Sukses

Aktivitas Sehat dan Murah di Tanggal Tua

Bertahan hidup saat isi kantong menipis kadang tak mudah. Namun, bukan berarti Anda tak bisa tetap sehat. Ini tips mudah untuk tetap sehat di tanggal tua!

Tak sedikit orang yang irit pengeluaran saat tanggal tua. Misalnya dengan banyak makan mi instan atau makanan murah minim gizi lainnya. Sebetulnya tak perlu sampai begini. Anda dan keluarga tetap bisa sehat, lo, dengan tips tanggal tua ini!

Saat tanggal tua menghitung hari sampai gajian berikutnya tiba, pasti ada beberapa penyesuaian. Misalnya, demi jajan es kopi di toko kopi favorit setiap hari, uang makan pun dikurangi. Mi instan atau gorengan akhirnya jadi sahabat.

Namun, jangan jadikan tanggal tua sebagai alasan untuk tidak berupaya tetap sehat. Percaya, deh, tentu Anda tak mau sampai jatuh sakit di tanggal tua, bukan?

Sejatinya, ada banyak aktivitas sehat yang bisa dilakukan dengan minim biaya, bahkan banyak yang tak butuh mengeluarkan uang sepeser pun. Inspirasi aktivitasnya adalah sebagai berikut:

Artikel Lainnya: Yuk, Dapatkan 5 Manfaat Sehat Rutin Jalan Kaki

1 dari 6 halaman

1. Masak dan Makan Bersama

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal medis “The Journal of Positive Psychology” menyebutkan, orang-orang yang setiap harinya melakukan proyek kecil kreatif, mereka akan cenderung merasa lebih Bahagia dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, mereka juga merasa lebih bisa berkembang dalam kehidupan pribadinya. Hal ini termasuk ketika Anda memasak. Kegiatan ini juga merupakan bentuk seni yang mampu menantang kreativitas.

Kemampuan memadukan berbagai macam bentuk, rasa, dan tekstur masakan akan diuji demi menciptakan sebuah hidangan.

Suasana pun akan lebih hangat dan berdampak positif terhadap mental bila pasangan atau anggota keluarga turut serta, terutama anak-anak.

Sayangnya, tak sedikit orang tua yang melarang anaknya untuk terlibat dalam aktivitas memasak di dapur, dengan alasan takut anak terkena percikan minyak atau air panas, kotor, hingga terluka akibat benda tajam seperti pisau.

Padahal, masak bareng anak justru menawarkan segudang hal menyenangkan. Beberapa di antaranya adalah mengajarkan nilai tanggung jawab, melatih kemampuan motorik, mengasah kreativitas, mempererat ikatan antara anak dan orang tua (bonding), serta melatih anak untuk terbiasa dengan pola makan sehat.

Dengan pemilihan bahan makanan yang bisa disesuaikan dengan bujet atau isi dompet, Anda dan keluarga pun akan tetap sehat di tanggal tua, baik fisik maupun mental.

Artikel Lainnya: Tips Lari untuk Pemula Agar Tetap Seru dan Aman

2 dari 6 halaman

2. Piknik di Sekitar Kota

Meski memang mau tak mau ada penyesuaian biaya, tetapi Anda tetap bisa jalan-jalan atau piknik dengan orang-orang tersayang saat tanggal tua.

Sebuah studi di Amerika Serikat yang dilakukan oleh Mayo Clinic menemukan, orang-orang yang bergabung dalam suatu kelompok atau komunitas serta rutin melakukan kegiatan rekreasi, mampu menurunkan efek stres.

Hal tersebut juga berdampak pada perilaku setelah rekreasi, yaitu menjadi lebih positif.

Piknik atau rekreasi tak harus mengeluarkan biaya jutaan, lo! Kegiatan ini tetap bisa dilakukan di kota tempat Anda tinggal. Misalnya mengunjungi tempat bersejarah, kebun binatang, hingga taman kota.

Kalau ada bujet lebih, tren staycation juga bisa dicoba. Pelesiran dengan cara ini biayanya tak sebesar ketimbang vacation ke luar kota. Pilihlah tempat-tempat edukatif dan bernilai historis, seperti museum atau galeri pameran seni.

Artikel Lainnya: Benarkah Lari Tanpa Alas Kaki Lebih Baik untuk Kesehatan?

3 dari 6 halaman

3. Olahraga Bareng

Aktivitas yang bisa bikin tubuh tetap sehat di tanggal tua tentu saja adalah olahraga! Selain menyehatkan tubuh, olahraga yang dilakukan bersama (misalnya dengan pasangan atau anggota keluarga lain) bisa membuat suasana lebih menyenangkan ketimbang melakukannya sendirian.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama. Misalnya joging, berenang, jalan sehat, senam aerobik, yoga, dan sebagainya.

Tempat yang pilih juga tak harus melulu di rumah. Anda bisa memanfaatkan taman kota hingga momen seperti Car Free Day.

Artikel Lainnya: Mau Sehat dan Bisa Melestarikan Alam, Lari dengan Cara Ini

 

4 dari 6 halaman

4. Berjemur dan Bermain di Sekitar Rumah

Sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D dan ini gratis, lo! Maka dari itu, berjemurlah pada pagi atau sore hari! Namun, hindari rentang waktu pancaran sinar ultraviolet (UV) sedang kuat-kuatnya, yaitu antara pukul 10.00-16.00.

Agar lebih menyenangkan, ajak anak sambil bermain di sekitar rumah. Tak perlu berlama-lama terpapar sinar matahari. Minimal 15-20 menit saja, tergantung kebutuhan tubuh masing-masing.

Anggota tubuh yang terpapar sinar matahari cukup 20-30 persen saja, atau sesimpel di bagian tangan dan kaki.

Manfaat vitamin D untuk kesehatan sangat banyak! Di antaranya adalah: menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit tulang, seperti rakhitis, osteomalasia, dan osteoporosis; mendorong penurunan berat badan; melindungi diri dari infeksi saluran pernapasan; meningkatkan peluang hamil; mengurangi risiko kanker; hingga mencegah dan mengurangi gejala depresi.

5 dari 6 halaman

5. Main Permainan Tradisional

Permainan tradisional sudah banyak ditinggalkan. Padahal, jenis permainan ini gratis atau minim biaya. Contohnya adalah petak umpet, bola bekel, gundu atau kelereng, lompat tali, engklek, congklak, lempar bola, dan sebagainya.

Bagaimana, mudah, kan, menyiasati tanggal tua? Ternyata, ada banyak tips tanggal tua yang berisi aktivitas sehat, menyenangkan, dan murah meriah. Ingin tahu tips sehat lainnya? Tanya langsung ke dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter sekarang juga!

(RN/AYU)

1 Komentar