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tidak seimbang menyebabkan badan cepat lemas. Untuk menyeimbangkannya, usahakan agar jarak jam makan Anda tidak terlalu lama. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang cepat diubah menjadi gula oleh tubuh, karena akan cepat terserap dan menimbulkan lemas.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting bagi kesehatan. Aktivitas yang dilakukan sehari-hari membuat tubuh kehilangan massa air, sehingga menurunkan kemampuan fisik. Untuk itu, minum cukup air juga penting untuk mencegah badan lemas saat diet. Selain itu, air juga membantu membakar lemak lebih banyak.

Artikel Lainnya: Tips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

  1. Perbanyak Konsumsi Protein

Asupan protein dari daging merah juga dibutuhkan saat diet. Jadi daging bukanlah musuh diet. Konsumsilah daging yang rendah lemak, agar asupan zat besi tetap seimbang dan diet tetap berjalan lancar.

Makanan berprotein tinggi juga dapat membuat tubuh tidak mudah lapar sehingga baik untuk diet. Selain daging, Anda bisa mengonsumsi putih telur yang direbus, hati sapi, tuna, salmon, dan kacang-kacangan.

  1. Jaga Asupan Karbohidrat

Banyak yang memulai diet dengan langsung memutuskan untuk tidak makan nasi sama sekali. Padahal hal itu bisa membuat tubuh cepat lemas. Asupan karbohidrat dari nasi tetap dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi.

Selain itu, tubuh Anda masih perlu beradaptasi dengan diet yang sedang dijalani. Jadi tetaplah konsumsi karbohidrat seperti nasi merah atau kentang, asalkan porsinya tidak berlebihan.

  1. Makan Makanan Tinggi Kalium

Kalium adalah salah satu mineral yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Bila kadar ini rendah, tubuh mudah lemas dan proses metabolisme pun bisa terganggu. Anda dapat memperoleh asupan kalium dari ubi, pisang, yoghurt, ikan, kacang panjang, kacang kedelai, dan susu.

Cara agar badan tidak lemas saat diet adalah dengan memilih menu yang tepat. Makanlah tiga kali sehari dengan menu diet yang sudah Anda pilih, ditambah dua camilan sehat. Jangan lewatkan sarapan agar Anda memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Yang tak kalah penting, imbangi dengan olahraga secara rutin. Agar diet dapat membawa hasil optimal, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mendapatkan pola diet yang sesuai dengan kondisi Anda.

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar